Efektivitas Penggunaan Media Poster Bergambar Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Jannah Kabupaten Bone.

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media poster bergambar dalam
meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV di Madrasah Ibtidayyah
Miftahul Jannah Kabupaten Bone dan perbedaan keefektifan antara sebelum dan
setelah diajar menggunakan media poster bergambar ditinjau dari keterampilan
berpikir kritis siswa kelas IV di Madrasah Ibtidayyah Miftahul Jannah Kabupaten
Bone.
Penelitian ini adalah peneltian kuantitatif dengan desain one sample group pretest
and posttest. Data dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan teknik tes. Data
yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan
statistik inferensial.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis pada
pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas IV di Madrasah Ibtidayyah
Miftahul Jannah Kabupaten Bone. memiliki rata-rata sebesar 44,04 (SD = 14,693)
dengan persentase ketuntasan 12% untuk pre-test dan 78,84 (SD = 8,788) dengan
presentase ketuntasan 80% untuk post-test; media poster bergambar efektif dalam
meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial di Madrasah Ibtidayyah Miftahul Jannah Kabupaten Bone dengan
nilai signifikansi yang dihasilkan lebih kecil atau kurang dari nilai alpha 0,05 (p-
value< 0,05); dan terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan setelah
menggunakan media poster bergambar dalam meningkatkan keterampilan berfikir
kritis siswa kelas IV di Madrasah Ibtidayyah Miftahul Jannah Kabupaten Bone
dimana nilai signifikan yang dihasilkan lebih kecil dari nilai alpha 0,05 (p-value <
0,05).
A. Kesimpulan
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media poster bergambar
efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV di
Madrasah Ibtidayyah Miftahul Jannah Kabupaten Bone. Hal ini sejalan dengan
hasil penelitian yang dilakukan oleh Ainun Sakina diterapkannya media poster
bergambar pada pembelajaran IPS kelas IV digunakan untuk meningkatkan
keterampilan berpikir kristis siswa dapat di buktikan bahwa nilai rata-rata pre test
(54%) sedangkan nilai rata-rata post-test 83 %. dengan kreteria ketuntasan
minimal pembelajaran ilmu penegtahuan sosial kelas IV. Hasil menunjukkan
bahwa penerapan media poster bergambar dapat meningkatkan keterampilan
berpikir kritis siswa kelas IV 39 . Sedangkan hasil penelitian yang di lakukan oleh
Euis Surtriyanti menunjukkan bahwa terdapat peningkatan rata-rata pre-test
dengan post test keterampilan berpikir kritis di kelompok sedang. pada nilai pre-
tes di peroleh nilai sebesar 24,61, sementara untuk nilai pos test di peroleh nilai
sebesar 60,20. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut, dapat di ketahui
kesimpulanya bahwa media poster bergambar dapat meningkatkan keterampilan
berpikir kritis siswa kelompok sedang 40
Sebelum dan setelah diterapkannya poster bergambar di kelas IV di
Madrasah Ibtidayyah Miftahul Jannah Kabupaten Bone. dapat di buktikan dengan
nilai ketuntasan untuk pre test 12%. Sedangkan untuk nilai rata-rata untuk untuk
post test mencapai 80% dengan kreteria ketuntasan nimimal pembelajaran ilmu
pengetahuan sosial kelas IV di Madrasah Ibtidayyah Miftahul Jannah Kabupaten
Bone, mencapai 75. Berdasarkan hasil analisis one sampel T- Test. Dengan
menggunakan fasilitas komputer pengelolaan data melalui IBM statistical
39 “AINUN SAKINA UNM makassar efektivitas penerapan media poster bergambar
bergambar dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ips kelas
v di sdn 192 awa kabupaten wajo , 2022 H. 1
40 Euisy Surtriyanti, pengaruh media pembelajaran poster bergambar terhadap
keterampilan berpikir kritis siswa SD Pada materi pelestarian lingkungan, jurnal pena ilmia:vol.2
no.1,2017, h.336
package for sosial science (SPSS) versi 25 pada kolom 1.9 diperoleh informasi
bahwa nilai signifikansi yang dihasilkan lebih kecil atau kurang dari nilai alpha
0,05 (p-value< 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis null ( ) ditolak.
Secara keseluruhan media poster bergambar efektif dalam meningkatkan
keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas IV
di Madrasah Ibtidayyah Miftahul Jannah Kabupaten Bone.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian, pembahasan kesimpulan dan temuan yang
diperoleh selama proses pelaksanaan penelitian, maka peneliti memberikan saran
yang bertujuan agar pelaksanaan penelitian ini berjalan lebih baik. Adapun saran-
saran-saran tersebut adalah sebagai berikut:
1. Bagi guru diharapkan kepada guru agar dapat menerapkan media poster
bergambar dalam proses belajar mengajar dengan menyesuaikan
karasteristik materi pelajaran dalam rangka meningkatkan hasil belajar
siswa
2. Setiap media pembelajaran mrmpunyai kelebihan dan kekurangan
tersendiri. Oleh karena itu, guru harus mampu memilih media
pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran, tujuan yang harus
dicapai, waktu yang tersedia serta sarana dan prasarana yang dimiliki
3. Pihak sekolah hendaknya selalu memberikan dukungan kepada guru
dalam pengenalan media dimulai sejak dini kepada siswa
Ketersediaan
STAR20220230230/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

230/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top