Implementasi Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran Akidah Akhlak Terhaadap Kepribadian Siswa di MTs Al- Faaizun Watang Palakka
Relis/862082019099 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter dalam
proses pembelajaran akidah akhlak terhadap kepribadian siswa di MTs Al-Faaizun
Watang Palakka. Penelitian ini dilakukan melalui metode kualitatif Penelitian
dekriptif kualitatif (Qualitatif Research). Adapun teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pendekatan pedagogis dan pendekatan psikologis. Data yang
diperoleh dianalisis dengan menggunakan tiga tahap yaitu Reduksi kata, display data,
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Penerapan
pendidikan karakter di MTs Al-Faaizun Watang Palakka diterapkan dengan baik hal
demikian dijelaskan bahwa penerapan pendidikan karakter dimulai dengan
memperkenalkan adab. Adab yang dimaksud adalah adab kepada guru dan Orang tua.
Kedua, Penerapan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran akidah akhlak di
MTs Al-Faaizun Watang Palakka sudah diterapkan dengan baik. Hal ini
menunjukkan dan memperhatikan langkah-langkah yang dilakukan dalam
pembelajaran, agar siswa dapat berpartisipasi dan ikut aktif dalam proses
pembelajaran akidah akhlak. Dalam penerapan pendidikan karakter dalam proses
pembelajaran akidah akhlak guru melakukan pendekatan dengan melalui nilai-nilai
dalam pendidikan karakter seperti nilai kejujuran, nilai tanggung jawab, dan
menerapkan nilai religius dengan tujuan agar proses pembelajaran dapat tercapai
dengan baik.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian maka penulis mengemukakan simpulan
sebgai berikut:
1. Implementasi pendidikan karakter di MTs Al-Faaizun sudah diterapkan
dengan baik dimulai dengan adab. Adab yang dimaksud adalah adab
orangtua dan adab terhadap guru. Adab merupakan sifat yang baik dan tidak
terlepas dari pendidikan karakter.
2. Implementasi pendidikan karakter dalam proses pembelajaran akidah
akhlak di MTs Al- Faaizun Watang Palakka sudah diterapkan dengan baik
dilihat dari guru ketika menerapkannya dan memperhatikan langkahlangkah yang dilakukan dalam pembelajaran, agar siswa dapat berpartisipasi
dan ikut aktif dalam proses pembelajaran akidah akhlak. Dalam penerapan
pendidikan karakter dalam proses pembelajaran akidah akhlak biasanya
guru melakukan pendekatan mengkombinasikan dengan melalui nilai-nilai
dalam pendidikan karakter seperti nilai kejujuran, nilai tanggung jawab, dan
menerapkan nilai religius dengan tujuan agar proses pembelajaran dapat
tercapai dengan baik.
B.Saran
Setelah melaksanakan penelitian tentang implementasi pendidikan
karakter dalam proses pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Al-Faaizun
Watang Palakka, maka adapun saran yang akan peneliti sampaikan yaitu
sebagai berikut:
1. Sebagai seorang guru yang memiliki peranan penting dalam keberhasilan
suatu pembelajaran, dalam pengembangan karakter siswa melalui proses
pembelajaran akidah akhlak harus memiliki metode serta melakukan
pembiasaan-pembiasaan untuk siswa agar melakukan nilai-nilai pendidikan
karakter bisa berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan.
2. Bagi peserta didik harus bisa membiasakan diri dengan hal-hal baik yang
termasuk dalam nilai-nlai pendidikan karakter untuk bisa diterapkan di
kehidupan sehari-hari nya.
proses pembelajaran akidah akhlak terhadap kepribadian siswa di MTs Al-Faaizun
Watang Palakka. Penelitian ini dilakukan melalui metode kualitatif Penelitian
dekriptif kualitatif (Qualitatif Research). Adapun teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pendekatan pedagogis dan pendekatan psikologis. Data yang
diperoleh dianalisis dengan menggunakan tiga tahap yaitu Reduksi kata, display data,
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Penerapan
pendidikan karakter di MTs Al-Faaizun Watang Palakka diterapkan dengan baik hal
demikian dijelaskan bahwa penerapan pendidikan karakter dimulai dengan
memperkenalkan adab. Adab yang dimaksud adalah adab kepada guru dan Orang tua.
Kedua, Penerapan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran akidah akhlak di
MTs Al-Faaizun Watang Palakka sudah diterapkan dengan baik. Hal ini
menunjukkan dan memperhatikan langkah-langkah yang dilakukan dalam
pembelajaran, agar siswa dapat berpartisipasi dan ikut aktif dalam proses
pembelajaran akidah akhlak. Dalam penerapan pendidikan karakter dalam proses
pembelajaran akidah akhlak guru melakukan pendekatan dengan melalui nilai-nilai
dalam pendidikan karakter seperti nilai kejujuran, nilai tanggung jawab, dan
menerapkan nilai religius dengan tujuan agar proses pembelajaran dapat tercapai
dengan baik.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian maka penulis mengemukakan simpulan
sebgai berikut:
1. Implementasi pendidikan karakter di MTs Al-Faaizun sudah diterapkan
dengan baik dimulai dengan adab. Adab yang dimaksud adalah adab
orangtua dan adab terhadap guru. Adab merupakan sifat yang baik dan tidak
terlepas dari pendidikan karakter.
2. Implementasi pendidikan karakter dalam proses pembelajaran akidah
akhlak di MTs Al- Faaizun Watang Palakka sudah diterapkan dengan baik
dilihat dari guru ketika menerapkannya dan memperhatikan langkahlangkah yang dilakukan dalam pembelajaran, agar siswa dapat berpartisipasi
dan ikut aktif dalam proses pembelajaran akidah akhlak. Dalam penerapan
pendidikan karakter dalam proses pembelajaran akidah akhlak biasanya
guru melakukan pendekatan mengkombinasikan dengan melalui nilai-nilai
dalam pendidikan karakter seperti nilai kejujuran, nilai tanggung jawab, dan
menerapkan nilai religius dengan tujuan agar proses pembelajaran dapat
tercapai dengan baik.
B.Saran
Setelah melaksanakan penelitian tentang implementasi pendidikan
karakter dalam proses pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Al-Faaizun
Watang Palakka, maka adapun saran yang akan peneliti sampaikan yaitu
sebagai berikut:
1. Sebagai seorang guru yang memiliki peranan penting dalam keberhasilan
suatu pembelajaran, dalam pengembangan karakter siswa melalui proses
pembelajaran akidah akhlak harus memiliki metode serta melakukan
pembiasaan-pembiasaan untuk siswa agar melakukan nilai-nilai pendidikan
karakter bisa berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan.
2. Bagi peserta didik harus bisa membiasakan diri dengan hal-hal baik yang
termasuk dalam nilai-nlai pendidikan karakter untuk bisa diterapkan di
kehidupan sehari-hari nya.
Ketersediaan
| STAR20250155 | 155/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
155/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
