Efektivitas Media Rumah Kotak Multifungsi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Penjumlahan Kelas II SD Inpres 3/77 Bajoe 1 Kab. Bone
Yuliana Ningsih/862322019088 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Media Rumah Kotak
Multifungsi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Penjumlahan Kelas II SD
Inpres 3/77 Bajoe 1 Kab. Bone. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
kuantitatif dengan desain Pre-experimental design dengan bentuk desain one-
group pretest-posttest design. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel adalah
seluruh siswa kelas II SD Inpres 3/77 Bajoe 1 Kab. Bone berjumlah 19 orang
instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa teks pemahaman konsep
penjumlahan berbentuk pilihan ganda dan uraian. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes, observasi dan dokumentasi kemudian dilakukan analisis data
menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial melalui program
Statiscal Package Sosial Science (SPSS) Versi 22.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Rumah Kotak Multifungsi efektif untuk
meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji
hipotesis dengan pengambilan keputusan dan hasil uji efektivitas. Jika nilai
signifikansi (2-tailed) < 0.05 maka H₀ ditolak dan H₁ diterima. Jika nilai
signifikansi (2-tailed) > 0.05 maka H₀ diterima dan H₁ ditolak. Dari data yang
diperoleh menunjukkan nilai sig.2 (tailed) .000 < 0.05 maka dapat dikatakan
bahwa H₀ ditolak dan H₁ diterima artinya penggunaan media rumah kotak
multifungsi dapat meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan Kelas II SD
Inpres 3/77 Bajoe 1 Kab. Bone dan dapat dilihat bahwa nilai rata-rata N-gain
score sebesar 68.60, berdasarkan kategori tafsiran efektivitas N-gain score
termasuk dalam kategori cukup efektif.
A. Kesimpulan
Berdasarkan rumusan masalah, analisis data dan pembahasan yang
telah dilakukan peneliti terhadap hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan
bahwa:
1. Pemahaman konsep siswa sebelum menggunakan media rumah kotak
multifungsi pada penjumlahan memiliki nilai minimum sebesar 33, nilai
maximun 87 dengan nilai rata-rata pre-test dari kelas eksperimen sebesar
58.00 termasuk dalam kategori sedang.
2. Pemahaman konsep siswa setelah menggunakan media rumah kotak
multifungsi pada penjumlahan memiliki nilai minimun 73, nilai maximum
100 dengan nilai rata-rata post-test dari kelas eksperimen sebesar 86.00
termasuk dalam kategori tinggi.
3. Media rumah kotak multifungsi efektif untuk meningkatkan pemahaman
konsep penjumlahan kelas II SD Inpres 3/77 Bajoe 1 Kab. Bone yang
berdasarkan pada hasil uji hipotesis dengan pengambilan keputusan dan
hasil uji efektivitas. Dari data yang diperoleh menunjukkan nilai
sig.2(tailed) .000 < 0.05 maka dapat dikatakan bahwa H₀ ditolak dan H₁
diterima artinya penggunaan media rumah kotak multifungsi dapat
meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan kelas II SD Inpres 3/77
Bajoe 1 Kab. Bone dan dapat dilihat bahwa nilai rata-rata N-gain score
sebesar 68.60, berdasarkan kategori tafsiran efektivitas N-gain score
termasuk dalam kategori cukup efektif.
B. Saran
Dari rumusan masalah dalam penelitian ini, maka dapat peneliti nyatakan
beberapa saran, yaitu sebagai berikut:
1. Kepada guru kelas II SD Inpres 3/77 Bajoe 1 Kab. Bone yang mengampu
mata pelajaran matematika agar dalam proses pembelajaran matematika
disarankan untuk dapat mengajar dengan menggunakan dan
mengembangkan media rumah kotak multifungsi.
2. Kepada seluruh tenaga pendidik di bidang matematika hendaknya
memperkenalkan media yang menarik dan interaktif, agar siswa dapat
mengeksplor kemampuannya dalam proses pembelajaran.
3. Kepada peneliti selanjutnya, agar dapat meneliti lebih lanjut tentang media
Rumah kotak multifungsi dalam sudut pandang yang berbeda. Hal ini
dapat memperkaya perpustakaan Tarbiyah dalam bidang Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).
Multifungsi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Penjumlahan Kelas II SD
Inpres 3/77 Bajoe 1 Kab. Bone. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
kuantitatif dengan desain Pre-experimental design dengan bentuk desain one-
group pretest-posttest design. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel adalah
seluruh siswa kelas II SD Inpres 3/77 Bajoe 1 Kab. Bone berjumlah 19 orang
instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa teks pemahaman konsep
penjumlahan berbentuk pilihan ganda dan uraian. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes, observasi dan dokumentasi kemudian dilakukan analisis data
menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial melalui program
Statiscal Package Sosial Science (SPSS) Versi 22.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Rumah Kotak Multifungsi efektif untuk
meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji
hipotesis dengan pengambilan keputusan dan hasil uji efektivitas. Jika nilai
signifikansi (2-tailed) < 0.05 maka H₀ ditolak dan H₁ diterima. Jika nilai
signifikansi (2-tailed) > 0.05 maka H₀ diterima dan H₁ ditolak. Dari data yang
diperoleh menunjukkan nilai sig.2 (tailed) .000 < 0.05 maka dapat dikatakan
bahwa H₀ ditolak dan H₁ diterima artinya penggunaan media rumah kotak
multifungsi dapat meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan Kelas II SD
Inpres 3/77 Bajoe 1 Kab. Bone dan dapat dilihat bahwa nilai rata-rata N-gain
score sebesar 68.60, berdasarkan kategori tafsiran efektivitas N-gain score
termasuk dalam kategori cukup efektif.
A. Kesimpulan
Berdasarkan rumusan masalah, analisis data dan pembahasan yang
telah dilakukan peneliti terhadap hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan
bahwa:
1. Pemahaman konsep siswa sebelum menggunakan media rumah kotak
multifungsi pada penjumlahan memiliki nilai minimum sebesar 33, nilai
maximun 87 dengan nilai rata-rata pre-test dari kelas eksperimen sebesar
58.00 termasuk dalam kategori sedang.
2. Pemahaman konsep siswa setelah menggunakan media rumah kotak
multifungsi pada penjumlahan memiliki nilai minimun 73, nilai maximum
100 dengan nilai rata-rata post-test dari kelas eksperimen sebesar 86.00
termasuk dalam kategori tinggi.
3. Media rumah kotak multifungsi efektif untuk meningkatkan pemahaman
konsep penjumlahan kelas II SD Inpres 3/77 Bajoe 1 Kab. Bone yang
berdasarkan pada hasil uji hipotesis dengan pengambilan keputusan dan
hasil uji efektivitas. Dari data yang diperoleh menunjukkan nilai
sig.2(tailed) .000 < 0.05 maka dapat dikatakan bahwa H₀ ditolak dan H₁
diterima artinya penggunaan media rumah kotak multifungsi dapat
meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan kelas II SD Inpres 3/77
Bajoe 1 Kab. Bone dan dapat dilihat bahwa nilai rata-rata N-gain score
sebesar 68.60, berdasarkan kategori tafsiran efektivitas N-gain score
termasuk dalam kategori cukup efektif.
B. Saran
Dari rumusan masalah dalam penelitian ini, maka dapat peneliti nyatakan
beberapa saran, yaitu sebagai berikut:
1. Kepada guru kelas II SD Inpres 3/77 Bajoe 1 Kab. Bone yang mengampu
mata pelajaran matematika agar dalam proses pembelajaran matematika
disarankan untuk dapat mengajar dengan menggunakan dan
mengembangkan media rumah kotak multifungsi.
2. Kepada seluruh tenaga pendidik di bidang matematika hendaknya
memperkenalkan media yang menarik dan interaktif, agar siswa dapat
mengeksplor kemampuannya dalam proses pembelajaran.
3. Kepada peneliti selanjutnya, agar dapat meneliti lebih lanjut tentang media
Rumah kotak multifungsi dalam sudut pandang yang berbeda. Hal ini
dapat memperkaya perpustakaan Tarbiyah dalam bidang Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).
Ketersediaan
| STAR20230122 | 122/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
122/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
