Peran ICE BREAKING Jenis Games Terhadap Semangat Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI Kelas VIII A SMPN Satap 5 Palakka
ELA KASRINA/862082020115 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang pelaksanaan ice breaking jenis games terhadap
semangat belajar siswa pada mata Pelajaran PAI kelas VIII A SMPN SATAP 5
Palakka. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui
bagaiamana pelaksanaan ice breaking jenis games mata pelajaran PAI dan dampak
pelaksanaan ice breaking jenis games terhadap semangat belajar siswa pada mata
Pelajaran PAI kelas VIII A SMPN SATAP 5 Palakka. Dalam penelitian ini penulis
menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan paedagogik
dan pendekatan psikologis. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan
observasi, wawancara dan dokumentasi. Data diperoleh dan dianalisis dengan
menggunakan olah data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian dalam skripsi ini menunjukkan bahwa pelaksanaan ice
breaking jenis games pada mata pelajaran PAI kelas VIII A di SMPN SATAP 5
Palakka berjalan dengan baik dan sesuai dengan prinsip penggunaan ice breaking
yakni berjalan dengan efektif, dapat memotivasi siswa, singkron dengan materi
pelajaran, tepat situasi, dan tidak berlebihan. Pelaksanaanya dapat terencana ataupun
dilakukan secara spontan dengan melihat situasi dan kondisi siswa, kemudian dampak
dari pelaksanaan ice breaking jenis games terhadap semangat belajar yakni siswa lebih
fokus dan antusias untuk menerima materi pelajaran, siswa lebih bersemangat dalam
belajar, suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan membuat siswa nyaman
dalam proses pembelajaran, dan guru mudah dalam menyampaikan materi pelajaran.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian ini maka peneliti dapat membuat kesimpulan
sebagai berikut:
1. Pelaksanaan ice breaking jenis games pada mata pelajaran PAI kelas VIII
A di SMPN SATAP 5 Palakka berjalan sesuai dengan prinsip penggunaan
ice breaking yakni berjalan dengan efektif, dapat memotivasi siswa,
singkron dengan materi pelajaran, tepat situasi, dan tidak berlebihan.
Pelaksanaannya dapat terencana ataupun dilakukan secara spontan dengan
melihat situasi dan kondisi siswa.
2. Dampak pelaksanaan ice breaking jenis games terhadap semangat belajar
yakni siswa lebih fokus dan antusias untuk menerima materi pelajaran,
siswa lebih bersemangat dalam belajar, suasana belajar yang kondusif dan
menyenangkan membuat siswa nyaman dalam proses pembelajaran, serta
guru mudah dalam menyampaikan materi pelajaran.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian ini maka peneliti dapat memberikan saran se-
bagai berikut:
1. Bagi Guru
Diharapkan bagi guru PAI untuk terus melakukan updating teknik
ice breaking utamanya jenis games dan terus melaksanakannya secara
berkala dan mengembangkan kreatifitas pelaksanaan kegiatan ice breaking
karena teknik ice breaking dapat dijadikan sebagai alternatif pilihan dalam
meningkatkan semangat belajar siswa.
2. Bagi Siswa
Diharapkan bagi siswa kelas VIII A SMPN SATAP 5 Palakka un-
tuk terus mempertahankan semangat belajarnya. Tidak hanya pada mata
pelajaran PAI namun pada semua mata pelajaran yang diampuh di sekolah.
semangat belajar siswa pada mata Pelajaran PAI kelas VIII A SMPN SATAP 5
Palakka. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui
bagaiamana pelaksanaan ice breaking jenis games mata pelajaran PAI dan dampak
pelaksanaan ice breaking jenis games terhadap semangat belajar siswa pada mata
Pelajaran PAI kelas VIII A SMPN SATAP 5 Palakka. Dalam penelitian ini penulis
menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan paedagogik
dan pendekatan psikologis. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan
observasi, wawancara dan dokumentasi. Data diperoleh dan dianalisis dengan
menggunakan olah data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian dalam skripsi ini menunjukkan bahwa pelaksanaan ice
breaking jenis games pada mata pelajaran PAI kelas VIII A di SMPN SATAP 5
Palakka berjalan dengan baik dan sesuai dengan prinsip penggunaan ice breaking
yakni berjalan dengan efektif, dapat memotivasi siswa, singkron dengan materi
pelajaran, tepat situasi, dan tidak berlebihan. Pelaksanaanya dapat terencana ataupun
dilakukan secara spontan dengan melihat situasi dan kondisi siswa, kemudian dampak
dari pelaksanaan ice breaking jenis games terhadap semangat belajar yakni siswa lebih
fokus dan antusias untuk menerima materi pelajaran, siswa lebih bersemangat dalam
belajar, suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan membuat siswa nyaman
dalam proses pembelajaran, dan guru mudah dalam menyampaikan materi pelajaran.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian ini maka peneliti dapat membuat kesimpulan
sebagai berikut:
1. Pelaksanaan ice breaking jenis games pada mata pelajaran PAI kelas VIII
A di SMPN SATAP 5 Palakka berjalan sesuai dengan prinsip penggunaan
ice breaking yakni berjalan dengan efektif, dapat memotivasi siswa,
singkron dengan materi pelajaran, tepat situasi, dan tidak berlebihan.
Pelaksanaannya dapat terencana ataupun dilakukan secara spontan dengan
melihat situasi dan kondisi siswa.
2. Dampak pelaksanaan ice breaking jenis games terhadap semangat belajar
yakni siswa lebih fokus dan antusias untuk menerima materi pelajaran,
siswa lebih bersemangat dalam belajar, suasana belajar yang kondusif dan
menyenangkan membuat siswa nyaman dalam proses pembelajaran, serta
guru mudah dalam menyampaikan materi pelajaran.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian ini maka peneliti dapat memberikan saran se-
bagai berikut:
1. Bagi Guru
Diharapkan bagi guru PAI untuk terus melakukan updating teknik
ice breaking utamanya jenis games dan terus melaksanakannya secara
berkala dan mengembangkan kreatifitas pelaksanaan kegiatan ice breaking
karena teknik ice breaking dapat dijadikan sebagai alternatif pilihan dalam
meningkatkan semangat belajar siswa.
2. Bagi Siswa
Diharapkan bagi siswa kelas VIII A SMPN SATAP 5 Palakka un-
tuk terus mempertahankan semangat belajarnya. Tidak hanya pada mata
pelajaran PAI namun pada semua mata pelajaran yang diampuh di sekolah.
Ketersediaan
| STAR20240052 | 52/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
52/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
