Persepsi Siswa Tentang Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Film Kartun Animasi Nussa Dan Rara Di SMPN 4 Sibulue Kabupaten Bone
Nurul Fadhilah/862082020128 - Personal Name
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang nilai-nilai
pendidikan Islam dalam film animasi Nussa dan Rara di SMP Negeri 4 Sibulue
Kabupaten Bone dengan memberikan jawaban terkait 1). Persepsi siswa tentang
nilai-nilai pendidikan Islam dalam film animasi Nussa dan Rara, 2). Relevansi
nilai-nilai pendidikan akhlak terhadap siswa di SMP Negeri 4 Sibulue Kabupaten
Bone. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian
kualitatif yaitu melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pendekatakan
yang digunakan adalah pendekatan psikologi. Hasil yang ditemukan pada
penelitian ini yaitu menurut persepsi siswa bahwa dalam film animasi Nussa dan
Rara pada episode Belajar ikhlas dan Baik Itu Mudah memiliki nilai akidah, nilai
akhlak, dan nilai ibadah. Adapun nilai akidah menurut persepsi siswa terdapat
percaya kepada Allah swt dan percaya kepada takdir Allah swt, nilai akhlak
menurut siswa terdapat akhlak terpuji dan akhlak buruk dan selain itu pesan moral
yaitu peduli lingkungan, peduli sosial, keikhlasan, kesabaran. Dan nilai akidah
menurut siswa terdapat berpuasa pada bulan Ramadhan dan relevansi nilai-nilai
pendidikan akhlak yang terdapat dalam film Animasi Nussa dan Rara terhadap
siswa yaitu sikap ikhlas pada episode Belajar Ikhlas, peduli sosial, peduli
lingkungan pada episode Baik Itu Mudah untuk menciptakan generasi penerus
yang memiliki akhlakul karimah serta menciptakan siswa yang memiliki
keimanan dan ketaqwaan.
Kata kunci : Persepsi Siswa, Nilai Pendidikan Islam, Film Animasi Nussa dan
Rara.
Kesimpulan
1. Nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam film animasi Nussa
dan Rara menurut persepsi siswa di SMP Negeri 4 Sibulue Kab.Bone
adalah nilai akidah yaitu menurut siswa pada episode Belajar Ikhlas dan
Baik Itu Mudah terdapat nilai-nilai akidahnya, yaitu iman kepada Allah
dan iman kepada qada dan qadar, nilai akhlak yaitu pada episode Belajar
Ikhlas dan Baik Itu Mudah terdapat nilai-nilai akhlaknya yaitu akhlak
terpuji dan akhlak buruk. Selain itu pesan moral, yang terdapat dalam film
animasi Nussa dan Rara pada episode Belajar Ikhlas dan Baik Itu Mudah,
seperti ketulusan hati, kejujuran, tinggi kepedulian, sabar serta ikhlas, dan
nilai ibadah yaitu menurut siswa di SMP Negeri 4 Sibulue Kabupaten
Bone, dalam film animasi Nussa dan Rara pada episode Belajar Ikhlas
dan Baik Itu Mudah terdapat nilai-nilai yaitu pendidikan ibadah salah
satunya puasa.
2. Relevansi nilai-nilai pendidikan Akhlak dan siswa yang Terdapat dalam
Film Animasi Nussa dan Rara Terhadap Siswa terdapat sikap ikhlas pada
episode Belajar Ikhlas, Peduli sosial, pedli lingkungan pada episode Baik
Itu Mudah.
B. Saran
Penelitian ini diharapkan mampu memberikan konstribusi dalam
pengembangan ilmu pendidikan Islam yang berbasis media audio visual. Dengan
tujuan dapat bermanfaat bagi semua pihak, peneliti perlu memberikan saran-saran
sebagai berikut:
59
a. Guru
Bahan rujukan dan evaluasi dalam mengambil keputusan dalam
kegiatan belajar mengajar melalui media audio visual.
b. Siswa
Acuan bagi siswa maupun para penganalisis dalam bidang
pendidikan, khususnya pendidikan Islam yang akan mengkaji tentang nilai-
nilai pendidikan Islam.
c. Peneliti Selanjutnya
Bahan rujukan ilmiah bagi pendidik maupun siswa untuk memilih
film animasi Nussa dan Rara dalam mengajarkan nilai-nilai pendidikan
Islam.
pendidikan Islam dalam film animasi Nussa dan Rara di SMP Negeri 4 Sibulue
Kabupaten Bone dengan memberikan jawaban terkait 1). Persepsi siswa tentang
nilai-nilai pendidikan Islam dalam film animasi Nussa dan Rara, 2). Relevansi
nilai-nilai pendidikan akhlak terhadap siswa di SMP Negeri 4 Sibulue Kabupaten
Bone. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian
kualitatif yaitu melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pendekatakan
yang digunakan adalah pendekatan psikologi. Hasil yang ditemukan pada
penelitian ini yaitu menurut persepsi siswa bahwa dalam film animasi Nussa dan
Rara pada episode Belajar ikhlas dan Baik Itu Mudah memiliki nilai akidah, nilai
akhlak, dan nilai ibadah. Adapun nilai akidah menurut persepsi siswa terdapat
percaya kepada Allah swt dan percaya kepada takdir Allah swt, nilai akhlak
menurut siswa terdapat akhlak terpuji dan akhlak buruk dan selain itu pesan moral
yaitu peduli lingkungan, peduli sosial, keikhlasan, kesabaran. Dan nilai akidah
menurut siswa terdapat berpuasa pada bulan Ramadhan dan relevansi nilai-nilai
pendidikan akhlak yang terdapat dalam film Animasi Nussa dan Rara terhadap
siswa yaitu sikap ikhlas pada episode Belajar Ikhlas, peduli sosial, peduli
lingkungan pada episode Baik Itu Mudah untuk menciptakan generasi penerus
yang memiliki akhlakul karimah serta menciptakan siswa yang memiliki
keimanan dan ketaqwaan.
Kata kunci : Persepsi Siswa, Nilai Pendidikan Islam, Film Animasi Nussa dan
Rara.
Kesimpulan
1. Nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam film animasi Nussa
dan Rara menurut persepsi siswa di SMP Negeri 4 Sibulue Kab.Bone
adalah nilai akidah yaitu menurut siswa pada episode Belajar Ikhlas dan
Baik Itu Mudah terdapat nilai-nilai akidahnya, yaitu iman kepada Allah
dan iman kepada qada dan qadar, nilai akhlak yaitu pada episode Belajar
Ikhlas dan Baik Itu Mudah terdapat nilai-nilai akhlaknya yaitu akhlak
terpuji dan akhlak buruk. Selain itu pesan moral, yang terdapat dalam film
animasi Nussa dan Rara pada episode Belajar Ikhlas dan Baik Itu Mudah,
seperti ketulusan hati, kejujuran, tinggi kepedulian, sabar serta ikhlas, dan
nilai ibadah yaitu menurut siswa di SMP Negeri 4 Sibulue Kabupaten
Bone, dalam film animasi Nussa dan Rara pada episode Belajar Ikhlas
dan Baik Itu Mudah terdapat nilai-nilai yaitu pendidikan ibadah salah
satunya puasa.
2. Relevansi nilai-nilai pendidikan Akhlak dan siswa yang Terdapat dalam
Film Animasi Nussa dan Rara Terhadap Siswa terdapat sikap ikhlas pada
episode Belajar Ikhlas, Peduli sosial, pedli lingkungan pada episode Baik
Itu Mudah.
B. Saran
Penelitian ini diharapkan mampu memberikan konstribusi dalam
pengembangan ilmu pendidikan Islam yang berbasis media audio visual. Dengan
tujuan dapat bermanfaat bagi semua pihak, peneliti perlu memberikan saran-saran
sebagai berikut:
59
a. Guru
Bahan rujukan dan evaluasi dalam mengambil keputusan dalam
kegiatan belajar mengajar melalui media audio visual.
b. Siswa
Acuan bagi siswa maupun para penganalisis dalam bidang
pendidikan, khususnya pendidikan Islam yang akan mengkaji tentang nilai-
nilai pendidikan Islam.
c. Peneliti Selanjutnya
Bahan rujukan ilmiah bagi pendidik maupun siswa untuk memilih
film animasi Nussa dan Rara dalam mengajarkan nilai-nilai pendidikan
Islam.
Ketersediaan
| STAR20240181 | 181/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
181/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
