Strategi Komunikasi Mitra Msi Dalam Mempromosikan Produknya Di Situs Jejaring Sosial

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang Strategi Komunikasi Mitra MSI dalam
Mempromosikan Produknya di Situs Jejaring Sosial. Pokok permasalahannya adalah
untuk mengetahui strategi komunikasi Mitra MSI dalam mempromosikan produknya
di situs jejaring sosial, untuk mengetahui hambatan komunikasi mitra MSI dalam
mempromosikan produknya di situs jejaring sosial dan untuk mengetahui solusi
komunikasi Mitra MSI dalam mempromosikan produknya di situs jejaring sosial.
Jenis penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif, dalam bentuk lapangan (field
research) dan lokasi penelitian bertempat di Kantor Perwakilan Operasional (KPO)
MSI Bone 2 di Jl. Lapawawoi Kr. Sigeri, Kabupaten Bone dengan menggunakan
pendekatan manajemen komunikasi. Data-data dalam penelitian ini bersumber dari
data primer dan sekunder. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik
random sampling, sedangkan dalam pengumpulan data menggunakan metode
observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh peneliti di lapangan
akan diolah dan dianalisis untuk mendapatkan kesimpulan.
Hasil penelitian strategi komunikasi Mitra MSI dalam mempromosikan produknya di
situs jejaring sosial yaitu menerapkan strategi komunikasi efektif, menunjukkan
bahwa: 1) Perencanaan dan implementasi strategi komunikasi Mitra MSI dalam
mempromosikan produknya di situs jejaring social, 2) Strategi pesan Mitra MSI
dalam mempromosikan produknya di situs jejaring sosial yaitu (a) Isi informasi
pesan, dan (b) bentuk kreatif pesan. 3) Strategi media yaitu Mitra MSI menggunakan
media baru dan situs jejaring sosial WhatsApp, Instagram, Facebook, dan TikTok
sebagai media promosi produk. Adapun hambatan komunikasi Mitra MSI dalam
mempromosikan produknya di situs jejaring sosial yaitu: 1) hambatan komunikasi
teknis, 2) hambatan komunikasi semantik, dan 3) hambatan komunikasi manusiawi.
Solusi komunikasi Mitra MSI yaitu melakukan komunikasi yang efektif secara
keseluruhan dengan memerlukan suasana psikologis yang positif dan penuh dengan
kepercayaan, rutin mempersiapkan, memperhatikan konten dan jejaring sosial yang
tepat untuk mempromosikan produk MSI serta membangun hubungan komunikasi
yang baik antara sesama Mitra MSI dan konsumen.
Peneliti mengharapkan Mitra MSI agar lebih meningkatkan strategi komunikasi
efektif dalam melakukan promosi produk dan mengharapkan Mitra MSI agar lebih
memahami dengan cermat hambatan komunikasi yang ada selama melakukan
kegiatan promosi agar mencapai tujuan yang diinginkan.
A. Simpulan
Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik beberapa kesimpulan
diantaranya:
1. Strategi komunikasi Mitra MSI dalam mempromosikan produknya di situs
jejaring sosial yaitu menerapkan strategi komunikasi yang efektif. Mitra MSI
melakukan:
a) Perencanaan dan implementasi strategi komunikasi Mitra MSI dalam
mempromosikan produknya di situs jejaring sosial.
b) Strategi pesan Mitra MSI mengenai isi informasi dan bentuk kreatif pesan.
c) Strategi media yaitu Mitra MSI menggunakan media baru dan situs
jejaring sosial WhatsApp, Instagram, Facebook, dan TikTok. Situs jejaring
sosial tersebut dimanfaatkan sebagai sarana media promosi produk.
2. Hambatan komunikasi Mitra MSI dalam mempromosikan produknya di situs
jejaring sosial yaitu (a) Hambatan komunikasi teknis yakni hambatan
manajemen waktu dan hambatan teknologi internet sehingga Mitra MSI
kurang efektif dalam menggunakan situs jejaring sosial mereka dalam
mempromosikan produk MSI dan juga hambatan lingkungan yang masih
dalam keadaan Covid_19 sehingga membuat semua itu mempengaruhi
pemasaran produk MSI. (b) Hambatan komunikasi semantik yaitu Mitra MSI
merasa Audiens-nya masih sulit memahami tentang informasi yang
disampaikan disebabkan yang dapat menimbulkan misscommunicatin diantara
mereka. (c) Hambatan komunikasi manusiawi yakni hambatan perbedaan
usia, latarbelakang dan pengalaman tim dan konsumen dapat menimbulkan
permasalahan perbedaan pendapat. Selain itu permasalahan konsumen yang
berbeda-beda serta minimnya pemahaman konsumen mengenai produk MSI.
3. Solusi komunikasi Mitra MSI dalam mempromosikan produknya di situs
jejaring sosial yaitu Mitra MSI melakukan komunikasi yang efektif secara
keseluruhan dengan memerlukan suasana psikologis yang positif dan penuh
dengan kepercayaan. Selain itu juga, tindakan mendorong atau memotivasi
konsumen untuk melakukan tindakan yang mereka inginkan. Mitra MSI rutin
mempersiapkan, memperhatikan konten dan jejaring sosial mana yang tepat
untuk mempromosikan produknya agar kedepannya tidak terjadi
misscommunications. Membangun hubungan komunikasi yang baik antara
sesama Mitra MSI dan konsumen, hal ini bertujuan untuk merangkum
masalah yang dihadapi baik dari sesama Mitra MSI maupun dari konsumen.
Mereka memanfaatkan fasilitas grup dalam jejaring sosial WhatsApp untuk
mengumpulkan dan membedakan kelompok sesama Mitra MSI dan konsumen
agar komunikasi dan pesan yang disampaikan langsung kepada targetnya
B. Implikasi
Adapun implikasi yang diberikan peniliti berdasarkan hasil penelitian yang
telah dilakukan adalah sebagai berikut:
1. Peneliti mengharapkan Mitra MSI agar lebih meningkatkan strategi
komunikasi efektif dalam melakukan promosi produk dengan memanfaatkan
fisilitas media dalam situs jejaring sosial WhatsApp, Facebook, Instagram dan
TikTok agar pemanfaatan strategi pesan dan media lebih totalitas
2. Peneliti mengharapkan Mitra MSI agar lebih memahami dengan cermat
hambatan komunikasi yang ada selama melakukan kegiatan promosi agar
terciptanya komunikasi yang efektif agar dapat mencapai tujuan yang
diinginkan.
3. Saran untuk penelitian selanjutnya melakukan analisis mengenai strategi
komunikasi efektif pemanfaatan situs jejaring sosial dalam aktivitas promosi,
diharapkan agar dapat lebih mengembangkan penelitian dalam mengetahui
efek pesan yang disampaikan komunikator kepada khalayak.
Ketersediaan
SFUD2022002727/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

27/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi FUD

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top