Model Pengembangan UMKM Organizer Dalam Peningkatan Pendapatan Keluarga Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada UMKM JR Dekorasi Palakka)

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai model pengembangan UMKM organizer dalam
peningkatan pendapatan keluarga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
model pengembangan yang digunakan UMKM organizer JR Dekorasi dalam
meningkatkan pendapatan keluarga.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Teknik
pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pengembangan usaha yang digunakan
oleh UMKM JR Dekorasi yaitu menggunakan bauran pemasaran yang dikenal
dengan sebutan 4P yaitu Product (Produk), Price (Harga), Place (Tempat),
Promotion (Promosi), Sedangkan dalam pemasaran jasa memiliki beberapa alat
pemasaran tambahan salah satunya adalah People (Orang). Strategi yang pertama
adalah menyiapkan produk jasa yang selalu melakukan inovasi setiap bulannya.
Harga dinilai dari tingkat kesulitan dan banyaknya properti. Promosi dilakukan
melalui sosial media dan juga sering mengikuti event. kurang strategisnya tempat
usaha yang dimiliki maka pemilik usaha mengambil keputusan dengan membangun
tempat usahanya di lokasi yang lebih strategis. Lalu sikap sabar dalam melayani
konsumen itu penting dan juga sikap jujur, ikhlas, dan profesional dalam bekerja.
Dengan di terapkannya kelima bauran strategi pemasaran yang baik oleh pemilik
usaha membuahkan hasil yang efektif dalam meningkatkan pendapatan keluarga tidak
lepas dari ajaran-ajaran islam dalam menentukan strategi yang meliputi jujur, ikhlas,
profesional, silaturahmi serta niat suci dan ibadah dalam bekerja. Kendala yang
dihadapi adalah product (Produk) keterbatasan properti, Price (Harga) pesaing-
pesaing menurunkan harga yang sangat rendah dan kemauan dari konsumen adalah
harga rendah tetapi dekorasi yang diinginkan mewah, Promotion (Promosi) apabila
ingin mengikuti event yang di selenggarakan di Kabupaten Bone harus mengeluarkan
biaya yang lumayan cukup banyak, Place (Tempat) lokasi kurang strategis sehingga
konsumen sulit menjangkau tempat usaha, People (Orang) jumlah karyawan menjadi
kendala.
A. Kesimpulan
Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai “Model
Pengembangan UMKM Organzier Dalam Peningkatan Pendapatan Keluarga
Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada UMKM JR Dekorasi
Palakka )” dapat disimpulkan bahwa :
1. Model pengembangan usaha yang digunakan oleh JR Dekorasi dengan
menggunakan strategi 4P, Product (Produk), Price (Harga), Place (Tempat),
Promotion (Promosi) dan Sedangkan dalam pemasaran jasa memiliki beberapa
alat pemasaran tambahan salah satunya adalah People (Orang). bauran strategi
pemasaran yang diterapkan oleh UMKM JR Dekorasi sudah berjalan dengan
baik. Hal tersebut terlihat dengan kelima bauran strategi pemasaran yang saling
mendukung dan melengkapi, serta memiliki peran yang berbeda dalam
memasarkan jasa dekorasi tersebut sehingga diperoleh hasil yang efektif dalam
meningkatkan pendapatan keluarga, tidak hanya bagi pemilik usaha, tetapi juga
berdampak dalam membantu meringankan ekonomi keluarga para karyawan.
UMKM JR Dekorasi menjalankan usahanya sudah sesuai dengan ajaran islam
dengan mengikuti tujuan pemasaran produk secara islami yang berdasarkan
pada kejujuran, keikhlasan, profesional, silaturrahmi, niat suci dan ibadah.
2. Kendala yang dihadapi UMKM JR Dekorasi dalam mengembangkan usahanya
adalah dalam product (Produk) terbatasnya properti yang dimiliki, Price
(Harga) pesaing-pesaing menurunkan harga yang sangat rendah dan kemauan
dari konsumen adalah harga rendah tetapi dekorasi yang diinginkan mewah,
Promotion (Promosi) apabila ingin mengikuti event yang di selenggarakan di
Kabupaten Bone harus mengeluarkan biaya yang lumayan cukup banyak, Place
(Tempat) lokasi kurang strategis sehingga konsumen sulit menjangkau tempat
usaha, People (Orang) jumlah karyawan menjadi kendala karena apabila
mendapatkan job yang full dalam 1 bulan maka terjadi kewalahan dalam
melakukan job tersebut.
B. Saran
1. Peneliti menyarankan agar model pengembangan yang meliputi strategi bisnis
agar ditingkatkan lagi dan konsisten, sehingga pendapatan keluarga dan
karyawan pada UMKM JR Dekorasi semakin meningkat.
2. Bagi peneliti selanjutnya yang ingin meneliti terkait dengan penelitian ini,
alangkah baiknya ambilah model pengembangan yang lain yang dapat
meningkatkan pendapatan keluarga usaha.
C. Implikasi
Implikasi dari penelitian model pengembangan UMKM Organizer dalam
peningkatan pendapatan keluarga seperti yang difokuskan pada kesimpulan diatas
bahwa model pengembangan dengan menggunakan strategi bisnis yang diterapkan
telah sesuai dengan harapan berbagai pihak sehingga dapat meningkatkan
pendapatan keluarga dengan juga menerapkan ajaran ajaran islam di dalam bisnis.
Ketersediaan
SFEBI20220119119/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

119/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi FEBI

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top