Urgensi Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Kualitas Pengelolaan Lembaga Pendidikan di SMK Negeri 1 Bone
Risnawati/02.15.3151 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai”Urgensi Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam
Meningkatkan Kualitas Pengelolaan Lembaga Pendidikan di SMK Negeri 1 Bone”.
Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui pemanfaatan
Teknologi Informasi dan Urgensi pemanfaatan teknologi informasi dalam
Meningkatkan Kualitas Pengelolaan Lembaga Pendidikan di SMK Negeri 1 Bone.
Untuk mengatasi masalah dia atas, maka penulis melakukan pendekatan psikologis,
pendekatan sosiologis, pendekatan manajemen dan melakukan penelitian lapangan
dengan menggunakan teknik wawancara, obesrvasi, dan dokumentasi. Data yang
diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tiga
tahap yaitu tahap reduksi data (data reduction), penyajian data (display data)
danpenarikankesimpulan(conclution drawing/verification).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Urgensi pemanfaatan Teknologi Informasi
dalam Meningkatkan Kualitas Pengelolaan Lembaga Pendidikan di SMK Negeri 1
Bone. yakni 1) Pemanfaatan Teknologi Informasi di SMK Negeri 1 Bone.
Menggunakan perangkat komputer dan Internet sebagai media interaktif dan sarana
untuk meningkatkan kegiatan yang berkaitan dengan Tata Usaha Administrasi, Guru
dan siswa dalam proses belajar mengajar. Pemanfaatan teknologi informasi dalam
pendidikan mempunyai arti penting terutama dalam upaya pemerataan kesempatan
pendidikan, peningkatan kualitas pendidikan, dan peningkatan efektifitas pendidikan
yang meliputi manajemen sistem informasi, e-learning, media pembelajaran dan
pendidikan life skill. 2) Urgensi Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam
meningkatkan Kualitas pengelolaan lembaga pendidikan di SMK Negeri 1 Bone yaitu
dapat dilihat dari aspek penggunaan teknologi informasi yang dapat dikelola oleh
sumber daya manusia yang memiliki pengetahuan dan kompetensi dalam penggunaan
teknologi informasi sehingga dapat Menjalin suatu relasi dengan pihak manajemen
lembaga pendidikan sebagai pengambil keputusan (decision maker).dalam
meningkatkan kualitas pengelolaan lembaga pendidikan adapun hal penting yaitu dari
aspek penggunaan teknologi informasi, manajemen berbasisi misi, sumber daya
manusia, pemanfaatan komputer dan internet dalam pembelajaran, budaya kerja tim
(team work) dan pemanfaatan alat bantu pembelajaran.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka penulis
dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu:
1. Pemanfaatan Teknologi Informasi di SMK Negeri 1 Bone menggunakan
perangkat komputer dan Internet sebagai media interaktif dan sarana untuk
meningkatkan kegiatan yang berkaitan dengan Tata Usaha Administrasi, Guru
dan siswa dalam proses belajar mengajar. Pemanfaatan teknologi informasi
dalam pendidikan mempunyai arti penting terutama dalam upaya pemerataan
kesempatan pendidikan, peningkatan kualitas pendidikan, dan peningkatan
efektifitas pendidikan yang meliputi manajemen sistem informasi, e-learning,
media pembelajaran dan pendidikan life skill.
2. Urgensi Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam meningkatkan Kualitas
pengelolaan lembaga pendidikan di SMK Negeri 1 Bone dapat dilihat dari
aspek penggunaan teknologi informasi yang dapat dikelola oleh sumber daya
manusia yang memiliki pengetahuan dan kompetensi dalam penggunaan
teknologi informasi sehingga dapat Menjalin suatu relasi dengan pihak
manajemen lembaga pendidikan sebagai pengambil keputusan (decision
maker). dalam meningkatkan kualitas pengelolaan lembaga pendidikan
adapun hal penting yaitu dari aspek penggunaan teknologi informasi,
manajemen berbasisi misi, sumber daya manusia, pemanfaatan komputer dan
internet dalam pembelajaran, budaya kerja tim (team work) dan pemanfaatan
alat bantu pembelajaran.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini akan
diuraikan saran-saran.
Adapun saran-saran yang penulis maksudkan dalam pembahasan skiripsi ini
adalah sebagai berikut:
1. Pemerintah, terutama pemerintah daerah hendaknya memfokuskan
perhatian pada pemanfaatan teknologi informasi secara bersama-sama
dalam kelompok, mengembangkan dan mengimplementasikan
pemanfaatan teknologi informasi. Sementara dalam hal administrasi,
pemerintah daerah hendaknya lebih berperan sebagai fasilitator dari pada
mengontrol aktivitas-aktivitas sekolah.
2. Kepala sekolah, diharapkan tidak hanya bertanggung jawab dan otoritasnya
dalam program-program sekolah, kurikulum dan keputusan personel, tetapi
juga bertanggung jawab untuk meningkatkan akuntabilitas keberhasilan
program. Kepala sekolah harus pandai dalam memimpin kelompok dan
pendelegasian tugas dan wewenang sehingga masing-masing kelompok
sadar akan tugas dan fungsinya masing-masing dalam pengambilan
keputusan dalam meningkatkan kualitas pengelolaan lembaga pendidikan.
Meningkatkan Kualitas Pengelolaan Lembaga Pendidikan di SMK Negeri 1 Bone”.
Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui pemanfaatan
Teknologi Informasi dan Urgensi pemanfaatan teknologi informasi dalam
Meningkatkan Kualitas Pengelolaan Lembaga Pendidikan di SMK Negeri 1 Bone.
Untuk mengatasi masalah dia atas, maka penulis melakukan pendekatan psikologis,
pendekatan sosiologis, pendekatan manajemen dan melakukan penelitian lapangan
dengan menggunakan teknik wawancara, obesrvasi, dan dokumentasi. Data yang
diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tiga
tahap yaitu tahap reduksi data (data reduction), penyajian data (display data)
danpenarikankesimpulan(conclution drawing/verification).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Urgensi pemanfaatan Teknologi Informasi
dalam Meningkatkan Kualitas Pengelolaan Lembaga Pendidikan di SMK Negeri 1
Bone. yakni 1) Pemanfaatan Teknologi Informasi di SMK Negeri 1 Bone.
Menggunakan perangkat komputer dan Internet sebagai media interaktif dan sarana
untuk meningkatkan kegiatan yang berkaitan dengan Tata Usaha Administrasi, Guru
dan siswa dalam proses belajar mengajar. Pemanfaatan teknologi informasi dalam
pendidikan mempunyai arti penting terutama dalam upaya pemerataan kesempatan
pendidikan, peningkatan kualitas pendidikan, dan peningkatan efektifitas pendidikan
yang meliputi manajemen sistem informasi, e-learning, media pembelajaran dan
pendidikan life skill. 2) Urgensi Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam
meningkatkan Kualitas pengelolaan lembaga pendidikan di SMK Negeri 1 Bone yaitu
dapat dilihat dari aspek penggunaan teknologi informasi yang dapat dikelola oleh
sumber daya manusia yang memiliki pengetahuan dan kompetensi dalam penggunaan
teknologi informasi sehingga dapat Menjalin suatu relasi dengan pihak manajemen
lembaga pendidikan sebagai pengambil keputusan (decision maker).dalam
meningkatkan kualitas pengelolaan lembaga pendidikan adapun hal penting yaitu dari
aspek penggunaan teknologi informasi, manajemen berbasisi misi, sumber daya
manusia, pemanfaatan komputer dan internet dalam pembelajaran, budaya kerja tim
(team work) dan pemanfaatan alat bantu pembelajaran.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka penulis
dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu:
1. Pemanfaatan Teknologi Informasi di SMK Negeri 1 Bone menggunakan
perangkat komputer dan Internet sebagai media interaktif dan sarana untuk
meningkatkan kegiatan yang berkaitan dengan Tata Usaha Administrasi, Guru
dan siswa dalam proses belajar mengajar. Pemanfaatan teknologi informasi
dalam pendidikan mempunyai arti penting terutama dalam upaya pemerataan
kesempatan pendidikan, peningkatan kualitas pendidikan, dan peningkatan
efektifitas pendidikan yang meliputi manajemen sistem informasi, e-learning,
media pembelajaran dan pendidikan life skill.
2. Urgensi Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam meningkatkan Kualitas
pengelolaan lembaga pendidikan di SMK Negeri 1 Bone dapat dilihat dari
aspek penggunaan teknologi informasi yang dapat dikelola oleh sumber daya
manusia yang memiliki pengetahuan dan kompetensi dalam penggunaan
teknologi informasi sehingga dapat Menjalin suatu relasi dengan pihak
manajemen lembaga pendidikan sebagai pengambil keputusan (decision
maker). dalam meningkatkan kualitas pengelolaan lembaga pendidikan
adapun hal penting yaitu dari aspek penggunaan teknologi informasi,
manajemen berbasisi misi, sumber daya manusia, pemanfaatan komputer dan
internet dalam pembelajaran, budaya kerja tim (team work) dan pemanfaatan
alat bantu pembelajaran.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini akan
diuraikan saran-saran.
Adapun saran-saran yang penulis maksudkan dalam pembahasan skiripsi ini
adalah sebagai berikut:
1. Pemerintah, terutama pemerintah daerah hendaknya memfokuskan
perhatian pada pemanfaatan teknologi informasi secara bersama-sama
dalam kelompok, mengembangkan dan mengimplementasikan
pemanfaatan teknologi informasi. Sementara dalam hal administrasi,
pemerintah daerah hendaknya lebih berperan sebagai fasilitator dari pada
mengontrol aktivitas-aktivitas sekolah.
2. Kepala sekolah, diharapkan tidak hanya bertanggung jawab dan otoritasnya
dalam program-program sekolah, kurikulum dan keputusan personel, tetapi
juga bertanggung jawab untuk meningkatkan akuntabilitas keberhasilan
program. Kepala sekolah harus pandai dalam memimpin kelompok dan
pendelegasian tugas dan wewenang sehingga masing-masing kelompok
sadar akan tugas dan fungsinya masing-masing dalam pengambilan
keputusan dalam meningkatkan kualitas pengelolaan lembaga pendidikan.
Ketersediaan
| STAR20190358 | 358/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
358/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
