Manajemen Strategi Pemasaran Pendidikan Melalui Kelas Digital Untuk Meningkatkan Jumlah Peserta Didik Di MTSN 3 Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang Manajemen Strategi Pemasaran Pendidikan
Melalui Kelas Digital untuk Meningkatkan Jumlah Peserta Didik di MTsN 3 Bone.
Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: untuk mengatahui bagaimana
manajemen strategi pemasaran pendidikan dalam meningkatkan jumlah peserta didik
di MtsN 3 Bone. Adapun metode penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian
kualitatif (Qualitatif research) melalui pendekatan manajemen. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi yang diambil
dari sumber data primer (kepala sekolah, guru dan siswa) dan data sekunder. Adapun
teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Manajemen strategi pemasaran
pendidikan di MTsN 3 Bone sudah berjalan dengan baik, dilihat dari berbagai
kegiatan mulai dari formulasi strategi yang mencakup perencanaan, penetapan
strategi serta penetapan tujuan startegi, kemudian juga dilaksanakan pelaksanaan
strategi yang dimana di dalamnya mencakup program-program strategi, serta
pengembangan strategi, dan yang terakhir yaitu evaluasi strategi yang telah jelas
sudah dilaksanakan yang di dalamnya terkait hal yang mencakup kegiatan
menganalisis faktor-faktor internal dan ekstenal, perbaikan strategi, tindak lanjut
strategi dan penilaian strategi. 2) Penerapan kelas digital untuk meningkatkan jumlah
peserta didik di MTsN 3 Bone memang memberikan banyak manfaat baik terhadap
pendidik, peserta didik dan sekolah sekalipun. Selain itu juga, siswa yang berada di
kelas digital, memang benar-benar dilatih menggunakan teknologi yang canggih
mulai dari handphone, laptop dan TV Smart, walaupun sarana dan prasarana yang
masih belum lengkap dan masih dalam tahap pengadaan tapi guru-guru yang
membimbing di kelas digital tetap membimbing siswa dengan baik sehingga siswa
yang ada di kelas digital dapat memahami pembelajaran yang di sampaikan dengan
baik. 3) Manajemen strategi pemasaran pendidikan melalui kelas digital dalam
peningkatan jumlah peserta didik di MTsN 3 Bone memanglah nyata adanya karna
siswa lebih termotivasi belajar karna pembelajaran yang di sajikan tidak konvensional
sehingga banyak menarik minat siswa untuk bisa masuk ke dalam kelas digital.
Dalam kelas digital siswa dibimbing dengan baik sehingga banyak siswa lain yang
sangat tertarik untuk bisa masuk ke dalam kelas digital sehingga dengan di
terapkannya kelas digital memanglah merupakan salah satu strategi untuk
meningkatkan jumlah peserta didik di MTsN 3 Bone.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat ditarik beberapa kesimpulan bahwa :
1. Manajemen strategi pemasaran pendidikan di MTsN 3 Bone sudah berjalan
dengan baik, dilihat dari berbagai kegiatan mulai dari formulasi strategi yang
mencakup perencanaan, penetapan stretegi serta penetapan tujuan startegi,
kemudian juga dilaksanakan pelaksanaan strategi yang dimana di dalamnya
mencakup program-program strategi, serta pengembangan strategi, dan yang
terakhir yaitu evaluasi strategi yang telah jelas sudah dilaksanakan yang di
dalamnya terkait hal yang mencakup kegiatan menganalisis faktor-faktor
internal dan ekstenal, perbaikan strategi, tindak lanjut strategi dan penilaian
strategi.
2. Penerapan kelas digital untuk meningkatkan jumlah peserta didik di MTsN 3
Bone memang memberikan banyak manfaat baik terhadap pendidik, peserta
didik dan sekolah sekalipun. Selain itu juga, siswa yang berada di kelas
digital, memang benar-benar dilatih menggunakan teknologi yang canggih
mulai dari handphone, laptop dan TV Smart, walaupun sarana dan prasarana
yang masih belum lengkap dan masih dalam tahap pengadaan tapi guru-guru
yang membimbing di kelas digital tetap membimbing siswa dengan baik
sehingga siswa yang ada di kelas digital dapat memahami pembelajaran yang
di sampaikan dengan baik.
3. Manajemen strategi pemasaran pendidikan melalui kelas digital dalam
peningkatan jumlah peserta didik di MTsN 3 Bone memanglah nyata adanya
karna siswa lebih termotivasi belajar karna pembelajaran yang di sajikan tidak
konvensional sehingga banyak menarik minat siswa untuk bisa masuk ke
dalam kelasdigital. Dalam kelas digital siswa dibimbing dengan baik sehingga
banyak siswa lain yang sangat tertarik untuk bisa masuk ke dalam kelas digital
sehingga dengan di terapkannya kelas digital memanglah merupakan salah satu
strategi untuk meningkatkan jumalh peserta didik di MTsN 3 Bone.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis mempunyai implikasi berupa saran
kepada pihak-pihak terkaiat, adapun saran penulis maksud yaitu :
1. Bagi kepala sekolah di MTsN 3 Bone diharapkan terus meningkatkan
strategi yang telah ditetapkan agar dapat lebih mengembangkan jumlah
peserta didik.
2. Hendaknya sekolah mensosialisasikan keunggulan-keunggulan yang dimiliki
di sekolah MTsN 3 Bone agar bisa dikenal luas oleh kalangan masyarakat.
3. Bagi guru di MtsN 3 Bone diharapkan agar lebih melatih siswa lagi agar dapat
lebih baik dan lancar menggunakan teknologi digital.
4. Bagi siswa di MTsN 3 Bone diharapkan mempelajari lagi secara mendalam
mengenai perangkat penunjang teknologi yang digunakan akan dapat
mengembangkan skill dan kemampuan yang dimilikinya.
Ketersediaan
STAR20240141141/2024Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

141/2024

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top