Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Kepedulian Sosial, Toleransi, Adil Dan Jujur Pada Buku Ajar Al-Quran Hadist MA Kelas XII
Miftahul Khairah/862082020127 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter
kepedulian sosial, toleransi, adil dan jujur pada buku ajar Al-Qur‟an Hadis MA
Kelas XII serta untuk mengetahui bagaimana bentuk pengamalanya. Metode
penelitian yang digunakan yaitu penelitian studi kepustakaan (library research),
dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data
yaitu membaca, mencatat dan menelaah hasil temuan yang terdapat dalam buku
ajar Al-Qur‟an Hadis MA Kelas XII. Instrumen pengumpulan data yang
digunakan pada penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis
data dalam penelitian ini menggunakan analisis isi (content analysis) dengan
menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam buku ajar Al-
Qur‟an Hadis MA Kelas XII khususnya nilai-nilai pendidikan karakter tentang
kepedulian sosial, toleransi, adil dan jujur. Berdasarkan analisis yang telah
dilakukan pada buku ajar Al-Qur‟an Hadis MA Kelas XII, ditemukan nilai
karakter sebanyak 11 nilai yang terdiri dari nilai pendidikan karakter kepedulian
sosial yang muncul sebanyak 5 kali, nilai pendidikan karakter toleransi sebanyak
2 kali, nilai pendidikan karakter Adil muncul sebanyak 3 kali, dan nilai
pendidikan karakter jujur muncul 1 kali.
A. Kesimpulan
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan pada buku ajar Al-Qur‟an Hadis
MA kelas XII, ditemukan nilai pendidikan karakter sebanyak 11, yang terdiri dari
nilai pendidikan karakter kepedulian sosial yang muncul sebanyak 5 kali yaitu di
dalam Qs. Al-Isra (17) ayat 26-30, Qs Al-Qashash (28) ayat 79-82, Qs. Al-Ma‟un
(107) 1-7, Hadis Riwayat Bukhari (No. 1427) dan Qs. Asy-Syu‟ara (26) Ayat
214-216 Nilai pendidikan karakter toleransi sebanyak 2 kali yaitu di dalam Qs.
Ali-Imran (5) ayat 159 dan Qs. As-Syura (42) Ayat 38. Nilai pendidikan karakter
Adil muncul sebanyak 3 kali yaitu di dalam Qs. Al-Maidah (5) Ayat 8-10, Qs.
An-Nahl (16) Ayat 90-92 dan Qs. An-Nisa (4) Ayat 105. Sementara nilai
pendidikan karakter jujur muncul hanya 1 kali yaitu di dalam sebuah hadis
riwayat Bukhari (No.6094).
Bentuk-bentuk pengamalan nilai pendidikan karakter yang terdapat pada
buku ajar Al-Qur‟an Hadis MA kelas XII diantaranya yaitu:
1. Keadilan sosial: Menunjukkan sikap dan perilaku peduli terhadap
kepentingan umum diatas kepentingan pribadi.
2. Toleransi: Akomodatif terhadap keberagaman kultur (mengakomodasi
keberagaman suku, ras. Agama, tradisi, etnik, bahasa, warna kulit, dan
sebagainya).
3. Adil: Melakukan tindakan untuk memutuskan sesuatu sesuai aturan.
4. Jujur: Mengatakan sesuatu yang benar walaupun pahit.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini peneliti
akan uraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skripsi
ini adalah sebagai berikut :
1. Bagi peneliti, diharapkan peneliti dapat memilih sumber belajar yang
sesuai dengan siswa, khususnya sumber belajar yang dapat menanamkan
nilai-nilai karakter dalam diri siswa.
2. Bagi guru, hendaknya guru perlu membaca secara lengkap setiap akan
menggunakan buku siswa, khususnya pada bagian nilai-nilai karakter yang
akan dikembangkan, agar kegiatan yang diberikan kepada siswa benar-
benar mengembangkan nilai-nilai karakter sesuai dengan fokus karakter
yang akan dikembangkan.
3. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat mengintegrasikan nilai-nilai
karakter pada tema-tema yang lain, sehingga nilai-nilai karakter yang akan
dikembangkan dapat teridentifikasi secara jelas .
kepedulian sosial, toleransi, adil dan jujur pada buku ajar Al-Qur‟an Hadis MA
Kelas XII serta untuk mengetahui bagaimana bentuk pengamalanya. Metode
penelitian yang digunakan yaitu penelitian studi kepustakaan (library research),
dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data
yaitu membaca, mencatat dan menelaah hasil temuan yang terdapat dalam buku
ajar Al-Qur‟an Hadis MA Kelas XII. Instrumen pengumpulan data yang
digunakan pada penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis
data dalam penelitian ini menggunakan analisis isi (content analysis) dengan
menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam buku ajar Al-
Qur‟an Hadis MA Kelas XII khususnya nilai-nilai pendidikan karakter tentang
kepedulian sosial, toleransi, adil dan jujur. Berdasarkan analisis yang telah
dilakukan pada buku ajar Al-Qur‟an Hadis MA Kelas XII, ditemukan nilai
karakter sebanyak 11 nilai yang terdiri dari nilai pendidikan karakter kepedulian
sosial yang muncul sebanyak 5 kali, nilai pendidikan karakter toleransi sebanyak
2 kali, nilai pendidikan karakter Adil muncul sebanyak 3 kali, dan nilai
pendidikan karakter jujur muncul 1 kali.
A. Kesimpulan
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan pada buku ajar Al-Qur‟an Hadis
MA kelas XII, ditemukan nilai pendidikan karakter sebanyak 11, yang terdiri dari
nilai pendidikan karakter kepedulian sosial yang muncul sebanyak 5 kali yaitu di
dalam Qs. Al-Isra (17) ayat 26-30, Qs Al-Qashash (28) ayat 79-82, Qs. Al-Ma‟un
(107) 1-7, Hadis Riwayat Bukhari (No. 1427) dan Qs. Asy-Syu‟ara (26) Ayat
214-216 Nilai pendidikan karakter toleransi sebanyak 2 kali yaitu di dalam Qs.
Ali-Imran (5) ayat 159 dan Qs. As-Syura (42) Ayat 38. Nilai pendidikan karakter
Adil muncul sebanyak 3 kali yaitu di dalam Qs. Al-Maidah (5) Ayat 8-10, Qs.
An-Nahl (16) Ayat 90-92 dan Qs. An-Nisa (4) Ayat 105. Sementara nilai
pendidikan karakter jujur muncul hanya 1 kali yaitu di dalam sebuah hadis
riwayat Bukhari (No.6094).
Bentuk-bentuk pengamalan nilai pendidikan karakter yang terdapat pada
buku ajar Al-Qur‟an Hadis MA kelas XII diantaranya yaitu:
1. Keadilan sosial: Menunjukkan sikap dan perilaku peduli terhadap
kepentingan umum diatas kepentingan pribadi.
2. Toleransi: Akomodatif terhadap keberagaman kultur (mengakomodasi
keberagaman suku, ras. Agama, tradisi, etnik, bahasa, warna kulit, dan
sebagainya).
3. Adil: Melakukan tindakan untuk memutuskan sesuatu sesuai aturan.
4. Jujur: Mengatakan sesuatu yang benar walaupun pahit.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini peneliti
akan uraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skripsi
ini adalah sebagai berikut :
1. Bagi peneliti, diharapkan peneliti dapat memilih sumber belajar yang
sesuai dengan siswa, khususnya sumber belajar yang dapat menanamkan
nilai-nilai karakter dalam diri siswa.
2. Bagi guru, hendaknya guru perlu membaca secara lengkap setiap akan
menggunakan buku siswa, khususnya pada bagian nilai-nilai karakter yang
akan dikembangkan, agar kegiatan yang diberikan kepada siswa benar-
benar mengembangkan nilai-nilai karakter sesuai dengan fokus karakter
yang akan dikembangkan.
3. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat mengintegrasikan nilai-nilai
karakter pada tema-tema yang lain, sehingga nilai-nilai karakter yang akan
dikembangkan dapat teridentifikasi secara jelas .
Ketersediaan
| STAR20240042 | 42/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
42/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
