Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Dalam Meningkatkan motivasi Belajar Siswa Pada Mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas X MA Al-Hidayah Bakke Kabupaten Bone.
Apriliana/862082020125 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Penerapan Model Pembelajaran Snowball
Throwing Dalam Meningkatkan motivasi Belajar Siswa Pada Mata pelajaran
Akidah Akhlak Kelas X MA Al-Hidayah Bakke Kabupaten Bone. Hal yang
penting dikaji dalam skripsi ini yaitu penerapan model pembelajaran snowball
throwing terhadap mata pelajaran akidah akhlak di MA Al-Hidayah Bakke,
motivasi belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran snowball throwing
terhadap mata pelajaran akidah akhlak kelas X MA Al-Hidayah Bakke dan
motivasi belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran snowball throwing
terhadap mata pelajaran akidah akhlak kelas X MA Al-Hidayah Bakke.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis mengumpulkan
data dengan Wawancara, observasi dan Kuesioner (angket) yaitu suatu metode
yang digunakan dengan jalan mendatangi lokasi penelitian dan mengadakan
pengamatan langsung terhadap objek yang diteliti. Jenis penelitian yang dilakukan
yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan pedagogis dan
psikologis.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata motivasi belajar
siswa pada pre-test sebesar 53,88% yang tergolong pada kategori rendah.
Sedangkan untuk nilai post-test diperoleh nilai rata-rata sebesar 81,04% yang
tergolong pada kategori tinggi. Untuk analisis uji hipotesis dengan menggunakan
uji paired samples t-test diperoleh nilai t hitung = 13,05 dan t tabel = 2,06. Berdasarkan
hasil tersebut maka dapat dikatakan bahwa H 0 ditolak dan H a diterima yaitu
terdapat peningkatan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diajar
menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing pada kelas X MA Al-
Hidayah Bakke Kabupaten Bone.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dan diperoleh dari
analisis data dan pengujian hipotesis yang telah peneliti uraikan dalam bab III
mengenai Penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak
kelas X MA Al-Hidayah Bakke Kabupaten Bone. Maka di peroleh
kesimpulan.
1. Penerapan model pembelajaran snowball throwing pada mata pelajaran
Akidah Akhlak kelas X MA Al-Hidayah Bakke diawali tahap persiapan
dan instruksi, tindakan dramatik dan diskusi serta evaluasi bermain peran.
Ada beberapa hal yang mendapatkan 1 poin dalam observasi yang
dilakukan peneliti. Hal tersebut menunjukkan bahwa motivasi belajar
siswa masih sangat kurang jika guru hanya menggunakan metode
konvensional (ceramah) saja. Sedangkan hasil observasi yang didapatkan
oleh peneliti setelah menggunakan model pembelajaran Snowball throwing
pada pembelajaran Akidah Akhlak meningkat dibandingkan sebelum
penggunaan model pembelajaran Snowball throwing. penerapan model
pembelajaran snowball throwing telah dilaksanakan dengan baik,
meskipun ada beberapa siswa yang masih canggung dalam memainkan
perannya, namun mereka mampu memahami materi pembelajaran dengan
menggunakan model pembelajaran Snowball throwing
2. Hasil pre-test motivasi belajar siswa dari menerima materi hanya dengan
metode konvensional (ceramah) saja diperoleh nilai tertinggi 57-60 hanya
diperoleh oleh 8 siswa saja (33%), yang memperoleh nilai 52-55 sebanyak
11 siswa (45%), sedangkan nilai terendah yaitu nilai 45-50 sebanyak 5
siswa (20%), yang bahwa dalam penggunaaan metode konvensional
(ceramah) atau sebelum penggunaan model pembelajaran snowball
throwing hasilnya motivasi belajar siswa pada pembelajaran Akidah
Akhlak sangat rendah.
3. Setelah penerapan model pembelajaran Snowball throwing yaitu nilai
Throwing Dalam Meningkatkan motivasi Belajar Siswa Pada Mata pelajaran
Akidah Akhlak Kelas X MA Al-Hidayah Bakke Kabupaten Bone. Hal yang
penting dikaji dalam skripsi ini yaitu penerapan model pembelajaran snowball
throwing terhadap mata pelajaran akidah akhlak di MA Al-Hidayah Bakke,
motivasi belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran snowball throwing
terhadap mata pelajaran akidah akhlak kelas X MA Al-Hidayah Bakke dan
motivasi belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran snowball throwing
terhadap mata pelajaran akidah akhlak kelas X MA Al-Hidayah Bakke.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis mengumpulkan
data dengan Wawancara, observasi dan Kuesioner (angket) yaitu suatu metode
yang digunakan dengan jalan mendatangi lokasi penelitian dan mengadakan
pengamatan langsung terhadap objek yang diteliti. Jenis penelitian yang dilakukan
yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan pedagogis dan
psikologis.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata motivasi belajar
siswa pada pre-test sebesar 53,88% yang tergolong pada kategori rendah.
Sedangkan untuk nilai post-test diperoleh nilai rata-rata sebesar 81,04% yang
tergolong pada kategori tinggi. Untuk analisis uji hipotesis dengan menggunakan
uji paired samples t-test diperoleh nilai t hitung = 13,05 dan t tabel = 2,06. Berdasarkan
hasil tersebut maka dapat dikatakan bahwa H 0 ditolak dan H a diterima yaitu
terdapat peningkatan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diajar
menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing pada kelas X MA Al-
Hidayah Bakke Kabupaten Bone.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dan diperoleh dari
analisis data dan pengujian hipotesis yang telah peneliti uraikan dalam bab III
mengenai Penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak
kelas X MA Al-Hidayah Bakke Kabupaten Bone. Maka di peroleh
kesimpulan.
1. Penerapan model pembelajaran snowball throwing pada mata pelajaran
Akidah Akhlak kelas X MA Al-Hidayah Bakke diawali tahap persiapan
dan instruksi, tindakan dramatik dan diskusi serta evaluasi bermain peran.
Ada beberapa hal yang mendapatkan 1 poin dalam observasi yang
dilakukan peneliti. Hal tersebut menunjukkan bahwa motivasi belajar
siswa masih sangat kurang jika guru hanya menggunakan metode
konvensional (ceramah) saja. Sedangkan hasil observasi yang didapatkan
oleh peneliti setelah menggunakan model pembelajaran Snowball throwing
pada pembelajaran Akidah Akhlak meningkat dibandingkan sebelum
penggunaan model pembelajaran Snowball throwing. penerapan model
pembelajaran snowball throwing telah dilaksanakan dengan baik,
meskipun ada beberapa siswa yang masih canggung dalam memainkan
perannya, namun mereka mampu memahami materi pembelajaran dengan
menggunakan model pembelajaran Snowball throwing
2. Hasil pre-test motivasi belajar siswa dari menerima materi hanya dengan
metode konvensional (ceramah) saja diperoleh nilai tertinggi 57-60 hanya
diperoleh oleh 8 siswa saja (33%), yang memperoleh nilai 52-55 sebanyak
11 siswa (45%), sedangkan nilai terendah yaitu nilai 45-50 sebanyak 5
siswa (20%), yang bahwa dalam penggunaaan metode konvensional
(ceramah) atau sebelum penggunaan model pembelajaran snowball
throwing hasilnya motivasi belajar siswa pada pembelajaran Akidah
Akhlak sangat rendah.
3. Setelah penerapan model pembelajaran Snowball throwing yaitu nilai
Ketersediaan
| STAR20240374 | 374/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
374/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
