Implementasi Manajemen Organisasi Dalam Pelaksanaan Program Kerja Di Smkn 4 Bone
Iyan Yusran/862312019095 - Personal Name
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan
bahwa:
1. Manajemen organisasi di SMKN 4 Bone sudah cukup baik. Berdasarkan hasil
wawancara, observasi, dan dokumentasi terlihat bahwa dalam melaksanakan
kegiatan pengelolaan organisasi dilakukan dengan 4 tahap yaitu tahap
perencanaan, pengorganisasian, penyusunan personalia, dan pengarahan ke
empat tahap tersebut dilaksanakan dengan baik. Pengelolaan manajemen
organisasi sekolah bertumpu sumber daya manusia pada tupoksi masing-
masing penanggung jawab sudah terlaksana. Akan tetapi kenyataan yang
terjadi dilapangan masih ada guru yang masih belum memahami tugas
pokok dan fungsinya (tupoksi) serta kompetensi yang harus dimilikinya,
seperti pengunaan Ilmu teknologi yang masih kurang.
2. Program kerja di SMKN 4 Bone sudah cukup baik. Berdasarkan hasil
wawancara, observasi, dan dokumentasi terlihat bahwa dalam melaksanakan
program kerja disekolah dilakukan dengan menentukan analisis, ide dasar,
subyek sasaran, ukuran keberhasilan,, dan tim pelaksana yang berperan
penting dalam pelaksanaan program kerja bisa dilihat dari kemampuan siswa
berdasarkan jurusan yang diminati sehingga sekolah menciptakan siswa yang
memiliki keahlian dan keterampilan.
3. Manajemen organisasi di SKMN 4 Bone merupakan unsur yang sangat
penting dalam pelaksanaan program kerja demi mencapai tujuan yang
diinginkan. Hal ini disebabkan oleh salah satu unsur untuk terlaksananya
program kerja ditentukan oleh proses manajemen organisasi yang baik.
B. Saran
Sebagai akhir dari penulisan skripsi ini, dengan mendasarkan pada
penelitian yang peneliti lakukan, maka peneliti ingin memberikan saran
yang mungkin dapat menjadi bahan masukan, antara lain sebagai berikut:
1. Baik kepala sekolah maupun wakil kepala sekolah diharapkan mampu
melaksanakan dan mengkoordinir manajemen organisasi secara maksimal
dan terstruktur dengan memperhatikan kendala-kendala yang akan timbul
untuk segera dilakukan perbaikan dan dapat diatasi secara cepat sehingga
sekolah dapat mencapai tujuan dan sasarannya.
2. Diharapkan kepada tenaga pendidik dan tenaga kependidikan
melaksanakan tanggung jawab yang diberikan dan bekerja sama dalam
pelaksanaan program kerja sekolah yang konsisten dan lebih terarah.
3. Diharapkan kepada tenaga pendidik, tenaga kependidikan, maupun kepala
sekolah dan wakilnya memberikan arahan dan pengawasan yang lebih
ketat pada aturan sehingga meminimalisir terjadinya kesalahn dalam
pelaksanaan program kerja.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan
bahwa:
1. Manajemen organisasi di SMKN 4 Bone sudah cukup baik. Berdasarkan hasil
wawancara, observasi, dan dokumentasi terlihat bahwa dalam melaksanakan
kegiatan pengelolaan organisasi dilakukan dengan 4 tahap yaitu tahap
perencanaan, pengorganisasian, penyusunan personalia, dan pengarahan ke
empat tahap tersebut dilaksanakan dengan baik. Pengelolaan manajemen
organisasi sekolah bertumpu sumber daya manusia pada tupoksi masing-
masing penanggung jawab sudah terlaksana. Akan tetapi kenyataan yang
terjadi dilapangan masih ada guru yang masih belum memahami tugas
pokok dan fungsinya (tupoksi) serta kompetensi yang harus dimilikinya,
seperti pengunaan Ilmu teknologi yang masih kurang.
2. Program kerja di SMKN 4 Bone sudah cukup baik. Berdasarkan hasil
wawancara, observasi, dan dokumentasi terlihat bahwa dalam melaksanakan
program kerja disekolah dilakukan dengan menentukan analisis, ide dasar,
subyek sasaran, ukuran keberhasilan,, dan tim pelaksana yang berperan
penting dalam pelaksanaan program kerja bisa dilihat dari kemampuan siswa
berdasarkan jurusan yang diminati sehingga sekolah menciptakan siswa yang
memiliki keahlian dan keterampilan.
3. Manajemen organisasi di SKMN 4 Bone merupakan unsur yang sangat
penting dalam pelaksanaan program kerja demi mencapai tujuan yang
diinginkan. Hal ini disebabkan oleh salah satu unsur untuk terlaksananya
program kerja ditentukan oleh proses manajemen organisasi yang baik.
B. Saran
Sebagai akhir dari penulisan skripsi ini, dengan mendasarkan pada
penelitian yang peneliti lakukan, maka peneliti ingin memberikan saran
yang mungkin dapat menjadi bahan masukan, antara lain sebagai berikut:
1. Baik kepala sekolah maupun wakil kepala sekolah diharapkan mampu
melaksanakan dan mengkoordinir manajemen organisasi secara maksimal
dan terstruktur dengan memperhatikan kendala-kendala yang akan timbul
untuk segera dilakukan perbaikan dan dapat diatasi secara cepat sehingga
sekolah dapat mencapai tujuan dan sasarannya.
2. Diharapkan kepada tenaga pendidik dan tenaga kependidikan
melaksanakan tanggung jawab yang diberikan dan bekerja sama dalam
pelaksanaan program kerja sekolah yang konsisten dan lebih terarah.
3. Diharapkan kepada tenaga pendidik, tenaga kependidikan, maupun kepala
sekolah dan wakilnya memberikan arahan dan pengawasan yang lebih
ketat pada aturan sehingga meminimalisir terjadinya kesalahn dalam
pelaksanaan program kerja.
Ketersediaan
| STAR20240029 | 29/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
29/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
