Penerapan Metode Pembelajaran Penemuan (Discovery) Berbantuan Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Akidah Akhlak Kelas VII MTs. Cina
Yuliana Safitri/862082020124 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa
menggunakan metode penemuan (discovery) berbantuan video pembelajaran pada
siswa kelas VII MTs. Cina Tahun Pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang
digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam II
siklus. Setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A MTs
Cina yang berjumlah 22 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui
observasi, dokumentasi dan angket penerapan metode discovery berbantuan video
pembelajaran. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif
kuantitatif dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian motivasi
belajar siswa diperoleh 48% pada siklus I dan 82% pada siklus II. Motivasi belajar
siswa mengalami peningkatan 34%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa penerapan metode discovery berbantuan video pembelajaran dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas
VII MTs Cina. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode discovery
berbantuan video pembelajaran cukup efektif dibuktikan pada siklus I dan siklus
II diterapkan dalam pembelajaran akidah akhlak.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka
penulis dapat mengemukakan kesimpulan dari hasil penelitian yang telah
dilakukan, yaitu:
1. Penerapan metode penemuan (discovery) berbantuan video pembelajaran
dimulai dari perencanaan. Perencanaan disini menyusun beberapa
rancangan untuk penelitian. Selanjutnya pelaksanaan, yakni melaksanakan
apa yang telah direncanakan sebelumnya. Pada pelaksanaan tersebut terdiri
atas pendahuluan, kegiatan inti, pengamatan dan refleksi. Pada kegiatan
refleksi apabila tindakan tersebut tidak ada peningkatan, maka akan
diperbaiki pada siklus selanjutnya.
2. Berdasarkan hasil angket siswa sekaitan dengan motivasi belajar akidah
akhlak dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VII MTs Cina termotivasi
dalam mempelajari pelajaran akidah akhlak setelah diterapkan metode
discovery berbantuan video pembelajaran pada materi riya dan nifaq. Pada
siklus I dengan persentase siswa yang termotivasi hanya 42% meningkat
menjadi 82% pada siklus II.
B. Saran
1. Diharapkan kepala sekolah dan guru berpartisipasi secara aktif dalam
kegiatan belajar serta menyiapkan sarana serta prasarana penunjang
agar motivasi belajar siswa dapat meningkat.
2. Diharapkan kepada guru Akidah Akhlak dan wali kelas tetap
memberikan semangat dan dukungan kepada siswa untuk tetap
berusaha meningkatkan keaktifan dan motivasi belajarnya.
3. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan
konstribusi di dalam dunia pendidikan formal, non formal, maupun
pendidikan informal.
menggunakan metode penemuan (discovery) berbantuan video pembelajaran pada
siswa kelas VII MTs. Cina Tahun Pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang
digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam II
siklus. Setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A MTs
Cina yang berjumlah 22 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui
observasi, dokumentasi dan angket penerapan metode discovery berbantuan video
pembelajaran. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif
kuantitatif dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian motivasi
belajar siswa diperoleh 48% pada siklus I dan 82% pada siklus II. Motivasi belajar
siswa mengalami peningkatan 34%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa penerapan metode discovery berbantuan video pembelajaran dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas
VII MTs Cina. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode discovery
berbantuan video pembelajaran cukup efektif dibuktikan pada siklus I dan siklus
II diterapkan dalam pembelajaran akidah akhlak.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka
penulis dapat mengemukakan kesimpulan dari hasil penelitian yang telah
dilakukan, yaitu:
1. Penerapan metode penemuan (discovery) berbantuan video pembelajaran
dimulai dari perencanaan. Perencanaan disini menyusun beberapa
rancangan untuk penelitian. Selanjutnya pelaksanaan, yakni melaksanakan
apa yang telah direncanakan sebelumnya. Pada pelaksanaan tersebut terdiri
atas pendahuluan, kegiatan inti, pengamatan dan refleksi. Pada kegiatan
refleksi apabila tindakan tersebut tidak ada peningkatan, maka akan
diperbaiki pada siklus selanjutnya.
2. Berdasarkan hasil angket siswa sekaitan dengan motivasi belajar akidah
akhlak dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VII MTs Cina termotivasi
dalam mempelajari pelajaran akidah akhlak setelah diterapkan metode
discovery berbantuan video pembelajaran pada materi riya dan nifaq. Pada
siklus I dengan persentase siswa yang termotivasi hanya 42% meningkat
menjadi 82% pada siklus II.
B. Saran
1. Diharapkan kepala sekolah dan guru berpartisipasi secara aktif dalam
kegiatan belajar serta menyiapkan sarana serta prasarana penunjang
agar motivasi belajar siswa dapat meningkat.
2. Diharapkan kepada guru Akidah Akhlak dan wali kelas tetap
memberikan semangat dan dukungan kepada siswa untuk tetap
berusaha meningkatkan keaktifan dan motivasi belajarnya.
3. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan
konstribusi di dalam dunia pendidikan formal, non formal, maupun
pendidikan informal.
Ketersediaan
| STAR202400105 | 105/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
105/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
