Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Thinl Pair Share dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII Di MTS Yapit Taretta
Ratnasari/862082020114 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang penerapan model pembelajaran kooperatif
tipe think pair share dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII di MTs
Yapit Taretta. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan
prestasi belajar siswa sebelum dan setelah penerapan penggunaan model
pembelajaran kooperatif tipe think pair share serta perbedaan prestasi belajar
siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share
dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional.
Penelitian ini merupakan penelitian Quasi-eksperimen dengan desain
penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini
adalah seluruh peserta didik di MTs Yapit Taretta dengan jumlah populasi
sebanyak 150 peserta didik dan sampelnya adalah kelas VIII dengan jumlah
sampel sebanyak 50 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan
adalah Purposive Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes
untuk mengukur prestasi kognitif siswa dan angket untuk mengukur prestasi
afektif siswa. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini
yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest
prestasi kognitif untuk kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah 44,87 dan
65,85. Nilai rata-rata posttest untuk kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah
51,65 dan 77,78. Adapun nilai rata-rata pretest prestasi afektif untuk kelas
kontrol dan kelas eksperimen adalah 43,04 dan 40,81. Nilai rata-rata posttest
untuk kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah 43,96 dan 68,22. Ini
menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa yang diberi perlakuan dengan
menggunakan model pembelajan kooperatif tipe think pair share lebih tinggi dari
pada prestasi belajar siswa yang tidak diberi perlakuan dengan menggunakan
model pembelajan kooperatif tipe think pair share pada proses belajar mengajar.
Untuk analisis infrensial uji hipotesis dengan menggunakan uji independent
sample t-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000
tipe think pair share dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII di MTs
Yapit Taretta. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan
prestasi belajar siswa sebelum dan setelah penerapan penggunaan model
pembelajaran kooperatif tipe think pair share serta perbedaan prestasi belajar
siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share
dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional.
Penelitian ini merupakan penelitian Quasi-eksperimen dengan desain
penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini
adalah seluruh peserta didik di MTs Yapit Taretta dengan jumlah populasi
sebanyak 150 peserta didik dan sampelnya adalah kelas VIII dengan jumlah
sampel sebanyak 50 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan
adalah Purposive Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes
untuk mengukur prestasi kognitif siswa dan angket untuk mengukur prestasi
afektif siswa. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini
yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest
prestasi kognitif untuk kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah 44,87 dan
65,85. Nilai rata-rata posttest untuk kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah
51,65 dan 77,78. Adapun nilai rata-rata pretest prestasi afektif untuk kelas
kontrol dan kelas eksperimen adalah 43,04 dan 40,81. Nilai rata-rata posttest
untuk kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah 43,96 dan 68,22. Ini
menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa yang diberi perlakuan dengan
menggunakan model pembelajan kooperatif tipe think pair share lebih tinggi dari
pada prestasi belajar siswa yang tidak diberi perlakuan dengan menggunakan
model pembelajan kooperatif tipe think pair share pada proses belajar mengajar.
Untuk analisis infrensial uji hipotesis dengan menggunakan uji independent
sample t-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000
Ketersediaan
| STAR20240379 | 379/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
379/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
