Efektivitas Penggunaan Media Surga Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV MI Nurul Yaqin Lompo

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media
surga dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA pada siswa kelas IV MI Nurul
Yaqin Lompo. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif dengan desain yang digunakan desain one group pretest posttest.
Dalam penelitian ini yang menjadi sampel adalah seluruh siswa kelas IV MI
Nurul Yaqin Lompo berjumlah 15 orang. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini berupa tes pemahaman konsep sumber energi gerak berbentuk
pilihan ganda. Kemudian dilakukan analisis data menggunakan analisis statistik
deskriptif melalui program Statiscal Package Sosial Science (SPSS) Versi 23.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan
menggunakan media surga mampu meningkatkan pemahaman konsep IPA pada
siswa kelas IV MI Nurul Yaqin Lompo. Media surga efektif untuk meningkatkan
pemahaman konsep IPA. Hal ini dapat dilihat dari perbedaan sebelum dan setelah
menggunakan media surga. Nilai rata-rata pretest 58,67 dengan nilai tertinggi 80.
Sedangkan nilai rata-rata posttest 84,67 dengan nilai tertinggi 100. Dari hasil uji
hipotesis dengan pengambilan keputusan yaitu Uji Paired Sample T-Test
diperoleh jika nilai signifikansi < 0.05 maka H₀ ditolak dan H₁ diterima. Jika nilai
signifikansi > 0.05 maka H₀ diterima dan H₁ ditolak. Dari data yang diperoleh
bahwa nilai signifikansi < 0.01 maka dapat dikatakan bahwa H₀ ditolak dan H₁
diterima. Adapun nilai uji t pada pretest 16.759, sedangkan pada posttest adalah
33.108
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian terkait efektivitas penggunaan media surga
dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA pada siswa kelas IV MI Nurul
Yaqin Lompo, maka diambil simpulan :
1. Berdasarkan tabel 4.8 terlihat bahwa pemahaman konsep IPA pada siswa
sebelum menggunakan media surga pada siswa kelas IV MI Nurul Yaqin
Lompo dapat dilihat dari perolehan skor pretest yang berada pada nilai
interval 21-40 sebanyak 3 siswa (20%) berada pada kategori rendah. Pada
interval 41-60 sebanyak 7 siswa (47%) berada pada kategori sedang. Untuk
interval 61-80 yaitu sebanyak 5 siswa (33%) berada pada kategori tinggi.
Pada pretest ini tidak ada siswa yang mendapatkan nilai pada interval 81-
100. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai yang diperoleh siswa
pada saat Pretest hanya (47%) berada pada kategori sedang.
2. Berdasarkan tabel 4.8 terlihat bahwa pemahaman konsep IPA pada siswa
setelah menggunakan media surga pada siswa kelas IV MI Nurul Yaqin
Lompo dapat dilihat dari perolehan skor posttest yang berada pada nilai
Untuk interval 61-80 yaitu sebanyak 7 siswa (47%) berada pada kategori
tinggi. Dan pada posttest ini nilai yang berada pada interval 81-100 terdapat
8 siswa (53%) berada pada kategori sangat tinggi. Dari hasil tersebut dapat
disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa pada
saat posttest (53%) berada pada kategori sangat tinggi.
3. Media surga efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA pada
siswa kelas IV MI Nurul Yaqin Lompo. Hal ini dapat dilihat dari uji
hipotesis dengan pengambilan keputusan menggunakan program Statistikal
Package Social Sciens (SPSS) Versi 23. Jika nilai signifikansi < 0.05 maka
H₀ ditolak dan H₁ diterima. Jika nilai signifikansi > 0.05 maka H₀ diterima
dan H₁ ditolak. Dari data yang diperoleh bahwa nilai signifikansi < 0.01
maka dapat dikatakan bahwa H₀ ditolak dan H₁ diterima. Adapun nilai uji t
pada pretest 16.759, sedangkan pada posttest adalah 33.108.
B. Saran
1. Bagi penulis
Dapat menambah wawasan dan pengalaman langsung bagi peneliti
tentang cara meningkatkan pemahaman konsep sumber energi gerak melalui
media surga.
2. Bagi anak didik
Diharapkan dapat memberikan pengalaman langsung kepada siswa
mengenai pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan melalui
media surga. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman konsep
sumber energi gerak.
3. Bagi guru
Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan tentang
suatu alternatif pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman konsep
sumber energi gerak
Ketersediaan
STAR20240182182/2024Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

182/2024

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Subyek

Media Surga

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top