Efektivitas Inservice Training Dalam Meningkatkan Kompetensi Tenaga Kependidikan Di SMA Negeri 14 Bone
Fitriani A/862312020065 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai Efektivitas Inservice Training dalam
Meningkatkan Kompetensi Tenaga Kependidikan di SMA Negeri 14 Bone.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses inservice training di
SMA Negeri 14 Bone, untuk mengetahui kompetensi tenaga kependidikan di SMA
Negeri 14 Bone dan untuk mengetahui efektivitas inservice training dalam
meningkatkan kompetensi tenaga kependidikan di SMA Negeri 14 Bone.
Untuk memperjelas masalah diatas, penulis menggunakan metode penelitian
kualitatif melalui field research (riset lapangan) yang pengumpulan datanya
menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh
diolah dengan menggunakan metode kualitatif untuk mendiskripsikan penelitian
tentang Efektivitas Inservice Training dalam Meningkatkan Kompetensi Tenaga
Kependidikan di SMA Negeri 14 Bone. Dalam menganalisis data, penulis
menggunakana reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses inservice training di SMA Negeri 14
Bone sudah terlaksana dengan baik sehingga dapat meningkatkan pengetahuan,
sikap dan keterampilan serta meningkatkan kompetensi operator SMA Negeri 14
Bone. Keberhasilan ini dapat dicapai dengan mengikuti langkah-langkah dalam
melaksanakan pendidikan dan pelatihan yaitu : a) keperluan yang dibutuhkan dalam
pelatihan, b) penyusunan terkait tujuan program pelatihan, c) pengalaman belajar
terkait keterampilan, sikap dan pengetahuan, d) penggunaan alat bantu serta media,
e) pelaksanaan pelatihan, f) terjadi transformasi, dan g) peningkatan aplikasi dalam
pelatihan. Kompetensi tenaga kependidikan di SMA Negeri 14 Bone setelah
mengikuti pendidikan dan pelatihan dapat dikatakan meningkat. Adapun
kompetensi yang dimiliki yaitu : a) kompetensi dalam diri, b) kompetensi bekerja
sama dengan orang lain, c) kompetensi melaksanakan semua administrasi dan d)
kompetensi mengelola unit organisasi. Efektivitas inservice training sangat di
perlukan oleh operator SMA Negeri 14 Bone karena dengan adanya inservice
training yang dilaksanakan oleh sekolah dan dinas pendidikan melalui langkah-
langkah dalam proses pelaksanaan pendidikan dan pelatihan yang baik maka
kompetensi tenaga kependidikan dapat meningkat baik kompetensi kepribadian,
kompetensi sosial, kompetensi teknis dan kompetensi manajerial sehingga operator
SMA Negeri 14 Bone dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya secara
maksimal.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan
bahwa :
1. Proses inservice training di SMA Negeri 14 Bone sudah terlaksana dengan
baik sehingga dapat meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan
serta meningkatkan kompetensi operator di SMA Negeri 14 Bone.
Keberhasilan ini dapat dicapai dengan mengikuti langkah-langkah dalam
melaksanakan pendidikan dan pelatihan yaitu : a) keperluan yang
diperlukan dalam pelatihan, b) penyusunan terkait tujuan program
pelatihan, c) pengalaman belajar terkait keterampilan, sikap dan
pengetahuan, d) penggunaan alat bantu serta media, e) pelaksanaan
pelatihan meliputi pra pelatihan, pelaksanaan pelatihan dan pasca
pelatihan, f) terjadi transformasi, dan g) peningatan aplikasi dalam
pelatihan.
2. Kompetensi tenaga kependidikan di SMA Negeri 14 Bone setelah
mengikuti pendidikan dan pelatihan dapat dikatakan meningkat. Adapun
kompetensi yang dimiliki meliputi : a) kemampuan dalam diri, b)
kemampuan bekerja sama dengan orang lain, c) kemampuan
melaksanakan semua administrasi, dan d) kemampuan mengelola unit
organisasi.
3. Efektivitas inservice training sangat di perlukan oleh operator SMA Negeri
14 Bone karena dengan adanya inservice training yang dilaksanakan oleh
sekolah dan dinas pendidikan melalui langkah-langkah dalam proses
pelaksanaan pendidikan dan pelatihan yang baik maka kompetensi tenaga
kependidikan dapat meningkat baik kompetensi kepribadian, kompetensi
sosial, kompetensi teknis dan kompetensi manajerial sehingga operator
SMA Negeri 14 Bone dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya
secara maksimal.
B. Saran
Sebagai akhir dari penelitian skripsi ini dengan mendasar pada
penelitian yang peneliti lakukan, maka peneliti ingin memberikan saran yang
mungkin dapat memberikn bahan masukan antara lain sebagai berikut:
1. Kepala sekolah diharapkan tetap mengikut sertakan operator untuk tetap
melanjutkan pendidikan dan pelatihannya, melihat bahwa operator sangat
membutuhkan pendidikan dan pelatihan untuk mendapatkan pengetahuan
baru, keterampilan baru guna meningkatkan kompetensi yang dimiliki.
2. Diharapkan sekolah dapat menyediakan hal-hal yang bersifat khusus agar
operator tetap bisa mengikuti pendidikan dan pelatihan karena melihat
sekarang ini sudah semakin canggih jadi operator harus memiliki
keterampilan kerja dan kompetensi yang baik dan maksimal.
3. Diharapakan operator tetap rutin mengikuti pelatihan dan sering belajar
atau mengulangi materi selama mengikuti pendidikan dan pelatihan agar
kompetensinya semakin maksimal dan semakin lebih meningkat.
Meningkatkan Kompetensi Tenaga Kependidikan di SMA Negeri 14 Bone.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses inservice training di
SMA Negeri 14 Bone, untuk mengetahui kompetensi tenaga kependidikan di SMA
Negeri 14 Bone dan untuk mengetahui efektivitas inservice training dalam
meningkatkan kompetensi tenaga kependidikan di SMA Negeri 14 Bone.
Untuk memperjelas masalah diatas, penulis menggunakan metode penelitian
kualitatif melalui field research (riset lapangan) yang pengumpulan datanya
menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh
diolah dengan menggunakan metode kualitatif untuk mendiskripsikan penelitian
tentang Efektivitas Inservice Training dalam Meningkatkan Kompetensi Tenaga
Kependidikan di SMA Negeri 14 Bone. Dalam menganalisis data, penulis
menggunakana reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses inservice training di SMA Negeri 14
Bone sudah terlaksana dengan baik sehingga dapat meningkatkan pengetahuan,
sikap dan keterampilan serta meningkatkan kompetensi operator SMA Negeri 14
Bone. Keberhasilan ini dapat dicapai dengan mengikuti langkah-langkah dalam
melaksanakan pendidikan dan pelatihan yaitu : a) keperluan yang dibutuhkan dalam
pelatihan, b) penyusunan terkait tujuan program pelatihan, c) pengalaman belajar
terkait keterampilan, sikap dan pengetahuan, d) penggunaan alat bantu serta media,
e) pelaksanaan pelatihan, f) terjadi transformasi, dan g) peningkatan aplikasi dalam
pelatihan. Kompetensi tenaga kependidikan di SMA Negeri 14 Bone setelah
mengikuti pendidikan dan pelatihan dapat dikatakan meningkat. Adapun
kompetensi yang dimiliki yaitu : a) kompetensi dalam diri, b) kompetensi bekerja
sama dengan orang lain, c) kompetensi melaksanakan semua administrasi dan d)
kompetensi mengelola unit organisasi. Efektivitas inservice training sangat di
perlukan oleh operator SMA Negeri 14 Bone karena dengan adanya inservice
training yang dilaksanakan oleh sekolah dan dinas pendidikan melalui langkah-
langkah dalam proses pelaksanaan pendidikan dan pelatihan yang baik maka
kompetensi tenaga kependidikan dapat meningkat baik kompetensi kepribadian,
kompetensi sosial, kompetensi teknis dan kompetensi manajerial sehingga operator
SMA Negeri 14 Bone dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya secara
maksimal.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan
bahwa :
1. Proses inservice training di SMA Negeri 14 Bone sudah terlaksana dengan
baik sehingga dapat meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan
serta meningkatkan kompetensi operator di SMA Negeri 14 Bone.
Keberhasilan ini dapat dicapai dengan mengikuti langkah-langkah dalam
melaksanakan pendidikan dan pelatihan yaitu : a) keperluan yang
diperlukan dalam pelatihan, b) penyusunan terkait tujuan program
pelatihan, c) pengalaman belajar terkait keterampilan, sikap dan
pengetahuan, d) penggunaan alat bantu serta media, e) pelaksanaan
pelatihan meliputi pra pelatihan, pelaksanaan pelatihan dan pasca
pelatihan, f) terjadi transformasi, dan g) peningatan aplikasi dalam
pelatihan.
2. Kompetensi tenaga kependidikan di SMA Negeri 14 Bone setelah
mengikuti pendidikan dan pelatihan dapat dikatakan meningkat. Adapun
kompetensi yang dimiliki meliputi : a) kemampuan dalam diri, b)
kemampuan bekerja sama dengan orang lain, c) kemampuan
melaksanakan semua administrasi, dan d) kemampuan mengelola unit
organisasi.
3. Efektivitas inservice training sangat di perlukan oleh operator SMA Negeri
14 Bone karena dengan adanya inservice training yang dilaksanakan oleh
sekolah dan dinas pendidikan melalui langkah-langkah dalam proses
pelaksanaan pendidikan dan pelatihan yang baik maka kompetensi tenaga
kependidikan dapat meningkat baik kompetensi kepribadian, kompetensi
sosial, kompetensi teknis dan kompetensi manajerial sehingga operator
SMA Negeri 14 Bone dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya
secara maksimal.
B. Saran
Sebagai akhir dari penelitian skripsi ini dengan mendasar pada
penelitian yang peneliti lakukan, maka peneliti ingin memberikan saran yang
mungkin dapat memberikn bahan masukan antara lain sebagai berikut:
1. Kepala sekolah diharapkan tetap mengikut sertakan operator untuk tetap
melanjutkan pendidikan dan pelatihannya, melihat bahwa operator sangat
membutuhkan pendidikan dan pelatihan untuk mendapatkan pengetahuan
baru, keterampilan baru guna meningkatkan kompetensi yang dimiliki.
2. Diharapkan sekolah dapat menyediakan hal-hal yang bersifat khusus agar
operator tetap bisa mengikuti pendidikan dan pelatihan karena melihat
sekarang ini sudah semakin canggih jadi operator harus memiliki
keterampilan kerja dan kompetensi yang baik dan maksimal.
3. Diharapakan operator tetap rutin mengikuti pelatihan dan sering belajar
atau mengulangi materi selama mengikuti pendidikan dan pelatihan agar
kompetensinya semakin maksimal dan semakin lebih meningkat.
Ketersediaan
| STAR20240131 | 131/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
131/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
