Pengaruh Penerapan Video Animasi Riko The Series terhadap Minat dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Alquran Hadits Kelas VII MTs Mallari Kabupaten Bone

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan video animasi
Riko the series terhadap minat dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Alquran
Hadits kelas VII di MTs Mallari.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan metode
kuantitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, angket, test dan dokumentasi.
Desain penelitian Quasi Eksperimental dengan model Non-equivalent control group
design. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan pendidikan
Islam. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh. Adapun
analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan analisis statistik deskriptif,
dan statistik inferensial dengan bantuan SPSS versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa pada kelas
eksperimen mencapai rata-rata 72.80, kemudian minat belajar kelas kontrol mencapai
rata-rata 60.15 dengan thitung sebesar 8.079 dan fhitung sebesar 4.447, dan prestasi
belajar kelas eksperimen mencapai rata-rata 67.00, sedangkan prestasi belajar kelas
kontrol mencapai rata-rata 35.50 dengan thitung sebesar 7.144 dan fhitung sebesar
15.831. Sehingga hasil penelitian ini yaitu H1 diterima dan H0 ditolak yang berarti
terdapat pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran video animasi Riko the
series terhadap minat dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Alquran Hadits
kelas VII MTs Mallari dengan nilai signifikansi 0.000 < nilai taraf signifikansi (2-
tailed) 0.025.
A. Kesimpulan
Simpulan merupakan sebuah gagasan yang tercapai pada akhir
pembicaraan. Simpulan dalam bab ini merupakan jawaban atas semua rumusan
masalah pada penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat
diperoleh beberapa kesimpulan. Adapun kesimpulan tersebut adalah sebagai
berikut:
1. Media pembelajaran berupa video animasi Riko the series memiliki pengaruh
yang signifikan terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Alquran
Hadits kelas VII MTs Mallari. Berdasarkan uji hipotesis minat belajar siswa
diperoleh nilai standar deviasi yang diperoleh dari kelas kontrol adalah 5.622,
sedangkan kelas eksperimen 4.175. Kemudian nilai standar error mean kelas
kontrol adalah 1.257, sedangkan kelas eksperimen 0.934. Dari uji hipotesis
independen sample T-test minat belajar memperoleh nilai thitung = 8.079.
Group statistics minat belajar memperoleh nilai rata-rata kelas kontrol (B)
adalah 60.15, sedangkan rata-rata nilai kelas eksperimen (A) adalah 72.80.
Hal ini bermakna bahwa nilai minat belajar siswa kelas eksperimen (A) lebih
baik atau lebih tinggi daripada nilai minat belajar siswa kelas kontrol (B).
Riko the series memiliki pengaruh yang siginifikan terhadap minat belajar
siswa pada mata pelajaran Alquran Hadist kelas VII di MTs Mallari dengan
perolehan nilai signifikansi sebesar 0.000 yang lebih kecil dibandingkan nilai
taraf signifikansi yantiu 0.025.
2. Media pembelajaran berupa video animasi Riko the series memiliki pengaruh
yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Alquran
Hadits kelas VII MTs Mallari. Berdasarkan iji hipotesis prestasi belajar siswa
diperoleh nilai standar deviasi yang diperoleh dari kelas kontrol adalah 9.854,
sedangkan kelas eksperimen 17.800. Kemudian nilai standar error mean
kelas kontrol adalah 2.203, sedangkan kelas eksperimen 3.980. Dari uji
hipotesis independen sample T-test prestasi belajar memperoleh nilai thitung =
7.144 (bertanda positif). Group statistics nilai rata-rata kelas kontrol (B)
adalah 35.50, sedangkan rata-rata nilai kelas eksperimen (A) adalah 68.00.
Hal ini bermakna bahwa nilai prestasi belajar siswa kelas eksperimen (A)
lebih baik atau lebih tinggi daripada nilai prestasi belajar siswa kelas kontrol
(B). Riko the series memiliki pengaruh yang siginifikan terhadap minat
belajar siswa pada mata pelajaran Alquran Hadist kelas VII di MTs Mallari
dengan perolehan nilai signifikansi sebesar 0.000 yang lebih kecil
dibandingkan nilai taraf signifikansi yantiu 0.025.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti dapat menyampaikan beberapa hal
sebagai implikasi penelitian, yaitu:
1. Proses pembelajaran Alquran Hadits hendaknya menggunakan media
pembelajaran yang menarik agar siswa tidak merasa jenuh sehingga siswa
dapat menghasilkan hasil belajar yang baik. Selain itu, media pembelajaran
juga harus sesuai dengan materi pembelajaran.
2. Siswa dituntut untuk lebih giat dalam belajar agar memperoleh hasil belajar
yang maksimal, dan juga harus bisa merespon proses pembelajaran dengan
baik.
3. Sekolah hendaknya selalu mendorong para guru untuk berusaha
menggunakan media pembelajaran yang bersifat inoatif dan kreatif dengan
memfasilitai sarana dan prasarana yang dibutuhkan.
106
4. Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan
referensi untuk melakukan penelitian selanjutnya, khususnya penelitian
tentang media pembelajaran video animasi terhadap minat dan prestasi
belajar.
Ketersediaan
STAR2024002828/2024Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

28/2024

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Subyek

Video Animasi

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top