Efektivitas Penggunaan Media Scrapbook dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Syamsu Rasyidi Majang Kabupaten Bone
Ismail/862322019089 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang efektivitas penggunaan media scrapbook dalam
meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran tematik Kelas II Madrasah
Ibtidaiyah Syamsu Rasyidi Majang Kabupaten Bone. Adapun tujuan penelitian ini
yakni untuk mengetahui keaktifan belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan
media scrapbook pada Pembelajaran Tematik Kelas II Tema Hewan Peliharaanku di
Madrasah Ibtidaiyah Syamsu Rasyidi Majang Kabupaten Bone serta keefektifan
penggunaan media scrapbook dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada
pembelajaran tematik Kelas II Tema Hewan Peliharaanku di Madrasah Ibtidaiyah
Syamsu Rasyidi Majang Kabupaten Bone.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pre-eksperiment one group
pre-test-posttest. Pendekatan yang digunakan yakni pendekatan pedagogik. Populasi
dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Syamsu
Rasyidi Majang Kabupaten Bone yang berjumlah 25 orang. Jenis sampel yang
digunakan adalah sampel jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 25 siswa. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes unjuk kerja dan dokumentasi. Analisis data yang
digunakan yakni deksriptif kuantitatif dan analisis inferensial dengan bantuan aplikasi
IBM SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa sebelum
penggunaan media scrapbook pada pembelajaran tematik kelas II Tema Hewan
Peliharaanku di Madrasah Ibtidaiyah Syamsu Rasyidi Majang Kabupaten Bone yaitu
dengan rata-rata 26.60 dan sesudah penggunaan media scrapbook yaitu sebesar 62.24
yang berarti adanya peningkatan nilai rata-rata keaktifan belajar siswa. Dari hasil uji
paired sampel t-test diperoleh nilai signifikansi 0.000
meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran tematik Kelas II Madrasah
Ibtidaiyah Syamsu Rasyidi Majang Kabupaten Bone. Adapun tujuan penelitian ini
yakni untuk mengetahui keaktifan belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan
media scrapbook pada Pembelajaran Tematik Kelas II Tema Hewan Peliharaanku di
Madrasah Ibtidaiyah Syamsu Rasyidi Majang Kabupaten Bone serta keefektifan
penggunaan media scrapbook dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada
pembelajaran tematik Kelas II Tema Hewan Peliharaanku di Madrasah Ibtidaiyah
Syamsu Rasyidi Majang Kabupaten Bone.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pre-eksperiment one group
pre-test-posttest. Pendekatan yang digunakan yakni pendekatan pedagogik. Populasi
dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Syamsu
Rasyidi Majang Kabupaten Bone yang berjumlah 25 orang. Jenis sampel yang
digunakan adalah sampel jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 25 siswa. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes unjuk kerja dan dokumentasi. Analisis data yang
digunakan yakni deksriptif kuantitatif dan analisis inferensial dengan bantuan aplikasi
IBM SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa sebelum
penggunaan media scrapbook pada pembelajaran tematik kelas II Tema Hewan
Peliharaanku di Madrasah Ibtidaiyah Syamsu Rasyidi Majang Kabupaten Bone yaitu
dengan rata-rata 26.60 dan sesudah penggunaan media scrapbook yaitu sebesar 62.24
yang berarti adanya peningkatan nilai rata-rata keaktifan belajar siswa. Dari hasil uji
paired sampel t-test diperoleh nilai signifikansi 0.000
Ketersediaan
| STAR20240083 | 83/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
83/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
