Korelasi Pembentukan Kelompok Belajar dengan Keberhasilan Pengelolaan Kelas di SMP Negeri 2 Dua Boccoe

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pembentukan
kelompok belajar dengan keberhasilan pengelolaan kelas di SMPN 2 Dua Boccoe.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara
pembentukan kelompok belajar dengan keberhasilan pengelolaan kelas di SMP
Negeri 2 Dua Boccoe dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,389 yang
berarti H 0 ditolak dan H 1 diterima karena r > 0 (0,389 > 0) dengan taraf
signifikan sebesar 0,008. Besarnya hubungan antara pembentukan kelompok
belajar dengan keberhasilan pengelolaan kelas adalah nilai koefisien korelasi
sebesar 0,389 dan nilai ini berada pada interval koefisien 0,20-0,399 yang
termasuk pada tingkat hubungan rendah. Hal ini menunjukkan bahwa sumbangan
yang diberikan pembentukan kelompok belajar terhadap keberhasilan pengelolaan
kelas sebesar 15,13% dan 84,87% merupakan faktor lain yang mempengaruhi
keberhasilan pengelolaan kelas.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan pada bab IV, maka dapat
diperoleh suatu kesimpulan bahwa:
Terdapat hubungan positif dan signifikan antara pembentukan
kelompok belajar dengan keberhasilan pengelolaan kelas di SMP Negeri 2
Dua Boccoe. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar
0,389 yang berarti H 0 ditolak dan H 1 diterima karena r > 0 (0,389 > 0)
dengan taraf signifikan sebesar 0,008. Besarnya hubungan antara
pembentukan kelompok belajar dengan keberhasilan pengelolaan kelas adalah
nilai koefisien korelasi sebesar 0,389 dan nilai ini berada pada interval
koefisien 0,20-0,389 yang termasuk pada tingkat hubungan rendah. Hal ini
menunjukkan bahwa sumbangan yang diberikan pembentukan kelompok
belajar terhadap keberhasilan pengelolaan kelas sebesar 15,13% dan 84,87%
merupakan faktor lain yang mempengaruhi keberhasilan pengelolaan kelas.
B. Saran
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diharapkan dapat
memberikan sumbangan dan ide-ide berupa pemikiran yang digunakan
sebagai usaha meningkatkan kemampuan tenaga pendidik dalam mengelola
kelas menjadi lebih kondusif melalui pembentukan kelompok belajar. Adapun
saran yang dapat peneliti sumbangkan yang semoga bermanfaat yaitu:
1. Saran bagi peneliti yang akan datang
Bagi peneliti selanjutnya, hendaknya lebih memperluas cakupan
subjek penelitian dengan menambah jumlah responden pada penelitian
yang akan dilakukan kedepannya dan dapat membuat lebih banyak
pernyataan dan lebih mengevaluasi pernyataan-pernyataan yang ada
dalam angket agar dapat mewakili secara tepat variabel yang hendak
diukur serta menemukan sub variabel yang tepat sehingga kedua variabel
dapat terbukti secara menyeluruh.
2. Saran bagi guru mata pelajaran
Bagi guru mata pelajaran yang ada di SMP Negeri 2 Dua Boccoe,
hendaknya tetap mempertahankan dan meningkatkan upaya pengelolaan
kelas agar menjadi lebih baik sehingga menghasilkan proses
pembelajaran yang lebih efektif dan efisien.
Ketersediaan
STAR2024006464/2024Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

64/2024

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top