Pengaruh Kebersihan Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Smp Al-Islam Benteng Tellue Kecamatan Amali Kabupaten Bone
Erviana/02.16.3182 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Kebersihan Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Smp Al-Islam Benteng Tellue Kecamatan Amali. penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Pengaruh Kebersihan Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Smp Al-Islam Benteng Tellue Kecamatan Amali Kabupaten Bone.Untuk memperoleh data dari masalah tersebut, penulis menggunakan metode field research (penelitian lapangan) dengan melakukan observasi, dokumentasi, serta menyebarkan angket. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode kuantitatif dengan mendeskripsikan penelitian tentang gambaran kebersihan kelas, motivasi belajar siswa, dan pengaruh kebersihan kelas terhadap motivasi belajar siswa di SMP Al-Islam Benteng Tellue Kecamatan Amali Kabupaten Bone. Selanjutnya, dalam menganalisis data, penulis melakukan pengujian independensi antara dua faktor dengan menggunakan statistik uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh teori kebersihan kelas di SMP Al-Islam Benteng Tellue adalah cukup baik. Hal ini sesuai dengan hasil analisis jawaban angket yang dibagikan kepada 44 responden mengenai teori kebersihan kelas. Rata-rata dari jawaban responden adalah 58,5. Angka 58,5 berada pada kategori cukup baik (50-58), sedangkan peningkatan mutu pembelajaran peserta didik juga berada pada kategori cukup baik. Hal ini sesuai dengan hasil analisis jawaban angket yang dibagikan kepada 20 responden mengenai peningkatan mutu pembelajaran peserta didik. Ratarata jawaban responden adalah 36,20. Angka 36,20 berada pada kategori cukup baik (40-45).Berdasarkan hasil uji anava Fhitung sebesar 16,0641 > Ftabel3,14673 serta Thitung sebesar 19,452> Ttabel sebesar 3,4975. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kebersihan kelas terhadap motivasi belajar siswa di SMP Al-Islam Benteng Telue Kecamatan Amali Kabupaten Bone.
A.Simpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab sebelumnya, penulis dapat memberikan simpulan sebagai berikut:
1. Pengaruh kebersihan kelas di SMP Al-Islam Benteng Tellue dikatakan baik karena ratarata tanggapan angket dari para responden diperoleh nilai sebesar 58,5. Angka 58,5 berada pada kategori cukup baik, yaitu terletak pada interval antara 51-55.
2. Motivasi belajar siswa di SMP Al-Islam Benteng Tellue dikatakan baik karena rata-rata tanggapan angket dari para responden diperoleh nilai sebesar 36,20. Angka 36,20 berada pada kategori cukup baik, yaitu pada interval antara 40-45.
3.Berdasarkan hasil analisis secara deskriptif dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kebersihan kelas (variabel X) terhadap peningkatan motivasi belajar siswa (variabel Y) dengan kuat hubungan antara dua variabel sebesar 0,0015. Dari nilai Rxy yang diperoleh sebanyak 0,2977, kemudian dari uji anava nilai Fhitung sebesar 5,037 > Ftabel sebesar 4,413873. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara teori kebersihan kelas terhadap motivasi belajar siswa di SMP Al-Islam Benteng Tellue.
B.Impliksi
Setelah mengadakan penelitian mengenai pengaruh kebersihan kelas terhadap motivasi belajar siswa di SMP Al-Islam Benteng Tellue, maka saran yang penulis akan sampaikan adalah sebagai berikut :
1. Berdasarkan hasil penelitian pengaruh kebersihan kelas terhadap motivasi belajar siswa di SMP Al-Islam Benteng Tellue. Jadi di harakan pada peserta didik dan tenaga pendidikan akan lebih membersihkan kelas atau ruangannya agar lebih bagus agar terhindar dari berbagai macam penyakit serta peserta didik juga lebih semangat dalam melakukan proses belajar mengajar.
2. Bagi penelitian selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan rujukan untuk melakukan penelitian-penelitian selanjutnya, khususnya penelitian-penelitian yang berkaitan dengan teori kebersihan kelas terhadap motivasi belajar siswa.
A.Simpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab sebelumnya, penulis dapat memberikan simpulan sebagai berikut:
1. Pengaruh kebersihan kelas di SMP Al-Islam Benteng Tellue dikatakan baik karena ratarata tanggapan angket dari para responden diperoleh nilai sebesar 58,5. Angka 58,5 berada pada kategori cukup baik, yaitu terletak pada interval antara 51-55.
2. Motivasi belajar siswa di SMP Al-Islam Benteng Tellue dikatakan baik karena rata-rata tanggapan angket dari para responden diperoleh nilai sebesar 36,20. Angka 36,20 berada pada kategori cukup baik, yaitu pada interval antara 40-45.
3.Berdasarkan hasil analisis secara deskriptif dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kebersihan kelas (variabel X) terhadap peningkatan motivasi belajar siswa (variabel Y) dengan kuat hubungan antara dua variabel sebesar 0,0015. Dari nilai Rxy yang diperoleh sebanyak 0,2977, kemudian dari uji anava nilai Fhitung sebesar 5,037 > Ftabel sebesar 4,413873. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara teori kebersihan kelas terhadap motivasi belajar siswa di SMP Al-Islam Benteng Tellue.
B.Impliksi
Setelah mengadakan penelitian mengenai pengaruh kebersihan kelas terhadap motivasi belajar siswa di SMP Al-Islam Benteng Tellue, maka saran yang penulis akan sampaikan adalah sebagai berikut :
1. Berdasarkan hasil penelitian pengaruh kebersihan kelas terhadap motivasi belajar siswa di SMP Al-Islam Benteng Tellue. Jadi di harakan pada peserta didik dan tenaga pendidikan akan lebih membersihkan kelas atau ruangannya agar lebih bagus agar terhindar dari berbagai macam penyakit serta peserta didik juga lebih semangat dalam melakukan proses belajar mengajar.
2. Bagi penelitian selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan rujukan untuk melakukan penelitian-penelitian selanjutnya, khususnya penelitian-penelitian yang berkaitan dengan teori kebersihan kelas terhadap motivasi belajar siswa.
Ketersediaan
| STAR20220211 | 211.2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
211.2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
