Peran Manajemen Perubahan Terhadap Kurikulum Merdeka Belajar di MAN 1 Bone
Andi Reski Permana/862312019087 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai Peran Manajemen Perubahan Terhadap
Kurikulum Merdeka Belajar di MAN 1 BoneAdapun permasalah yang dibahas
yakni 1) Bagaimana manajemen perubahan di MAN 1 Bone, 2) Bagaimana
kurikulum merdeka belajar di MAN 1 Bone. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu field research (penelitian lapangan) dengan melakukan
obserasvasi, wawancara, dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan
menggunakan metode kualitatif untuk mendiskripsikan penelitian tentang Peran
Manajemen Perubahan Terhadap Kurikulum Merdeka Belajar di MAN 1 Bone.
Dalam menganalisis data, penulis menggunakan reduksi data, penyajian data,
verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan
Pertama, dalam manajemen perubahan di MAN 1 Bone ditandai dengan adanya
perubahan dari kurikulum yang lama ke kurikulum merdeka belajar di MAN 1
Bone yang merupakan salah satu madrasah yang diberikan pilotin oleh pemerintah
dan merupakan madrasah pertama dalam penerapan kurikulum merdeka belajar.
Kedua, dalam penerapan kurikulum merdeka belajar tidak lepas dari keterlibatan
semua pihak madrasah dalam menjalankan program merdeka belajar. kepala
madrasah sudah menerapkan kurikulum merdeka belajar pada tahun 2022 serta
telah menjalankan program P5P2RA kurikulum merdeka yakni daur ulang
sampah dan demokrasi (pemilihan kepala desa) yang diperankan para siswa.
Ketiga, peran manajemen perubahan terhadap kurikulum merdeka belajar di MAN
1 Bone terjadi atau dilaksanakan sebelum mempersiapkan stakeholeder yang ada
namun pada saat perubahan terjadi guru-guru mengikuti kegiatan atau seminar
online tentang penerapan kurikulum merdeka belajar serta pihak madrasah telah
memanggil narasumber untuk membawakan materi mengenai kurikulum merdeka
belajar di MAN 1 Bone.
Kurikulum Merdeka Belajar di MAN 1 BoneAdapun permasalah yang dibahas
yakni 1) Bagaimana manajemen perubahan di MAN 1 Bone, 2) Bagaimana
kurikulum merdeka belajar di MAN 1 Bone. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu field research (penelitian lapangan) dengan melakukan
obserasvasi, wawancara, dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan
menggunakan metode kualitatif untuk mendiskripsikan penelitian tentang Peran
Manajemen Perubahan Terhadap Kurikulum Merdeka Belajar di MAN 1 Bone.
Dalam menganalisis data, penulis menggunakan reduksi data, penyajian data,
verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan
Pertama, dalam manajemen perubahan di MAN 1 Bone ditandai dengan adanya
perubahan dari kurikulum yang lama ke kurikulum merdeka belajar di MAN 1
Bone yang merupakan salah satu madrasah yang diberikan pilotin oleh pemerintah
dan merupakan madrasah pertama dalam penerapan kurikulum merdeka belajar.
Kedua, dalam penerapan kurikulum merdeka belajar tidak lepas dari keterlibatan
semua pihak madrasah dalam menjalankan program merdeka belajar. kepala
madrasah sudah menerapkan kurikulum merdeka belajar pada tahun 2022 serta
telah menjalankan program P5P2RA kurikulum merdeka yakni daur ulang
sampah dan demokrasi (pemilihan kepala desa) yang diperankan para siswa.
Ketiga, peran manajemen perubahan terhadap kurikulum merdeka belajar di MAN
1 Bone terjadi atau dilaksanakan sebelum mempersiapkan stakeholeder yang ada
namun pada saat perubahan terjadi guru-guru mengikuti kegiatan atau seminar
online tentang penerapan kurikulum merdeka belajar serta pihak madrasah telah
memanggil narasumber untuk membawakan materi mengenai kurikulum merdeka
belajar di MAN 1 Bone.
Ketersediaan
| STAR20240303 | 303/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
303/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
