Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Tauhid Dalam Pembentukan Akhlakul Karimah di Pondok Tahfidzul Qur‟an Ibnu Abbas Bone
Muh.Amin Syahbany Rusdi/862082019024 - Personal Name
Pokok masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana
proses pelaksanaan pendidikan tauhid kepada santri di Pondok Pesantren Tahfidzul
Qur‟an Ibnu Abbas Bone. Kedua, bagaimana strategi pembentukan akhlakul karimah
kepada Santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur‟an Ibnu Abbas Bone, melalui
penanaman nilai pendidikan tauhid. Ketiga, nilai-nilai pendidikan apa saja yang
ditanamakan dalam pembentukan akhlakul karimah di Pondok Pesantren Tahfidzul
Qur‟an Ibnu Abbas Bone.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini
yaitu pendidik dan santri di Pondok Pesantren Ibnu Abbas. adapun pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumetasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Proses pelaksanaan pendidikan
nilai-nilai tauhid di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur‟an Ibnu Abbas Bone ada tiga
tahap yang peneliti kaji yakni yang pertama, memberi pemahaman urgensi tauhid
kemudian pengamalan pendidikan tauhid, serta pemberian apresiasi. Kedua, diantara
strategi yang mumpuni dalam pembentukan akhlakul karimah di Pondok Tahfidzul
Qur‟an Ibnu Abbas Bone yakni pemberian keteladanan yang baik oleh Pembina dan
kegiatan evaluasi untuk melengkapi apa yang kurang atau memperbaiki apa yang
rusak, dilakukan dalam lima sampai enam kali dalam sehari. Ketiga, penanaman
nilai-nilai pemdidikan tauhid uluhiyah, rububiyah, dan asma dan sifat di Pondok
Pesantren Tahfidzul Qur‟an Ibnu Abbas Bone.
A. Simpulan
1. Proses pelaksanaan pendidikan nilai-nilai tauhid di Pondok Pesantren
Tahfidzul Qur‟an Ibnu Abbas Bone ada tiga tahap yang peneliti kaji yakni
yang pertama, pemahaman urgensi tauhid kemudian pengarahan untuk
mengamalkan bentuk pendidikan tauhid yang telah diajarkan, serta pemberia
apresiasi.
2. Diantara strategi yang mumpuni dalam pembentukan akhlakul karimah di
Pondok Tahfidzul Qur‟an Ibnu Abbas Bone yakni pemberian keteladanan
yang baik oleh Pembina dan kegiatan evaluasi untuk melengkapi apa yang
kurang atau memperbaiki apa yang rusak, dilakukan dalam lima sampai
enam kali dalam sehari.
3. Nilai-nilai pemdidikan tauhid yang ditanamkan di Pondok Pesantren
Tahfidzul Qur‟an Ibnu Abbas Bone, sesuai dengan rumusan yang diterima
peneliti dalam proses penyelesaian data maka terdapat nilai tauhid uluhiyah,
rububiyah, dan asma was shifat.
B. Saran
1. Kepada pimpinan Pondok Pesantren Pondok Tahfizul Qur‟an Ibnu Abbas
Bone, agar tetap mempertahankan nilai-nilai positif yang terdapat di pondok
terutama nilai-nilai pendidikan tauhid serta tetap terus bersiap akan
tantangan zaman.
2. Kepada semua lapisan Pembina di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur‟an Ibnu
Abbas Bone, agar tetap istqomah dalam mengajarkan nilai-nilai pendidikan,
terutama nilai-nilai pendidikan tauhid serta kekompakan juga terus dijaga
jangan biarkan musuhyang nyata masuk untuk merusak.
proses pelaksanaan pendidikan tauhid kepada santri di Pondok Pesantren Tahfidzul
Qur‟an Ibnu Abbas Bone. Kedua, bagaimana strategi pembentukan akhlakul karimah
kepada Santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur‟an Ibnu Abbas Bone, melalui
penanaman nilai pendidikan tauhid. Ketiga, nilai-nilai pendidikan apa saja yang
ditanamakan dalam pembentukan akhlakul karimah di Pondok Pesantren Tahfidzul
Qur‟an Ibnu Abbas Bone.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini
yaitu pendidik dan santri di Pondok Pesantren Ibnu Abbas. adapun pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumetasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Proses pelaksanaan pendidikan
nilai-nilai tauhid di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur‟an Ibnu Abbas Bone ada tiga
tahap yang peneliti kaji yakni yang pertama, memberi pemahaman urgensi tauhid
kemudian pengamalan pendidikan tauhid, serta pemberian apresiasi. Kedua, diantara
strategi yang mumpuni dalam pembentukan akhlakul karimah di Pondok Tahfidzul
Qur‟an Ibnu Abbas Bone yakni pemberian keteladanan yang baik oleh Pembina dan
kegiatan evaluasi untuk melengkapi apa yang kurang atau memperbaiki apa yang
rusak, dilakukan dalam lima sampai enam kali dalam sehari. Ketiga, penanaman
nilai-nilai pemdidikan tauhid uluhiyah, rububiyah, dan asma dan sifat di Pondok
Pesantren Tahfidzul Qur‟an Ibnu Abbas Bone.
A. Simpulan
1. Proses pelaksanaan pendidikan nilai-nilai tauhid di Pondok Pesantren
Tahfidzul Qur‟an Ibnu Abbas Bone ada tiga tahap yang peneliti kaji yakni
yang pertama, pemahaman urgensi tauhid kemudian pengarahan untuk
mengamalkan bentuk pendidikan tauhid yang telah diajarkan, serta pemberia
apresiasi.
2. Diantara strategi yang mumpuni dalam pembentukan akhlakul karimah di
Pondok Tahfidzul Qur‟an Ibnu Abbas Bone yakni pemberian keteladanan
yang baik oleh Pembina dan kegiatan evaluasi untuk melengkapi apa yang
kurang atau memperbaiki apa yang rusak, dilakukan dalam lima sampai
enam kali dalam sehari.
3. Nilai-nilai pemdidikan tauhid yang ditanamkan di Pondok Pesantren
Tahfidzul Qur‟an Ibnu Abbas Bone, sesuai dengan rumusan yang diterima
peneliti dalam proses penyelesaian data maka terdapat nilai tauhid uluhiyah,
rububiyah, dan asma was shifat.
B. Saran
1. Kepada pimpinan Pondok Pesantren Pondok Tahfizul Qur‟an Ibnu Abbas
Bone, agar tetap mempertahankan nilai-nilai positif yang terdapat di pondok
terutama nilai-nilai pendidikan tauhid serta tetap terus bersiap akan
tantangan zaman.
2. Kepada semua lapisan Pembina di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur‟an Ibnu
Abbas Bone, agar tetap istqomah dalam mengajarkan nilai-nilai pendidikan,
terutama nilai-nilai pendidikan tauhid serta kekompakan juga terus dijaga
jangan biarkan musuhyang nyata masuk untuk merusak.
Ketersediaan
| STAR20230254 | 254/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
254/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
