Penerapan Metode Pembelajaran Penemuan (Discovery) Berbantuan Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Akidah Akhlak Kelas VII MTs. Cina

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa
menggunakan metode penemuan (discovery) berbantuan video pembelajaran pada
siswa kelas VII MTs. Cina Tahun Pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang
digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam II
siklus. Setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A MTs
Cina yang berjumlah 22 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui
observasi, dokumentasi dan angket penerapan metode discovery berbantuan video
pembelajaran. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif
kuantitatif dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian motivasi
belajar siswa diperoleh 48% pada siklus I dan 82% pada siklus II. Motivasi belajar
siswa mengalami peningkatan 34%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa penerapan metode discovery berbantuan video pembelajaran dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas
VII MTs Cina. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode discovery
berbantuan video pembelajaran cukup efektif dibuktikan pada siklus I dan siklus
II diterapkan dalam pembelajaran akidah akhlak.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka
penulis dapat mengemukakan kesimpulan dari hasil penelitian yang telah
dilakukan, yaitu:
1. Penerapan metode penemuan (discovery) berbantuan video pembelajaran
dimulai dari perencanaan. Perencanaan disini menyusun beberapa
rancangan untuk penelitian. Selanjutnya pelaksanaan, yakni melaksanakan
apa yang telah direncanakan sebelumnya. Pada pelaksanaan tersebut terdiri
atas pendahuluan, kegiatan inti, pengamatan dan refleksi. Pada kegiatan
refleksi apabila tindakan tersebut tidak ada peningkatan, maka akan
diperbaiki pada siklus selanjutnya.
2. Berdasarkan hasil angket siswa sekaitan dengan motivasi belajar akidah
akhlak dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VII MTs Cina termotivasi
dalam mempelajari pelajaran akidah akhlak setelah diterapkan metode
discovery berbantuan video pembelajaran pada materi riya dan nifaq. Pada
siklus I dengan persentase siswa yang termotivasi hanya 42% meningkat
menjadi 82% pada siklus II.
B. Saran
1. Diharapkan kepala sekolah dan guru berpartisipasi secara aktif dalam
kegiatan belajar serta menyiapkan sarana serta prasarana penunjang
agar motivasi belajar siswa dapat meningkat.
2. Diharapkan kepada guru Akidah Akhlak dan wali kelas tetap
memberikan semangat dan dukungan kepada siswa untuk tetap
berusaha meningkatkan keaktifan dan motivasi belajarnya.
3. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan
konstribusi di dalam dunia pendidikan formal, non formal, maupun
pendidikan informal.
Ketersediaan
STAR202400105105/2024Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

105/2024

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top