Efektivitas Penggunaan Media Papan Jemuran dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep UUD 1945 Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nur Arrahman Kajuara
Karmila/862322019026 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Media
Papan Jemuran dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep UUD 1945 pada siswa
kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nur Arrahman Kajuara Kabupaten Bone. Pada
penelitian ini di latar belakangi oleh siswa yang hanya bisa membaca dengan jelas
UUD akan tetapi makna dalam UUD 1945 masih banyak yang belum memahami
maksudnya. Hasil observasi awal pada yang peneliti dapat pada penelitian ini
adalah siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, rendahnya tingkat
kreativitas siswa, dan siswa kurang memperhatikan penjelasan guru. Metode yang
digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain yang
digunakan desain one group pre-test post-test. Dalam penelitian ini yang menjadi
sampel adalah seluruh siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nur Arrahman Kajuara
Kabupaten Bone berjumlah 13 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian
ini berupa tes Pemahaman Konsep UUD 1945 berbentuk isian. Analisis data
menggunakan analisis statistik deskriptif melalui program Statiscal Package
Sosial Science (SPSS) Versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses
pembelajaran dengan menggunakan Media Papan Jemuran mampu Meningkatkan
Pemahaman Konsep UUD 1945 pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nur
Arrahman Kajuara Kabupaten Bone. Media Papan Jemuran Efektif dalam
Meningkatkan Pemahaman Konsep UUD 1945, hal ini dapat dilihat dari
perbedaan sebelum dan setelah menggunakan Media Papan Jemuran. Nilai
ratarata pretest 23,85 dengan nilai tertinggi 40. Sedangkan nilai rata-rata posttest
90,00 dengan nilai tertinggi 100. Dari hasil uji hipotesis dengan pengambilan
keputusan yaitu Uji Paired Sample T-Test diperoleh jika nilai signifikansi < 0.05
maka H₀ ditolak dan H₁ diterima. Adapun nilai uji t pada pretest-posttest ialah -
27.425. Artinya bahwa terdapat perbedaan Pemahaman Konsep UUD 1945 kelas
V Madrasah Ibtidaiyah Nur Arrahman Kajuara Kabupaten Bone sebelum dan
setelah penggunaan media papan jemuran. Jika nilai signifikansi > 0.05 maka H₀
diterima dan H₁ ditolak. Dari data yang diperoleh nilai signifikansi < 0.01 maka
xvi
dapat dikatakan bahwa H₀ ditolak dan H₁ diterima. yang artinya Penggunaan
Media Papan Jemuran Efektif dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep UUD
1945 pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nur Arrahman Kajuara Kabupaten
Bone.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian terkait Efektivitas Penggunaan Media
Papan Jemuran dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep UUD 1945 pada
siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nur Arrahman Kajuara, maka diambil
kesimpulan :
1. Berdasarkan tabel 4.8 terlihat bahwa Pemahaman Konsep UUD 1945 pada
siswa sebelum menggunakan Media Papan Jemuran pada siswa kelas V
Madrasah Ibtidaiyah Nur Arrahman Kajuara dapat dilihat dari perolehan
skor pretest yang berada pada nilai interval 0-20 sebanyak 7 siswa (54%)
berada pada kategori sangat rendah. Pada interval 21-40 sebanyak 6 siswa
(46%) berada pada kategori sedang. Pada pretest ini tidak ada siswa yang
mendapatkan nilai pada interval 41-60, 61-80 dan 81-100. Dari hasil
tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai yang diperoleh siswa pada saat
Pretest hanya (54%) berada pada kategori sangat rendah.
2. Berdasarkan tabel 4.9 terlihat bahwa Pemahaman Konsep UUD 1945 pada
siswa setelah menggunakan Media Papan Jemuran pada siswa kelas V
Madrasah Ibtidaiyah Nur Arrahman Kajuara dapat dilihat dari perolehan
skor posttest yang berada pada nilai interval 61-80 yaitu sebanyak 4 siswa
(31%) berada pada kategori tinggi. Dan pada posttest ini nilai yang berada
pada interval 81-100 yaitu terdapat 9 siswa (69%) berada pada kategori
sangat tinggi. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat
peningkatan Pemahaman Konsep siswa pada saat posttest (69%) berada
pada kategori sangat tinggi.
3. Media Papan Jemuran Efektif untuk meningkatkan Pemahaman Konsep
UUD 1945 pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nur Arrahman Kajuara.
Hal ini dapat dilihat dari uji hipotesis dengan pengambilan keputusan
menggunakan program Statistikal Package Social Sciens (SPSS) Versi 25.
Jika nilai signifikansi < 0.05 maka H₀ ditolak dan H₁ diterima. Jika nilai
signifikansi > 0.05 maka H₀ diterima dan H₁ ditolak. Dari data yang
diperoleh bahwa nilai signifikansi < 0.01 maka dapat dikatakan bahwa H₀
ditolak dan H₁ diterima. Adapun nilai uji t pada pretest-posttest adalah -
27.425.
B. Saran
1. Bagi penulis
Dapat menambah wawasan dan pengalaman langsung bagi peneliti
tentang cara Meningkatkan Pemahaman Konsep UUD 1945 melalui Media
Papan Jemuran.
2. Bagi anak didik
Diharapkan dapat memberikan pengalaman langsung kepada siswa
mengenai pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan melalui
Media Papan Jemuran. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan
Pemahaman Konsep UUD 1945.
3. Bagi guru
Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan tentang
suatu alternatif pembelajaran dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep
UUD 1945.
Papan Jemuran dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep UUD 1945 pada siswa
kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nur Arrahman Kajuara Kabupaten Bone. Pada
penelitian ini di latar belakangi oleh siswa yang hanya bisa membaca dengan jelas
UUD akan tetapi makna dalam UUD 1945 masih banyak yang belum memahami
maksudnya. Hasil observasi awal pada yang peneliti dapat pada penelitian ini
adalah siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, rendahnya tingkat
kreativitas siswa, dan siswa kurang memperhatikan penjelasan guru. Metode yang
digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain yang
digunakan desain one group pre-test post-test. Dalam penelitian ini yang menjadi
sampel adalah seluruh siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nur Arrahman Kajuara
Kabupaten Bone berjumlah 13 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian
ini berupa tes Pemahaman Konsep UUD 1945 berbentuk isian. Analisis data
menggunakan analisis statistik deskriptif melalui program Statiscal Package
Sosial Science (SPSS) Versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses
pembelajaran dengan menggunakan Media Papan Jemuran mampu Meningkatkan
Pemahaman Konsep UUD 1945 pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nur
Arrahman Kajuara Kabupaten Bone. Media Papan Jemuran Efektif dalam
Meningkatkan Pemahaman Konsep UUD 1945, hal ini dapat dilihat dari
perbedaan sebelum dan setelah menggunakan Media Papan Jemuran. Nilai
ratarata pretest 23,85 dengan nilai tertinggi 40. Sedangkan nilai rata-rata posttest
90,00 dengan nilai tertinggi 100. Dari hasil uji hipotesis dengan pengambilan
keputusan yaitu Uji Paired Sample T-Test diperoleh jika nilai signifikansi < 0.05
maka H₀ ditolak dan H₁ diterima. Adapun nilai uji t pada pretest-posttest ialah -
27.425. Artinya bahwa terdapat perbedaan Pemahaman Konsep UUD 1945 kelas
V Madrasah Ibtidaiyah Nur Arrahman Kajuara Kabupaten Bone sebelum dan
setelah penggunaan media papan jemuran. Jika nilai signifikansi > 0.05 maka H₀
diterima dan H₁ ditolak. Dari data yang diperoleh nilai signifikansi < 0.01 maka
xvi
dapat dikatakan bahwa H₀ ditolak dan H₁ diterima. yang artinya Penggunaan
Media Papan Jemuran Efektif dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep UUD
1945 pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nur Arrahman Kajuara Kabupaten
Bone.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian terkait Efektivitas Penggunaan Media
Papan Jemuran dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep UUD 1945 pada
siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nur Arrahman Kajuara, maka diambil
kesimpulan :
1. Berdasarkan tabel 4.8 terlihat bahwa Pemahaman Konsep UUD 1945 pada
siswa sebelum menggunakan Media Papan Jemuran pada siswa kelas V
Madrasah Ibtidaiyah Nur Arrahman Kajuara dapat dilihat dari perolehan
skor pretest yang berada pada nilai interval 0-20 sebanyak 7 siswa (54%)
berada pada kategori sangat rendah. Pada interval 21-40 sebanyak 6 siswa
(46%) berada pada kategori sedang. Pada pretest ini tidak ada siswa yang
mendapatkan nilai pada interval 41-60, 61-80 dan 81-100. Dari hasil
tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai yang diperoleh siswa pada saat
Pretest hanya (54%) berada pada kategori sangat rendah.
2. Berdasarkan tabel 4.9 terlihat bahwa Pemahaman Konsep UUD 1945 pada
siswa setelah menggunakan Media Papan Jemuran pada siswa kelas V
Madrasah Ibtidaiyah Nur Arrahman Kajuara dapat dilihat dari perolehan
skor posttest yang berada pada nilai interval 61-80 yaitu sebanyak 4 siswa
(31%) berada pada kategori tinggi. Dan pada posttest ini nilai yang berada
pada interval 81-100 yaitu terdapat 9 siswa (69%) berada pada kategori
sangat tinggi. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat
peningkatan Pemahaman Konsep siswa pada saat posttest (69%) berada
pada kategori sangat tinggi.
3. Media Papan Jemuran Efektif untuk meningkatkan Pemahaman Konsep
UUD 1945 pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nur Arrahman Kajuara.
Hal ini dapat dilihat dari uji hipotesis dengan pengambilan keputusan
menggunakan program Statistikal Package Social Sciens (SPSS) Versi 25.
Jika nilai signifikansi < 0.05 maka H₀ ditolak dan H₁ diterima. Jika nilai
signifikansi > 0.05 maka H₀ diterima dan H₁ ditolak. Dari data yang
diperoleh bahwa nilai signifikansi < 0.01 maka dapat dikatakan bahwa H₀
ditolak dan H₁ diterima. Adapun nilai uji t pada pretest-posttest adalah -
27.425.
B. Saran
1. Bagi penulis
Dapat menambah wawasan dan pengalaman langsung bagi peneliti
tentang cara Meningkatkan Pemahaman Konsep UUD 1945 melalui Media
Papan Jemuran.
2. Bagi anak didik
Diharapkan dapat memberikan pengalaman langsung kepada siswa
mengenai pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan melalui
Media Papan Jemuran. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan
Pemahaman Konsep UUD 1945.
3. Bagi guru
Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan tentang
suatu alternatif pembelajaran dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep
UUD 1945.
Ketersediaan
| STAR20240361 | 361/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
361/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
