Penerapan Media Pop Up Book Pada Mata Pelajaran Fikih Untuk Mengetahui Minat Belajar Siswa Kelas VIII Di MTs YAPIS Pattiro
Nur Amalia/862082020129 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Penerapan Media Pop Up Book Untuk
Mengetahui Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII Di MTs
YAPIS Pattiro Bajo. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui minat
belajar siswa sebelum dan setelah penerapan media pop up book.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan
pendekatan pedagogis, pendekatan psikologis, dan pendekatan sosiologis. Sumber
data penelitian ini didapat melalui data primer dan data sekunder. Data diperoleh
dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian diperoleh Pertama, proses penerapan media pop up book
pada mata pelajaran fikih terdapat beberapa tahapan yang meliputi tahap persiapan
dan pelaksanaan. Kemudian dalam proses pembelajaran dilakukan dengan strategi
pembelajaran yang sesuai. Kedua, bentuk minat belajar siswa ada dua yaitu minat
kognitif yang dapat dilihat dari keinginan siswa untuk lebih memahami materi
pelajaran dengan mengajukan pertanyaan jika terdapat materi yang belum
dipahami. Dan minat afektif yang terkait dengan perasaan senang dan antusias
siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media pop up book.
Ketiga, hasil penerapan media pop up book pada mata pelajaran fikih kelas VIII
dapat dilihat dari meningkatnnya minat belajar siswa dan semangat belajar siswa
selama mengikuti kegiatan pembelajaran.
A. Kesimpulan
Berdasarkan kesimpulan yang ditemukan di lapangan dapat diambil
kesimpulan mengenai penerapan media pop up book untuk mengetahui minat
belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas VIII di MTs YAPIS Pattiro Bajo
adalah sebagai berikut:
1. Penerapan media pop up book pada pembelajaran fikih di kelas VIII di MTs
YAPIS Pattiro Bajo diperlukan persiapan dengan tahapan yang dilakukan
ketika mengajar yaitu: membuat RPP, mempersiapkan media pop up book,
memperkenalkan kepada siswa tentang media pop up book, membuka
pembelajaran dengan mengucapkan salam, mempersilahkan ketua kelaas
untukk mempersiapkan kelas dan dilanjutkan dengan berdoa secara
bersama-sama, melakukan absensi, menjelaskan tujuan pembelajaran yang
akan dicapai, menjelaskan materi sujud sahwi, syukur, dan tilawah, dan
menutup pembelajaran.
2. Bentuk minat siswa dari segi minat kognititf yang berkaitan dengan
keinginan dan ketertarikan siswa untuk mengetahui dan memahami
sesuatu. Dapat dilihat dari keinginan siswa untuk lebih memahami materi
pelajaran dengan mengajukan pertanyaan jika terdapat materi yang belum
dipahami. Dari segi minat afektif yang mengacu pada aspek emosional
yang terkait dengan pembelajaran. Siswa merasa senang dan antusias
mengikuti pembelajaran dengan diterapkannya media pop up book pada
mata pelajaran fikih.
3. Untuk hasil penerapan media pop up book pada minat belajar siswa kelas
VIII di MTs YAPIS Pattiro Bajo dapat dilihat dari semangat belajar siswa
dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar, siswa terlihat aktif di kelas,
ketika tanya jawab siswa menjawab pertanya yang diberikan, dan siswa
akan bertanya ketika terdapat materi yang tidak dipahami.
B. Saran
Penelitian ini masih memiliki banyak kekurangan, baik dalam penelitian
ataupun penulisan yang dilaksanakan oleh peneliti, oleh karena itu ada
beberapa saran yang dapat disampaikan kepada sekolah dan juga guru fikih
semoga dapat membantu untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam
belajar.
1. Penggunaan media pop up book dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam
kegiatan pembelajaran khususnya pada mata pelajaran fikih terhadap siswa
kelas VIII Ts YAPIS Pattiro Bajo, namun guru juga harus mempunyai
kemampuan dalam memilih materi yang sesuai untuk disajikan dengan
menggunakan media pop up book.
2. Untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran fikih,
diharapkan bagi guru untuk menggunakan media pembelajaran ketika
pembelajaran fikih, karena dengan menggunakan media dapat
meningkatkan minat belajar siswa dan mempermudah siswa untuk
memahami materi yang dipelajari.
Mengetahui Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII Di MTs
YAPIS Pattiro Bajo. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui minat
belajar siswa sebelum dan setelah penerapan media pop up book.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan
pendekatan pedagogis, pendekatan psikologis, dan pendekatan sosiologis. Sumber
data penelitian ini didapat melalui data primer dan data sekunder. Data diperoleh
dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian diperoleh Pertama, proses penerapan media pop up book
pada mata pelajaran fikih terdapat beberapa tahapan yang meliputi tahap persiapan
dan pelaksanaan. Kemudian dalam proses pembelajaran dilakukan dengan strategi
pembelajaran yang sesuai. Kedua, bentuk minat belajar siswa ada dua yaitu minat
kognitif yang dapat dilihat dari keinginan siswa untuk lebih memahami materi
pelajaran dengan mengajukan pertanyaan jika terdapat materi yang belum
dipahami. Dan minat afektif yang terkait dengan perasaan senang dan antusias
siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media pop up book.
Ketiga, hasil penerapan media pop up book pada mata pelajaran fikih kelas VIII
dapat dilihat dari meningkatnnya minat belajar siswa dan semangat belajar siswa
selama mengikuti kegiatan pembelajaran.
A. Kesimpulan
Berdasarkan kesimpulan yang ditemukan di lapangan dapat diambil
kesimpulan mengenai penerapan media pop up book untuk mengetahui minat
belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas VIII di MTs YAPIS Pattiro Bajo
adalah sebagai berikut:
1. Penerapan media pop up book pada pembelajaran fikih di kelas VIII di MTs
YAPIS Pattiro Bajo diperlukan persiapan dengan tahapan yang dilakukan
ketika mengajar yaitu: membuat RPP, mempersiapkan media pop up book,
memperkenalkan kepada siswa tentang media pop up book, membuka
pembelajaran dengan mengucapkan salam, mempersilahkan ketua kelaas
untukk mempersiapkan kelas dan dilanjutkan dengan berdoa secara
bersama-sama, melakukan absensi, menjelaskan tujuan pembelajaran yang
akan dicapai, menjelaskan materi sujud sahwi, syukur, dan tilawah, dan
menutup pembelajaran.
2. Bentuk minat siswa dari segi minat kognititf yang berkaitan dengan
keinginan dan ketertarikan siswa untuk mengetahui dan memahami
sesuatu. Dapat dilihat dari keinginan siswa untuk lebih memahami materi
pelajaran dengan mengajukan pertanyaan jika terdapat materi yang belum
dipahami. Dari segi minat afektif yang mengacu pada aspek emosional
yang terkait dengan pembelajaran. Siswa merasa senang dan antusias
mengikuti pembelajaran dengan diterapkannya media pop up book pada
mata pelajaran fikih.
3. Untuk hasil penerapan media pop up book pada minat belajar siswa kelas
VIII di MTs YAPIS Pattiro Bajo dapat dilihat dari semangat belajar siswa
dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar, siswa terlihat aktif di kelas,
ketika tanya jawab siswa menjawab pertanya yang diberikan, dan siswa
akan bertanya ketika terdapat materi yang tidak dipahami.
B. Saran
Penelitian ini masih memiliki banyak kekurangan, baik dalam penelitian
ataupun penulisan yang dilaksanakan oleh peneliti, oleh karena itu ada
beberapa saran yang dapat disampaikan kepada sekolah dan juga guru fikih
semoga dapat membantu untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam
belajar.
1. Penggunaan media pop up book dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam
kegiatan pembelajaran khususnya pada mata pelajaran fikih terhadap siswa
kelas VIII Ts YAPIS Pattiro Bajo, namun guru juga harus mempunyai
kemampuan dalam memilih materi yang sesuai untuk disajikan dengan
menggunakan media pop up book.
2. Untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran fikih,
diharapkan bagi guru untuk menggunakan media pembelajaran ketika
pembelajaran fikih, karena dengan menggunakan media dapat
meningkatkan minat belajar siswa dan mempermudah siswa untuk
memahami materi yang dipelajari.
Ketersediaan
| STAR20240312. | 312/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
312/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
