Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Minat Belajar Siswa Sd Inpres Di Kec. Dua Boccoe Kab. Bone
Kasman Kusuma Dinata/02.15.3110 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang Manajemen kelas diperlukan karena dari hari ke hari
dari waktu ke waktu tingkah laku dan perbuatan siswa selalu berubah. Kegiatan
manajemen kelas meliputi pengaturan orang (siswa) dan pengaturan fasilitas.
Pengaturannorang (kondisi emosional) yaitu tingkah laku, kedisiplinan,
minat/perhatian, gairah belajar, dan dinamika kelompok. Sedangkan pengaturan
fasilitas (kondisi fisik) meliputi ventilasi, pencahayaan kenyamanan, letak duduk,
penempatan siswa. Berdasarkan hal tersebut maka permasalahan dalam penelitian ini
yakni pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Minat Belajar Siswa SD Inpres di Kec.
Dua Boccoe Kab. Bone.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian penelitian
kuantitatif sedangkan pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan manajemen,
sosiologis dan psikologis. Dengan demikian jumlah populasi dalam penelitian ini
yaitu 50 orang, yang terdiri dari kepala sekolah, guru, kepala perpustakaan, bujangan
sekolah, siswa dan pegawai perpustakaan sekolah di SD Inpres Kec. Dua Boccoe
Kab. Bone..
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang positif dan simultan
antara manajemen kelas terhadap minat belajar siswa di SD Inpres Kecamatan Dua
Boccoe yang ditunjukkan dari t_hitung (2,016) > t_tabel (1,677). Hasil pengujian
menunjukkan bahwa nilai signifikansi diperoleh nilai 0,046 , dengan demikian nilai
signifikansi yang diperoleh lebih kecil daripada probabilitas α yang ditetapkan.
Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapatlah ditarik kesimpulan adanya
pengaruh yang positif antara manajemen kelas terhadap minat belajar siswa di SD
Inpres Kecamatan Dua Boccoe.
A. Simpulan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang positif dan
simultan antara manajemen kelas terhadap minat belajar siswa di SD Inpres
Kecamatan Dua Boccoe yang ditunjukkan dari t_hitung (2,016) > t_tabel (1,677).
Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai signifikansi diperoleh nilai 0,046 ,
dengan demikian nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil daripada
probabilitas α yang ditetapkan. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi
dapatlah ditarik kesimpulan adanya pengaruh yang positif antara manajemen
kelas terhadap minat belajar siswa di SD Inpres Kecamatan Dua Boccoe.
B. Impilkasi
Dari seluruh bahasan dalam penelitian ini, ada beberapa saran yang
kiranya menjadi penting dikemukakan, di antaranya yaitu:
1. Berdasarkan hasil penelitian, manajemen kelas di SD Inpres Kecamatan Dua
Boccoe Kabupaten Bone sudah cukup baik, namun alangkah baiknya guru
lebih meningkatkan keterampilan guru dalam menggunakan dan mengelola
kelas, karena kualitas dan kemampuan serta kreatifitas seorang guru dapat
dilihat bagaimana dia dapat memanajemen kelas dengan baik dan dapat
meningkatkan minat belajar siswa dan mencapai prestasi dengan baik.
2. Bagi siswa sebagai subyek belajar diharapkan siswa dapat aktif dalam
mengikuti proses belajar mengajar, memanfaatkan semua sarana dan
prasarana kelas yang sudah tersedia dan bisa menempatkan diri sebagai
seorang yang terdidik, sehingga harapan untuk meraih prestasi belajar secara
maksimal dapat diperolehnya. Selain itu diharapkan siswa dapat memberikan
masukan bagi guru demi terciptanya interaksi belajar mengajar yang kondusif
dan menarik.
3. Bagi peneliti yang akan datang diharapkan mampu lebih banyak mengeksplor
kemampuan terkait dengan penelitian dengan judul pengaruh pemanfaatan
sarana dan prasarana pendidikan terhadap motivasi belajar siswa. Sehingga
hasil penelitian selanjutnya semakin memperkaya kajian ilmu dibidang
pendidikan.
dari waktu ke waktu tingkah laku dan perbuatan siswa selalu berubah. Kegiatan
manajemen kelas meliputi pengaturan orang (siswa) dan pengaturan fasilitas.
Pengaturannorang (kondisi emosional) yaitu tingkah laku, kedisiplinan,
minat/perhatian, gairah belajar, dan dinamika kelompok. Sedangkan pengaturan
fasilitas (kondisi fisik) meliputi ventilasi, pencahayaan kenyamanan, letak duduk,
penempatan siswa. Berdasarkan hal tersebut maka permasalahan dalam penelitian ini
yakni pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Minat Belajar Siswa SD Inpres di Kec.
Dua Boccoe Kab. Bone.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian penelitian
kuantitatif sedangkan pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan manajemen,
sosiologis dan psikologis. Dengan demikian jumlah populasi dalam penelitian ini
yaitu 50 orang, yang terdiri dari kepala sekolah, guru, kepala perpustakaan, bujangan
sekolah, siswa dan pegawai perpustakaan sekolah di SD Inpres Kec. Dua Boccoe
Kab. Bone..
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang positif dan simultan
antara manajemen kelas terhadap minat belajar siswa di SD Inpres Kecamatan Dua
Boccoe yang ditunjukkan dari t_hitung (2,016) > t_tabel (1,677). Hasil pengujian
menunjukkan bahwa nilai signifikansi diperoleh nilai 0,046 , dengan demikian nilai
signifikansi yang diperoleh lebih kecil daripada probabilitas α yang ditetapkan.
Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapatlah ditarik kesimpulan adanya
pengaruh yang positif antara manajemen kelas terhadap minat belajar siswa di SD
Inpres Kecamatan Dua Boccoe.
A. Simpulan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang positif dan
simultan antara manajemen kelas terhadap minat belajar siswa di SD Inpres
Kecamatan Dua Boccoe yang ditunjukkan dari t_hitung (2,016) > t_tabel (1,677).
Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai signifikansi diperoleh nilai 0,046 ,
dengan demikian nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil daripada
probabilitas α yang ditetapkan. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi
dapatlah ditarik kesimpulan adanya pengaruh yang positif antara manajemen
kelas terhadap minat belajar siswa di SD Inpres Kecamatan Dua Boccoe.
B. Impilkasi
Dari seluruh bahasan dalam penelitian ini, ada beberapa saran yang
kiranya menjadi penting dikemukakan, di antaranya yaitu:
1. Berdasarkan hasil penelitian, manajemen kelas di SD Inpres Kecamatan Dua
Boccoe Kabupaten Bone sudah cukup baik, namun alangkah baiknya guru
lebih meningkatkan keterampilan guru dalam menggunakan dan mengelola
kelas, karena kualitas dan kemampuan serta kreatifitas seorang guru dapat
dilihat bagaimana dia dapat memanajemen kelas dengan baik dan dapat
meningkatkan minat belajar siswa dan mencapai prestasi dengan baik.
2. Bagi siswa sebagai subyek belajar diharapkan siswa dapat aktif dalam
mengikuti proses belajar mengajar, memanfaatkan semua sarana dan
prasarana kelas yang sudah tersedia dan bisa menempatkan diri sebagai
seorang yang terdidik, sehingga harapan untuk meraih prestasi belajar secara
maksimal dapat diperolehnya. Selain itu diharapkan siswa dapat memberikan
masukan bagi guru demi terciptanya interaksi belajar mengajar yang kondusif
dan menarik.
3. Bagi peneliti yang akan datang diharapkan mampu lebih banyak mengeksplor
kemampuan terkait dengan penelitian dengan judul pengaruh pemanfaatan
sarana dan prasarana pendidikan terhadap motivasi belajar siswa. Sehingga
hasil penelitian selanjutnya semakin memperkaya kajian ilmu dibidang
pendidikan.
Ketersediaan
| STAR20200326 | 326/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
326/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
