Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kreativitas dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI MA Nurul Akbar Pongka
Ahmad Ramadani/862082020134 - Personal Name
Skripsi ini berjudul Penerapan Model Pembelajaran Project Based
Learning terhadap Kreativitas dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI
MA Nurul Akbar Pongka. Penelitian ini membahas tentang apakah terdapat
pengaruh antara model pembelajaran Project Based Learning dengan kreativitas
dan kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh antara model pembelajaran Project Based Learning dengan
kreativitas dan kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian yang gunakan
yaitu penelitian kuantitatif karena data penelitian yang berupa angka-angka dan
analisis menggunakan statistik. Adapun populasi dari penelitian ini sebanyak 15
siswa dengan jumlah sampel sebanyak 15 siswa yang diperoleh dari hasil
pengambilan sampel menggunakan rumus. Teknik pengumpulan data yang
digunakan ialah angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh antara model pembelajaran Project Based Learning dengan kreativitas
dan kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan perhitungan hipotesis
diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka nilai tersebut menunjukkan
nilai positif, dengan kata lain terdapat hubungan yang siginifikan antara model
pembelajaran project based learning dengan kreativitas siswa. Kemudian hasil uji
determinasi model Summary b diperoleh nilai R square sebesar 0,977. Hal ini
menunjukkan bahwa model pembelajaran project based learning memiliki
pengaruh terhadap kreativitas siswa sebesar 97,7%. Sedangkan perhitungan
hipotesis antara model pembelajaran Project Based Learning dengan kemampuan
berpikir kritis siswa diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dengan kata lain
model pembelajaran project based learning memberikan pengaruh yang
signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa H 1 diterima dan H 0 ditolak
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di kelas XI MA Nurul Akbar
Pongka di temukan fakta empiris yang dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Penerapan model pembelajaran Project Based Learning memiliki korelasi
atau hubungan yang positif dengan kreativitas siswa. Hal ini bisa terlihat
dari data yang dibuktikan dengan menggunakan perhitungan rumus
korelasi product moment diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000. Karena
nilai signifikansinya < 0,05 (0,000 < 0,05) maka nilai tersebut
menunjukkan nilai positif, jadi dengan kata lain terdapat hubungan yang
signifikan antara model pembelajaran Project Based Learning dengan
kreativitas siswa kelas XI di MA Nurul Akbar Pongka. Dan juga model
pembelajaran Project Based Learning memberikan pengaruh yang
signifikan terhadap kreativitas siswa. Hal ini bisa terlihat dari data yang
dibuktikan dengan menggunakan uji regresi dengan model summary b
diperoleh nilai R square sebesar 0.977. Hal ini menunjukkan bahwa
dengan menggunakan model regresi, dimana variabel independen (Project
Based Learning) memiliki hubungan yang positif dengan variabel
dependen (kreativitas siswa) sebesar 97,7%. Sehingga H 0 ditolak dan H 1
diterima. Jadi, dengan kata lain terdapat hubungan yang positif dan
pengaruh yang siginifikan antara model pembelajaran Project Based
Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI di MA Nurul
Akbar Pongka.
2. Penerapan model pembelajaran Project Based Learning memiliki
pengaruh yang signifikan dengan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini
bisa terlihat dari data yang dibuktikan dengan menggunakan perhitungan
rumus Independent Sampel T-test diperoleh nilai signifikansi sebesar
0,000. Karena nilai signifikansinya < 0,05 (0,000 < 0,05) sehingga H 0
ditolak dan H 1 diterima. Jadi, dengan kata lain terdapat pengaruh yang
siginifikan antara model pembelajaran Project Based Learning terhadap
kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI di MA Nurul Akbar Pongka.
3. Penerapan model pembelajaran Project Based Learning memberikan
pengaruh yang signifikan terhadap kreativitas dan kemampuan berpikir
kritis siswa. Hal ini bisa terlihat dari data yang dibuktikan dengan
menggunakan analisis statistik inferensial dengan beberapa uji prasyarat.
Hasil uji prasyarat menunjukkan bahwa data pada penelitian ini
berdistribusi normal, memiliki varian yang sama atau homogen serta
memberikan pengaruh yang signifikan antara X (Project Based Learning)
dengan variabel Y1 (kreativitas siswa) dan variabel Y 2 (kemampuan
berpikir kritis siswa).
B. Saran
Setelah peneliti menguraikan kesimpulan, selanjutnya peneliti akan
menguraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran. Adapun saran-saran
yang peneliti maksud adalah sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada para guru khususnya guru Sejarah Kebudayaan Islam
agar mampu meningkatkan perannya dalam melaksanakan pembelajaran
agar kreativitas dan kemampuan berpikir kritis siswa lebih meningkat.
2. Diharapkan kepada guru Sejarah Kebudayaan Islam di kelas XI MA Nurul
Akbar Pongka agar dapat menerapkan model pembelajaran Project Based
Learning dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang sesuai
dengan materi yang diberikannya sehingga mampu meningkatkan
kreativitas dan kemampuan berpikir kritis siswa.
3. Bagi guru yang ingin menggunakan model pembelajaran Project Based
Learning diharapkan untuk lebih mempersiapkan perangkat pembelajaran
dan media yang baik sehingga siswa lebih berminat dan bersemangat dalam
mengikuti pembelajaran.
Learning terhadap Kreativitas dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI
MA Nurul Akbar Pongka. Penelitian ini membahas tentang apakah terdapat
pengaruh antara model pembelajaran Project Based Learning dengan kreativitas
dan kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh antara model pembelajaran Project Based Learning dengan
kreativitas dan kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian yang gunakan
yaitu penelitian kuantitatif karena data penelitian yang berupa angka-angka dan
analisis menggunakan statistik. Adapun populasi dari penelitian ini sebanyak 15
siswa dengan jumlah sampel sebanyak 15 siswa yang diperoleh dari hasil
pengambilan sampel menggunakan rumus. Teknik pengumpulan data yang
digunakan ialah angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh antara model pembelajaran Project Based Learning dengan kreativitas
dan kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan perhitungan hipotesis
diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka nilai tersebut menunjukkan
nilai positif, dengan kata lain terdapat hubungan yang siginifikan antara model
pembelajaran project based learning dengan kreativitas siswa. Kemudian hasil uji
determinasi model Summary b diperoleh nilai R square sebesar 0,977. Hal ini
menunjukkan bahwa model pembelajaran project based learning memiliki
pengaruh terhadap kreativitas siswa sebesar 97,7%. Sedangkan perhitungan
hipotesis antara model pembelajaran Project Based Learning dengan kemampuan
berpikir kritis siswa diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dengan kata lain
model pembelajaran project based learning memberikan pengaruh yang
signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa H 1 diterima dan H 0 ditolak
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di kelas XI MA Nurul Akbar
Pongka di temukan fakta empiris yang dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Penerapan model pembelajaran Project Based Learning memiliki korelasi
atau hubungan yang positif dengan kreativitas siswa. Hal ini bisa terlihat
dari data yang dibuktikan dengan menggunakan perhitungan rumus
korelasi product moment diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000. Karena
nilai signifikansinya < 0,05 (0,000 < 0,05) maka nilai tersebut
menunjukkan nilai positif, jadi dengan kata lain terdapat hubungan yang
signifikan antara model pembelajaran Project Based Learning dengan
kreativitas siswa kelas XI di MA Nurul Akbar Pongka. Dan juga model
pembelajaran Project Based Learning memberikan pengaruh yang
signifikan terhadap kreativitas siswa. Hal ini bisa terlihat dari data yang
dibuktikan dengan menggunakan uji regresi dengan model summary b
diperoleh nilai R square sebesar 0.977. Hal ini menunjukkan bahwa
dengan menggunakan model regresi, dimana variabel independen (Project
Based Learning) memiliki hubungan yang positif dengan variabel
dependen (kreativitas siswa) sebesar 97,7%. Sehingga H 0 ditolak dan H 1
diterima. Jadi, dengan kata lain terdapat hubungan yang positif dan
pengaruh yang siginifikan antara model pembelajaran Project Based
Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI di MA Nurul
Akbar Pongka.
2. Penerapan model pembelajaran Project Based Learning memiliki
pengaruh yang signifikan dengan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini
bisa terlihat dari data yang dibuktikan dengan menggunakan perhitungan
rumus Independent Sampel T-test diperoleh nilai signifikansi sebesar
0,000. Karena nilai signifikansinya < 0,05 (0,000 < 0,05) sehingga H 0
ditolak dan H 1 diterima. Jadi, dengan kata lain terdapat pengaruh yang
siginifikan antara model pembelajaran Project Based Learning terhadap
kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI di MA Nurul Akbar Pongka.
3. Penerapan model pembelajaran Project Based Learning memberikan
pengaruh yang signifikan terhadap kreativitas dan kemampuan berpikir
kritis siswa. Hal ini bisa terlihat dari data yang dibuktikan dengan
menggunakan analisis statistik inferensial dengan beberapa uji prasyarat.
Hasil uji prasyarat menunjukkan bahwa data pada penelitian ini
berdistribusi normal, memiliki varian yang sama atau homogen serta
memberikan pengaruh yang signifikan antara X (Project Based Learning)
dengan variabel Y1 (kreativitas siswa) dan variabel Y 2 (kemampuan
berpikir kritis siswa).
B. Saran
Setelah peneliti menguraikan kesimpulan, selanjutnya peneliti akan
menguraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran. Adapun saran-saran
yang peneliti maksud adalah sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada para guru khususnya guru Sejarah Kebudayaan Islam
agar mampu meningkatkan perannya dalam melaksanakan pembelajaran
agar kreativitas dan kemampuan berpikir kritis siswa lebih meningkat.
2. Diharapkan kepada guru Sejarah Kebudayaan Islam di kelas XI MA Nurul
Akbar Pongka agar dapat menerapkan model pembelajaran Project Based
Learning dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang sesuai
dengan materi yang diberikannya sehingga mampu meningkatkan
kreativitas dan kemampuan berpikir kritis siswa.
3. Bagi guru yang ingin menggunakan model pembelajaran Project Based
Learning diharapkan untuk lebih mempersiapkan perangkat pembelajaran
dan media yang baik sehingga siswa lebih berminat dan bersemangat dalam
mengikuti pembelajaran.
Ketersediaan
| STAR20240357 | 357/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
357/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
