Pengaruh Tagline, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Di Marketpleace Shopee Menurut Perspektif Ekonomi Syariah (Studi pada Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah IAIN Bone)
Nur Azizah/01.18.3029 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tagline, harga dan kualitas
produk secara persial terhadap minat beli dan pengaruh tagline, harga dan kualitas
produk secara simultan terhadap minat beli mahasiswa di marketplace Shopee. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan
menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini
mahasiswa program studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN
Bone dan pengambilan sampel berjumlah 771 mahasiswa dengan menggunakan
teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier
berganda. Dalam penelitian ini menggunakan Eviews 10 dengan alat estimasi. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa tagline tidak berpengaruh signifikan tetapi
berhubungan positif terhadap minat beli di marketplace Shopee, harga tidak
berpengaruh signifikan tetapi berhubungan positif terhadap minat beli di marketplace
Shopee, kualitas produk berpengaruh signifikan dan berhubungan positif terhadap
minat beli di marketplace Shopee. Sedangkan tagline, harga dan kualitas produk
secara bersama-sama atau simultan berpengaruh signifikan terhadap minat beli di
marketplace Shopee.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis data penelitian tentang pengaruh tagline, harga
dan kualitas produk terhadap minat beli di marketplace Shopee dapat diambil
kesimpulan bahwa :
1. Tagline tidak berpengaruh signifikan tetapi berhubungan positif terhadap
minat beli di marketplace Shopee. Berarti H1 diterima.
2. Harga tidak berpengaruh signifikan tetapi berhubungan positif terhadap
minat beli di marketplace Shopee. Berarti H1 diterima.
3. Kualitas produk berpengaruh signifikan dan berhubungan positif terhadap
minat beli di marketplace Shopee. Berarti H1 diterima.
4. Tagline, harga dan kualitas produk secara bersama-sama atau simultan
berpengaruh signifikan terhadap minat beli di marketplace Shopee. Berarti
H1 diterima.
B. Saran
Berdasarkan temuan penelitian, pembahasan, dan kesimpulan yang ada,
maka dapat diajukan beberapa saran perbaikan yang diharapkan dapat berguna
untuk kepentingan praktis dan penelitian selanjutnya:
1. Bagi peneliti selanjutnya
a. Bagi peneliti selanjutnya, alangkah baiknya apabila memperluas
variabel yang diamati. Misalnya dengan menambahkan variabel
kepercayaan, kualitas pelayanan, fitur dan sebagainya. Dengan harapan
hasil penelitian selanjutnya dapat lebih baik.
b. Populasi dan sampel penelitian lebih diperluas, tidak hanya kalangan
mahasiswa namun juga kalangan karyawan, ibu rumah tangga, dan
sebagainya, agar hasil penelitian selanjutnya dapat lebih baik
2. Bagi Perusahaan
Shopee atau perusahaan e-commerce lainnya seharusnya dalam
membuat tagline produk atau jasanya mampu melihat seberapa besar
pengaruh tagline sehingga mendapatkan hasil yang maksimal dalam menarik
minat konsumen. Ketika tagline yang dibuat kurang menarik atau diminati
oleh calon konsumen maka hasil yang diperoleh kurang maksimal, dan
sebaiknya sebelum membuat tagline produk atau jasa alangkah baiknya
melakukan riset, sehingga tagline yang dibuat tidak akan gagal dan akan
mendapat dampak yang positif terhadap produk yang ditawarkan.
Pihak marketplace dapat meningkatkan kualitas produk dengan
meningkatkan jumlah penjual yang memiliki penilaian produk yang baik.
Dengan begitu, dapat memperkuat persepsi konsumen bahwa kualitas
produk yang ditawarkan oleh marketplace Shopee merupakan produk yang
memiliki kualitas yang baik. Pada variabel harga, apabila marketplace
Shopee terus menawarkan produk dengan harga terjangkau serta kesesuaian
harga dengan kualitas dan manfaat, maka pembelian yang dilakukan oleh
konsumen akan semakin meningkat.
produk secara persial terhadap minat beli dan pengaruh tagline, harga dan kualitas
produk secara simultan terhadap minat beli mahasiswa di marketplace Shopee. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan
menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini
mahasiswa program studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN
Bone dan pengambilan sampel berjumlah 771 mahasiswa dengan menggunakan
teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier
berganda. Dalam penelitian ini menggunakan Eviews 10 dengan alat estimasi. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa tagline tidak berpengaruh signifikan tetapi
berhubungan positif terhadap minat beli di marketplace Shopee, harga tidak
berpengaruh signifikan tetapi berhubungan positif terhadap minat beli di marketplace
Shopee, kualitas produk berpengaruh signifikan dan berhubungan positif terhadap
minat beli di marketplace Shopee. Sedangkan tagline, harga dan kualitas produk
secara bersama-sama atau simultan berpengaruh signifikan terhadap minat beli di
marketplace Shopee.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis data penelitian tentang pengaruh tagline, harga
dan kualitas produk terhadap minat beli di marketplace Shopee dapat diambil
kesimpulan bahwa :
1. Tagline tidak berpengaruh signifikan tetapi berhubungan positif terhadap
minat beli di marketplace Shopee. Berarti H1 diterima.
2. Harga tidak berpengaruh signifikan tetapi berhubungan positif terhadap
minat beli di marketplace Shopee. Berarti H1 diterima.
3. Kualitas produk berpengaruh signifikan dan berhubungan positif terhadap
minat beli di marketplace Shopee. Berarti H1 diterima.
4. Tagline, harga dan kualitas produk secara bersama-sama atau simultan
berpengaruh signifikan terhadap minat beli di marketplace Shopee. Berarti
H1 diterima.
B. Saran
Berdasarkan temuan penelitian, pembahasan, dan kesimpulan yang ada,
maka dapat diajukan beberapa saran perbaikan yang diharapkan dapat berguna
untuk kepentingan praktis dan penelitian selanjutnya:
1. Bagi peneliti selanjutnya
a. Bagi peneliti selanjutnya, alangkah baiknya apabila memperluas
variabel yang diamati. Misalnya dengan menambahkan variabel
kepercayaan, kualitas pelayanan, fitur dan sebagainya. Dengan harapan
hasil penelitian selanjutnya dapat lebih baik.
b. Populasi dan sampel penelitian lebih diperluas, tidak hanya kalangan
mahasiswa namun juga kalangan karyawan, ibu rumah tangga, dan
sebagainya, agar hasil penelitian selanjutnya dapat lebih baik
2. Bagi Perusahaan
Shopee atau perusahaan e-commerce lainnya seharusnya dalam
membuat tagline produk atau jasanya mampu melihat seberapa besar
pengaruh tagline sehingga mendapatkan hasil yang maksimal dalam menarik
minat konsumen. Ketika tagline yang dibuat kurang menarik atau diminati
oleh calon konsumen maka hasil yang diperoleh kurang maksimal, dan
sebaiknya sebelum membuat tagline produk atau jasa alangkah baiknya
melakukan riset, sehingga tagline yang dibuat tidak akan gagal dan akan
mendapat dampak yang positif terhadap produk yang ditawarkan.
Pihak marketplace dapat meningkatkan kualitas produk dengan
meningkatkan jumlah penjual yang memiliki penilaian produk yang baik.
Dengan begitu, dapat memperkuat persepsi konsumen bahwa kualitas
produk yang ditawarkan oleh marketplace Shopee merupakan produk yang
memiliki kualitas yang baik. Pada variabel harga, apabila marketplace
Shopee terus menawarkan produk dengan harga terjangkau serta kesesuaian
harga dengan kualitas dan manfaat, maka pembelian yang dilakukan oleh
konsumen akan semakin meningkat.
Ketersediaan
| SFEBI20220117 | 117/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
117/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
