Peran Manajemen Teamwork Dalam Mendukung Ketercapaian Visi Misi Sekolah Di SMKN 4 Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang Peran Manajemen Teamwork Dalam Mendukung
Ketercapaian Visi Misi. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti manajemen Teamwork
di SMKN 4 Bone Kabupaten Bone , ketercapaian visi misi di SMKN 4 Bone
kabupaten Bone dan peran manajemen teamwork dalam mendukung ketercapaian
visi misi di SMKN 4 Bone kabupaten Bone . Jenis penelitian yang digunakan
dalam panelitian ini yaitu data kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan
manajemen dan sosiologis. Dalam pengumpulan data menggunakan metode
observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian untuk analisis data
menggunakan reduksi data, penyajian data dan simpulan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa . (1) M anajemen Teamwork di SMKN 4 Bone untuk mencapai
tujuan pendidikan. Kepemimpinan partisipatif kepala sekolah menciptakan
suasana kolaboratif dalam pengambilan keputusan dan penyelesaian konflik.
Rancangan tim yang memberikan kebebasan, otonomi, dan keberagaman
keterampilan meningkatkan produktivitas dan inovasi. Proses teamwork berfokus
pada tujuan yang jelas, kolaborasi efektif, dan kualitas kerja, dengan pembagian
tugas yang tepat. (2) ketercapaian visi misi di SMKN 4 Bone kabupaten Bone
dilihat dari Visi dan misi SMKN 4 Bone berperan sebagai pedoman strategis yang
mengarahkan seluruh pemangku kepentingan sekolah. Visi memberikan inspirasi,
motivasi, dan arah jangka panjang, sedangkan misi yang realistis dan terukur
menjadi landasan konkret untuk mencapai tujuan tersebut. Visi dan misi
membantu fokus sumber daya, membangun identitas sekolah yang berorientasi
kewirausahaan, serta menjadi panduan dalam pengambilan keputusan. . (3) peran
manajemen teamwork dalam mendukung ketercapaian visi misi di SMKN 4 Bone
kabupaten Bone adalah mendukung pencapaian visi dan misi sekolah melalui
pendekatan kepemimpinan partisipatif.
A. Kesimpulan
1. Peran penting manajemen teamwork di SMKN 4 Bone untuk mencapai
tujuan pendidikan. Kepemimpinan partisipatif kepala sekolah menciptakan
suasana kolaboratif dalam pengambilan keputusan dan penyelesaian konflik.
Komposisi tim yang beragam mendorong keseimbangan antara kreativitas,
kompetensi, dan eksekusi. Rancangan tim yang memberikan kebebasan,
otonomi, dan keberagaman keterampilan meningkatkan produktivitas dan
inovasi. Proses teamwork berfokus pada tujuan yang jelas, kolaborasi
efektif, dan kualitas kerja, dengan pembagian tugas yang tepat untuk
mengatasi tantangan seperti kemalasan sosial.
2. Visi dan misi SMKN 4 Bone berperan sebagai pedoman strategis yang
mengarahkan seluruh pemangku kepentingan sekolah. Visi memberikan
inspirasi, motivasi, dan arah jangka panjang, sedangkan misi yang realistis
dan terukur menjadi landasan konkret untuk mencapai tujuan tersebut. Visi
dan misi membantu fokus sumber daya, membangun identitas sekolah yang
berorientasi kewirausahaan, serta menjadi panduan dalam pengambilan
keputusan. Dengan penerapan visi dan misi yang selaras, seluruh tim
sekolah bekerja bersama menuju pencapaian tujuan secara efektif dan
efisien.
3. Manajemen teamwork di SMKN 4 Bone mendukung pencapaian visi dan
misi sekolah melalui pendekatan kepemimpinan partisipatif. Dengan
melibatkan semua pemangku kepentingan dalam pengambilan keputusan,
tercipta suasana kolaboratif yang efektif dalam menyelesaikan konflik dan
meningkatkan rasa tanggung jawab. Komposisi tim yang seimbang antara
kreativitas, kompetensi, dan eksekusi memungkinkan kerja yang efektif
dan inovatif. Rancangan tim yang mendorong kebebasan berkreasi serta
keberagaman keterampilan menciptakan sinergi, yang pada akhirnya
meningkatkan produktivitas dan mendukung pencapaian tujuan sekolah.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis mempunyai implikasi yang
berupa saran kepada pihak-pihak yang terkait, adapun saran-saran yang penulis
maksud yaitu sebagai berikut:
1. Kepala sekolah dan tim manajemen, harus memastikan semua anggota tim
saling berbicara dan mendengarkan pendapat satu sama lain. menghindari
kesalahpahaman dengan memastikan informasi disampaikan dengan
jelas,Pembagian Tugas yang Merata. Setiap anggota tim harus memiliki
peran yang jelas sesuai dengan kemampuan dan minatnya. Pembagian tugas
yang merata membantu mencegah ketidakadilan dan memastikan semua
orang berkontribusi.
2. Guru dan staff, dorong suasana kolaboratif antar rekan kerja dan tingkatkan
komunikasi yang efektif untuk mengatasi potensi konflik atau kemalasan
sosial. Fokuskan kerja tim pada tujuan yang jelas dan terukur.
3. Siswa, manfaatkan suasana kolaboratif dan beragam keterampilan di dalam
tim untuk mengembangkan potensi diri, baik dalam bidang akademik
maupun kewirausahaan.
Dengan saran ini, diharapkan setiap pihak terkait dapat lebih fokus dan
berkontribusi secara optimal dalam mendukung pencapaian visi dan misi
SMKN 4 Bone serta meningkatkan produktivitas melalui manajemen teamwork
yang efektif.
Ketersediaan
STAR2025003636/2025Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

36/2025

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top