Efektivitas Media Kalbu Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Aksara Lontara Siswa Madrasah Ibtidaiyah At- Thahiriyah Componge Kabupaten Bone
Nadia/862322019019 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media kalbu dalam
meningkatkan kemampuan membaca aksara lontara siswa. Penelitian ini
dilaksanakan di MI At-Thahiriyah Componge. Penelitian ini dilakukan melalui
pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian pre-eksperimental dengan bentuk
one-group pre-test post-test design. Populasinya adalah seluru siswa MI At-
Thahiriyah Componge. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VB yang
berjumlah 19 siswa. Penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini
adalah purposive sumpling. Data diperoleh dengan menggunakan tes,
dokumentasi, dan observasi. Tenik analisis data menggunakan analisis data
deskriptif dan analisis data inferensial untuk menguji hipotesis melalui program
Statistical Package Social Science (SPSS) versi 23. Hasil penelitian
menunjukkan, penggunaan media kalbu dapat meningkatkan kemampuan
membaca aksara lontara siswa Madrasah Ibtidaiyah At-Thahiriyah Componge
Kabupaten Bone. Hal ini dapat dilihat dari nilai pre-test kemampuan membaca
siswa yaitu dengan rata rata 51,21 setelah penggunaan media kalbu kemampuan
membaca siswa mengalami peningkatan dengan rata rata 80,05 pada post-test.
Selain itu, berdasarkan kemampuan belajar siswa diperoleh persentase ketuntasan
sebesar 21% yang mencapai KKM pada pre-test meningkat menjadi 89% yang
mencapai KKM pada saat post-test.
A. Kesimpulan
Berdasarkan analisis data dan pembahasan yang telah dilakukan
terhadap hasil dari penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa:
Penggunaan media kalbu dapat meningkatkan kemampuan membaca
aksara lontara siswa kela VB MI At Thahiriyah Componge Kab. Bone. Hal
ini terbukti dari hasil analisis uji Paired Samples Test dengan menggunakan
pengolah data memaluli Statistical Package for Sosial Science (SPSS) 23,
diperoleh t hitung = 13,377 > t tabel = 2,125 yang artinya H 0 ditolak dan H 1
diterima.
Dapat juga dibuktikan dengan nilai rata rata post-test mencapai 80,05
sedangkan nilai rata rata pre-test mencapai 5,21 dengan dengan kriteria
kentuntasan minimal pada pembelajaran bahasa daerah kela VB MI At
Thahiriyah Componge Kab. Bone mencapai 70 KKM.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian, maka diajukan beberapa saran dalam
upaya meningkatkan mutu pendidikan. Adapun saran yang peneliti
sampaiakn antara lain:
1. Penelitian ini dilakukan hanya di kelas VB Madrasah Ibtidaiyah At
Thahiriyah Componge Kabupaten Bone pelajaran bahasa daerah. Penulis
berharap untuk penelitian lebih lanjut dapat dilakukan dalam kelas maupun
jenjang lainnya.
2. Setiap media pembelajaran mempunyai manfaat dalam proses
pembelajaran. Salah satu upaya dalam meningkatkan kemampuan
membaca aksara lontara siswa dalam pembelajaran bahasa daerah
menggunakan media Kalbu.
3. Harapan penulis, semoga skripsi ini dapat digunakan sebagai acuan dalam
melaksanakan pembelajaran yang akan datang dan menjadikan acuan
dalam melaksanakan penelitian selanjutnya, yang pada masa .
meningkatkan kemampuan membaca aksara lontara siswa. Penelitian ini
dilaksanakan di MI At-Thahiriyah Componge. Penelitian ini dilakukan melalui
pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian pre-eksperimental dengan bentuk
one-group pre-test post-test design. Populasinya adalah seluru siswa MI At-
Thahiriyah Componge. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VB yang
berjumlah 19 siswa. Penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini
adalah purposive sumpling. Data diperoleh dengan menggunakan tes,
dokumentasi, dan observasi. Tenik analisis data menggunakan analisis data
deskriptif dan analisis data inferensial untuk menguji hipotesis melalui program
Statistical Package Social Science (SPSS) versi 23. Hasil penelitian
menunjukkan, penggunaan media kalbu dapat meningkatkan kemampuan
membaca aksara lontara siswa Madrasah Ibtidaiyah At-Thahiriyah Componge
Kabupaten Bone. Hal ini dapat dilihat dari nilai pre-test kemampuan membaca
siswa yaitu dengan rata rata 51,21 setelah penggunaan media kalbu kemampuan
membaca siswa mengalami peningkatan dengan rata rata 80,05 pada post-test.
Selain itu, berdasarkan kemampuan belajar siswa diperoleh persentase ketuntasan
sebesar 21% yang mencapai KKM pada pre-test meningkat menjadi 89% yang
mencapai KKM pada saat post-test.
A. Kesimpulan
Berdasarkan analisis data dan pembahasan yang telah dilakukan
terhadap hasil dari penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa:
Penggunaan media kalbu dapat meningkatkan kemampuan membaca
aksara lontara siswa kela VB MI At Thahiriyah Componge Kab. Bone. Hal
ini terbukti dari hasil analisis uji Paired Samples Test dengan menggunakan
pengolah data memaluli Statistical Package for Sosial Science (SPSS) 23,
diperoleh t hitung = 13,377 > t tabel = 2,125 yang artinya H 0 ditolak dan H 1
diterima.
Dapat juga dibuktikan dengan nilai rata rata post-test mencapai 80,05
sedangkan nilai rata rata pre-test mencapai 5,21 dengan dengan kriteria
kentuntasan minimal pada pembelajaran bahasa daerah kela VB MI At
Thahiriyah Componge Kab. Bone mencapai 70 KKM.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian, maka diajukan beberapa saran dalam
upaya meningkatkan mutu pendidikan. Adapun saran yang peneliti
sampaiakn antara lain:
1. Penelitian ini dilakukan hanya di kelas VB Madrasah Ibtidaiyah At
Thahiriyah Componge Kabupaten Bone pelajaran bahasa daerah. Penulis
berharap untuk penelitian lebih lanjut dapat dilakukan dalam kelas maupun
jenjang lainnya.
2. Setiap media pembelajaran mempunyai manfaat dalam proses
pembelajaran. Salah satu upaya dalam meningkatkan kemampuan
membaca aksara lontara siswa dalam pembelajaran bahasa daerah
menggunakan media Kalbu.
3. Harapan penulis, semoga skripsi ini dapat digunakan sebagai acuan dalam
melaksanakan pembelajaran yang akan datang dan menjadikan acuan
dalam melaksanakan penelitian selanjutnya, yang pada masa .
Ketersediaan
| STAR2023229 | 229/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
229/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
