Analisis Tingkat Probabilitas Loyalitas Pelanggan Muslim Dalam Berbelanja Fashion Distro Selama 3 Tahun Kedepan (Studi pada Pelanggan Toko Distro Inner Store Watampone

No image available for this title
Penelitian tentang loyalitas pelanggan muslim dengan menggunakan variabel
kualitas produk, kepercayaan konsumen, brand trust, atribut toko, dan kearifan lokal
yang digunakan secara bersama-sama serta menggunakan metode logistik belum ada
yang melakukannya. Karena itu, skripsi ini hadir untuk membahas hal ini, dan
disinilah letak bedanya dari hasil-hasil penelitian sebelumnya tentang loyalitas
pelanggan muslim. Dalam meneliti loyalitas pelanggan muslim digunakan
pendekatan kuantitatif untuk aspek metodologinya dan ekonomi Islam untuk aspek
keilmuwannya. Dalam penelitian ini, diusulkan tiga pertanyaan penelitian, yaitu: (1)
Faktor-faktor apa yang mempengaruhi loyalitas pelanggan muslim berbelanja fashion
distro di Toko Distro Inner StoreWatampone selama tiga tahun ke depan, (2)
Bagaimana karakteristik antara loyal dan tidak loyalnya pelanggan muslim berbelanja
fashion distro di Toko Distro Inner Store Watampone selama 3 tahun kedepan, (3)
Bagaimana tingkat probabilitas loyalitas pelanggan muslim berbelanja fashion
distrodi Toko Distro Inner Store Watampone selama 3 tahun kedepan.
Untuk menjawab ketiga pertanyaan penelitian tersebut dibutuhkan data
statistik yang dikumpulkan melalui instrumen angket, dan juga didukung data
dokumentasi sebagai penguatan hasil penelitian. Data angket yang berhasil diisi oleh
responden penelitian sebanyak 100 buah. Artinya, sampel yang digunakan sebanyak
100. Data statistic tersebut dianalisis dengan menggunakan regresi logistik pada
aplikasi SPSS Versi 24 dan hasilnya diinterpretasi dengan teori loyalitas pelanggan
dan perilaku konsumen muslim.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas
pelanggan muslim berbelanja fashion distro di Toko Distro Inner Store Watampone
selama tiga tahun kedepan adalah kepercayaan konsumen dan brand trust. Artinya,
dua variabel yang diajukan terbukti dan tiga variabel tidak terbukti. Maknanya,
kepercayaan masyarakat terhadap produk dan merek pada Toko Distro Inner Store
akan membuat mereka loyal selama tiga tahun ke depan, (2) karakteristik antara loyal
dan tidak loyalnya pelanggan muslim berbelanja fashion distrodi Toko Distro Inner
Store Watampone selama 3 tahun kedepan adalah kepercayaan konsumen dan brand
trust memberikan peluang lebih kecil dalam loyalitas pelanggan selama tiga tahun ke
depan sedangkan kearifan lokal memberikan peluang lebih besar dalam loyalitas
pelanggan selama tiga tahun ke depan, (3) tingkat probabilitas loyalitas pelanggan
muslim berbelanja fashion distrodi Toko Distro Inner Store Watampone selama 3
tahun kedepan sebesar 1% masyarakat akan loyal dan 99% masyarakat tidak akan
loyal selama tiga tahun ke depan.
A. Kesimpulan
Dari hasil analisis dan pembahasan yang telah dibahas pada Bab IV, maka
dapat ditarik kesimpulan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan peneliti yang
telah dirumuskan pada Bab I Pendahuluan. Adapun kesimpulan yang dapat ditarik
dalam penelitian ini, yaitu sebagai berikut.
1. Dalam penelitian ini, hanya ada dua variabel yang menjadi faktor pengaruh
loyalitas pelanggan muslim dalam berbelanja fashion distro di Toko Inner
Store Watampone selama 3 tahun kedepan, yaitu kepercayaan konsumen dan
brand trust, sedangkan kualitas produk, atribut toko, dan kearifan lokal tidak
berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan muslim dalam berbelanja fashion
distro di Toko Inner Store Watampone selama 3 tahun kedepan.
2. Karakteristik pelanggan muslim dalam berbelanja fashion distro di Toko
Inner Store Watampone selama 3 tahun kedepan menunjukkan peluang
pelanggannya untuk loyal lebih kecil dengan menerapkan kepercayaan
konsumen dan brand trust.
3. Persentase probabilitas loyalitas pelanggan muslim yang mau loyal berbelanja
fashion distro di Toko Inner Store Watampone selama 3 tahun kedepan
sebesar 1% dengan menerapkan kepercayaan konsumen dan brand trust,
sedangkan peluang untuk tidak loyal selama 3 tahun kedepan adalah sebesar
99%. Artinya meskipun kepercayaan konsumen dan brand trust memberikan
pengaruh terhadap keloyalan pelanggan muslim namun, peluang untuk
membuat mereka loyal selama 3 tahun kedepan masih kecil.
B. Implikasi Penelitian
Implikasi yang dapat ditimbulkan dari kesimpulan diatas, yaitu diihat dari
probabilitas loyalitas pelanggan muslim berbelanja fashion distro di Toko Inner
Store Watampone selama 3 tahun kedepan, pelanggan muslim di toko tersebut
telah menjadikan prinsip kesederhanaan sebagai pertimbangan utama dalam
berbelanja. Maka kemungkinan mereka tidak bisa menjadi pelanggan yang loyal
dalam berbelanja fashion distro selama 3 tahun kedepan. Hal ini bisa berdampak
kepada aktivitas bisnis Toko Inner Store sebagai salah satu toko pakaian distro di
Watampone dan dikenal sebagai salah satu toko distro yang terbesar dengan
berbagai kelengkapan barang dan merek distro yang ditawarkan karena
konsumennya tidak mau loyal selama 3 tahun kedepan.
C. Saran
Berdasarkan pada implikasi diatas, maka dapat disarankan hal-hal sebagai
berikut:
1. Disarankan kepada Pemilik Toko Inner Store Watampone agar pelanggannya
bisa tetap loyal selama 3 tahun kedepan untuk lebih banyak bersosialisasi
kepada semua kalangan masyarakat muslim baik secara online maupun
offline, agar mereka dapat mengenali Toko Inner Store sebagai salah satu
toko distro yang terbesar di Watampone dengan berbagai kelengkapan produk
dan merek distro yang ditawarkan, dengan kualitas yang terbaik dan tanpa ada
unsur israf, sehingga lebih banyak yang datang berbelanja dan mau loyal
selama 3 tahun kedepan.
2. Hasil penelitian ini dituangkan dalam bentuk skripsi, yang didalamnya masih
memiliki banyak kelemahan dari aspek teori, metode dan data yang digunakan
sehingga dalam pengambilan kesimpulan belum sempurna sebagaimana yang
diharapkan. Karena itu, para peneliti selanjutnya diharapkan dapat membaca
skripsi ini untuk kemudian dilanjutkan, agar hasilnya dapat dijadikan sebagai
panduan atau patokan dalam mengembangkan fashion distro bagi para
pemilik usaha toko distro dan dikenal memberikan kepercayaan konsumen
maupun kepercayaan merek (brand trust) kepada pelanggan muslim di
Kabupaten Bone.
Ketersediaan
SFEBI20220107107/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

107/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi FEBI

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top