Analisis Komparasi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Era 5.0 (Studi Kasus di Kelompok B TK Lestari dan TK Kurnia Kabupaten Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang Analisis Komparasi Pembelajaran
Pendidikan Anak Usia Dini dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Era 5.0
(Studi Kasus di Kelompok B TK Lestari dan TK Kurnia Kabupaten Bone. Pokok
permasalahan pada penelitian ini ada dua yaitu bagaimana gambaran tantangan
revolusi era 5.0 di dunia pendidikan yang terkhusus pada pendidikan anak usia
dini dan bagaimana gambaran perbandingan kesiapan lembaga TK Kurnia dan
TK Lestari dalam menghadapi tatangan revolusi era 5.0 pada pendidikan anak
usia dini. Selain itu, tujuan penelitian ini mencakup mengenai gambaran tantangan
serta perbandingan kesiapan lembaga TK Kurnia dan TK Lestari dalam
menghadapi tatangan revolusi era 5.0.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kualitatif dengan pendekatan etnografi. Penelitian ini menggunakan teknik
pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi yang kemudian di
analisis melalui beberapa proses yaitu reduksi data, display data, dan penarikan
kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran tantangan revolusi era
5.0 mencakup tentang dunia pendidikan yang siap dengan kehadiran teknologi
dalam proses pembelajaran sehingga lembaga harus memiliki kesiapan dalam
menghadapi hal tersebut baik dari tujuan lembaga yang selaras dengan
perkembangan yang ada, rancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan
evaluasi, kualifikasi pendidik serta kondisi sarana dan prasarana yang memadai
dan memenuhi standar
A. Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti dengan judul
penelitian Analisis Komparasi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini
dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Era 5.0 (Studi Kasus di Kelompok
B TK Lestari dan TK Kurnia Kabupaten Bone, maka yang menjadi
simpulan pada pembahasan skripsi ini yaitu sebagai berikut.
1. Gambaran Tantangan Revolusi Era 5.0 Di Dunia Pendidikan Yang
Terkhusus Pada Pendidikan Anak Usia Dini
Menghadapi tantangan revolusi era 5.0 pada pendidikan anak
usia dini terkhusus pada dua lembaga sekolah yaitu TK Kurnia dan TK
Lestari menunjukkan bahwa di TK Kurnia akan bersifat terbuka dalam
menerima tantangan tersebut yang terkhusus pada penggunaan media
teknologi dalam melaksanakan pembelajaran namun tetap memberikan
batasan kepada anak didik agar anak mampu terkontrol dalam
menggunakan teknologi yang ada. Sedangkan, TK Lestari menyatakan
jika tantangan revolusi era 5.0 merupakan tangantang besar dalam
mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran anak usia dini
dengan memastikan bahwa pendekatan yang digunakan tetap
memperhatikan kebutuhan perkembangan mereka secara holistik serta
menanggapi hal tersebut sebagai peluang untuk terus berkembang dan
berinovasi dalam lingkup pendidikan anak usia dini.
2. Gambaran Perbandingan Kesiapan Dua Lembaga TK Dalam
Menghadapi Tatangan Revolusi Era 5.0 Pada Pendidikan Anak Usia
Dini
Gambaran kesiapan dua lembaga TK dalam menghadapi
tantangan revolusi era 5.0 pada pendidikan anak usia dini yaitu TK
Kurnia dan TK Lestari bahwa merumuskan tujuan lembaga yang
sejalan dengan tantangan revolusi, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi
pembelajaran serta sarana dan prasana yang telah memenuhi standar
yang berlaku.
B. Implikasi
Beranjak dari ungkapan yang dikemukakan sebelumnya, maka
peneliti dapat memberikan gambaran implikasi penelitian yang telah
dilakukan yaitu sebagai berikut.
a. Kepada lembaga, diharapakan dapat mempertahankan citra lembaga
yang dapat mendukung pelaksanaan kesiapan dalam menghadapi
tantangan pendidikan di era revolusi 5.0.
b. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat menghasilkan penelitian
yang bersifat kebaharuan mengenai kesiapan dalam menghadapi
tantangan pendidikan di era revolusi 5.0.
Ketersediaan
STAR20240311311/2024Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

311/2024

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top