Implementasi Fungsi Manajemen Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Akademik Di Sma Negeri 18 Bone
A. Harifah Nur/02.16.3036 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang “Implementasi Fungsi Manajemen dalam
meningkatkan mutu layanan akademik di SMA Negeri 18 Bone”. Hal yang
penting dikaji dalam skipsi bagaimana penerapan fungsi manajemen di SMA
Negeri 18 Bone, dan bagaimana meningkatkan mutu layanan akademikdi SMA
Negeri 18 Bone. Hal yang ingin dicapai dalam penelitian ialah untuk mengetahui
fungsi manajemen dalam meningkatkan mutu layanan akademik di SMA Negeri
18 Bone.
Untuk pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian yang digunakan
adalah kalitatif (qualitative research). Data dianalisis dengan metode reduksi data
penarikan kesimpulan, dan verikasi, selanjutnya dianalisis untik diterapkan ke hal
yang bersifat khusus. Jenis pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan
manajemen, pedagogic dan psikologis.
Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa pertama, implementasi fungsi
manajemen di SMA Negeri 18 Bone telah berjalan dengan dengan
mengaktualisasikan fungsi perencanaan (planning) pengorganisasian (organizing),
pengarahan (actuating) dan pengawasan ( controlling). Kedua, mutu layanan
pendidikan di SMA Neggeri 18 Bone dapat ditingkatkan dengan
megimplementasikan layanan pembelajaran, layanan administasi, layanan
eksrtakulikuler,layanan pembinaan mental dan layanan saran dan prasarana.
A. Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat diperoleh kesimpulan
sebagai berikut:
1. Implementasi fungsi manajemen di SMA Negeri 18 telah telah terlaksana
dengan baik, yaitu dengan mengaktualisasikan fungsi perencanaan
(planning), pengorganisasian (organizing), pengarahan (actuating), dan
pengawasan (controlling).
2. Mutu layanan pendidikan di SMA Negeri 18 Bone dapat ditingkatkan
dengan mengimplementasikan layanan pembelajaran, layanan
administrasi, layanan, pembinaan mental, layanan ekstrakurikuler dan
layanan sarana dan prasarana. Dari hasil penelitian berupa wawancara dan
pengamatan dapat disimpulkan, bahwa ke lima layanan yang disebutkan
telah dilaksanakan dengan baik.
B. Saran
Saran untuk penelitian selanjutnya adalah:
1. Membagikan angket sehingga penelitian yang dilakukan dapat bersifat
objektif dan tidak subjektif dari peneliti, dalam hal ini menggunakan jenis
penelitian kuantitatif.
2. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menganalisis hubungan antara
layanan mutu akademik dengan implementasi manajemen yang ada di
sekolah
meningkatkan mutu layanan akademik di SMA Negeri 18 Bone”. Hal yang
penting dikaji dalam skipsi bagaimana penerapan fungsi manajemen di SMA
Negeri 18 Bone, dan bagaimana meningkatkan mutu layanan akademikdi SMA
Negeri 18 Bone. Hal yang ingin dicapai dalam penelitian ialah untuk mengetahui
fungsi manajemen dalam meningkatkan mutu layanan akademik di SMA Negeri
18 Bone.
Untuk pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian yang digunakan
adalah kalitatif (qualitative research). Data dianalisis dengan metode reduksi data
penarikan kesimpulan, dan verikasi, selanjutnya dianalisis untik diterapkan ke hal
yang bersifat khusus. Jenis pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan
manajemen, pedagogic dan psikologis.
Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa pertama, implementasi fungsi
manajemen di SMA Negeri 18 Bone telah berjalan dengan dengan
mengaktualisasikan fungsi perencanaan (planning) pengorganisasian (organizing),
pengarahan (actuating) dan pengawasan ( controlling). Kedua, mutu layanan
pendidikan di SMA Neggeri 18 Bone dapat ditingkatkan dengan
megimplementasikan layanan pembelajaran, layanan administasi, layanan
eksrtakulikuler,layanan pembinaan mental dan layanan saran dan prasarana.
A. Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat diperoleh kesimpulan
sebagai berikut:
1. Implementasi fungsi manajemen di SMA Negeri 18 telah telah terlaksana
dengan baik, yaitu dengan mengaktualisasikan fungsi perencanaan
(planning), pengorganisasian (organizing), pengarahan (actuating), dan
pengawasan (controlling).
2. Mutu layanan pendidikan di SMA Negeri 18 Bone dapat ditingkatkan
dengan mengimplementasikan layanan pembelajaran, layanan
administrasi, layanan, pembinaan mental, layanan ekstrakurikuler dan
layanan sarana dan prasarana. Dari hasil penelitian berupa wawancara dan
pengamatan dapat disimpulkan, bahwa ke lima layanan yang disebutkan
telah dilaksanakan dengan baik.
B. Saran
Saran untuk penelitian selanjutnya adalah:
1. Membagikan angket sehingga penelitian yang dilakukan dapat bersifat
objektif dan tidak subjektif dari peneliti, dalam hal ini menggunakan jenis
penelitian kuantitatif.
2. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menganalisis hubungan antara
layanan mutu akademik dengan implementasi manajemen yang ada di
sekolah
Ketersediaan
| STAR20210357 | 357/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
357/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
