Korelasi Pembentukan Kelompok Belajar dengan Keberhasilan Pengelolaan Kelas di SMP Negeri 2 Dua Boccoe
Haslinda/862312020048 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pembentukan
kelompok belajar dengan keberhasilan pengelolaan kelas di SMPN 2 Dua Boccoe.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara
pembentukan kelompok belajar dengan keberhasilan pengelolaan kelas di SMP
Negeri 2 Dua Boccoe dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,389 yang
berarti H 0 ditolak dan H 1 diterima karena r > 0 (0,389 > 0) dengan taraf
signifikan sebesar 0,008. Besarnya hubungan antara pembentukan kelompok
belajar dengan keberhasilan pengelolaan kelas adalah nilai koefisien korelasi
sebesar 0,389 dan nilai ini berada pada interval koefisien 0,20-0,399 yang
termasuk pada tingkat hubungan rendah. Hal ini menunjukkan bahwa sumbangan
yang diberikan pembentukan kelompok belajar terhadap keberhasilan pengelolaan
kelas sebesar 15,13% dan 84,87% merupakan faktor lain yang mempengaruhi
keberhasilan pengelolaan kelas.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan pada bab IV, maka dapat
diperoleh suatu kesimpulan bahwa:
Terdapat hubungan positif dan signifikan antara pembentukan
kelompok belajar dengan keberhasilan pengelolaan kelas di SMP Negeri 2
Dua Boccoe. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar
0,389 yang berarti H 0 ditolak dan H 1 diterima karena r > 0 (0,389 > 0)
dengan taraf signifikan sebesar 0,008. Besarnya hubungan antara
pembentukan kelompok belajar dengan keberhasilan pengelolaan kelas adalah
nilai koefisien korelasi sebesar 0,389 dan nilai ini berada pada interval
koefisien 0,20-0,389 yang termasuk pada tingkat hubungan rendah. Hal ini
menunjukkan bahwa sumbangan yang diberikan pembentukan kelompok
belajar terhadap keberhasilan pengelolaan kelas sebesar 15,13% dan 84,87%
merupakan faktor lain yang mempengaruhi keberhasilan pengelolaan kelas.
B. Saran
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diharapkan dapat
memberikan sumbangan dan ide-ide berupa pemikiran yang digunakan
sebagai usaha meningkatkan kemampuan tenaga pendidik dalam mengelola
kelas menjadi lebih kondusif melalui pembentukan kelompok belajar. Adapun
saran yang dapat peneliti sumbangkan yang semoga bermanfaat yaitu:
1. Saran bagi peneliti yang akan datang
Bagi peneliti selanjutnya, hendaknya lebih memperluas cakupan
subjek penelitian dengan menambah jumlah responden pada penelitian
yang akan dilakukan kedepannya dan dapat membuat lebih banyak
pernyataan dan lebih mengevaluasi pernyataan-pernyataan yang ada
dalam angket agar dapat mewakili secara tepat variabel yang hendak
diukur serta menemukan sub variabel yang tepat sehingga kedua variabel
dapat terbukti secara menyeluruh.
2. Saran bagi guru mata pelajaran
Bagi guru mata pelajaran yang ada di SMP Negeri 2 Dua Boccoe,
hendaknya tetap mempertahankan dan meningkatkan upaya pengelolaan
kelas agar menjadi lebih baik sehingga menghasilkan proses
pembelajaran yang lebih efektif dan efisien.
kelompok belajar dengan keberhasilan pengelolaan kelas di SMPN 2 Dua Boccoe.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara
pembentukan kelompok belajar dengan keberhasilan pengelolaan kelas di SMP
Negeri 2 Dua Boccoe dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,389 yang
berarti H 0 ditolak dan H 1 diterima karena r > 0 (0,389 > 0) dengan taraf
signifikan sebesar 0,008. Besarnya hubungan antara pembentukan kelompok
belajar dengan keberhasilan pengelolaan kelas adalah nilai koefisien korelasi
sebesar 0,389 dan nilai ini berada pada interval koefisien 0,20-0,399 yang
termasuk pada tingkat hubungan rendah. Hal ini menunjukkan bahwa sumbangan
yang diberikan pembentukan kelompok belajar terhadap keberhasilan pengelolaan
kelas sebesar 15,13% dan 84,87% merupakan faktor lain yang mempengaruhi
keberhasilan pengelolaan kelas.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan pada bab IV, maka dapat
diperoleh suatu kesimpulan bahwa:
Terdapat hubungan positif dan signifikan antara pembentukan
kelompok belajar dengan keberhasilan pengelolaan kelas di SMP Negeri 2
Dua Boccoe. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar
0,389 yang berarti H 0 ditolak dan H 1 diterima karena r > 0 (0,389 > 0)
dengan taraf signifikan sebesar 0,008. Besarnya hubungan antara
pembentukan kelompok belajar dengan keberhasilan pengelolaan kelas adalah
nilai koefisien korelasi sebesar 0,389 dan nilai ini berada pada interval
koefisien 0,20-0,389 yang termasuk pada tingkat hubungan rendah. Hal ini
menunjukkan bahwa sumbangan yang diberikan pembentukan kelompok
belajar terhadap keberhasilan pengelolaan kelas sebesar 15,13% dan 84,87%
merupakan faktor lain yang mempengaruhi keberhasilan pengelolaan kelas.
B. Saran
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diharapkan dapat
memberikan sumbangan dan ide-ide berupa pemikiran yang digunakan
sebagai usaha meningkatkan kemampuan tenaga pendidik dalam mengelola
kelas menjadi lebih kondusif melalui pembentukan kelompok belajar. Adapun
saran yang dapat peneliti sumbangkan yang semoga bermanfaat yaitu:
1. Saran bagi peneliti yang akan datang
Bagi peneliti selanjutnya, hendaknya lebih memperluas cakupan
subjek penelitian dengan menambah jumlah responden pada penelitian
yang akan dilakukan kedepannya dan dapat membuat lebih banyak
pernyataan dan lebih mengevaluasi pernyataan-pernyataan yang ada
dalam angket agar dapat mewakili secara tepat variabel yang hendak
diukur serta menemukan sub variabel yang tepat sehingga kedua variabel
dapat terbukti secara menyeluruh.
2. Saran bagi guru mata pelajaran
Bagi guru mata pelajaran yang ada di SMP Negeri 2 Dua Boccoe,
hendaknya tetap mempertahankan dan meningkatkan upaya pengelolaan
kelas agar menjadi lebih baik sehingga menghasilkan proses
pembelajaran yang lebih efektif dan efisien.
Ketersediaan
| STAR20240064 | 64/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
64/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
