Efektivitas Penggunaan Media Kobela Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Peserta Didik Kelas V Di SD 249 Muara Kecamatan Tonra Kabupaten Bone
Nur Fausiyyah Alyas/862322019116 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui efektivitas media kobela dalam
meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik kelas V SDN 249 Muara
Kecamatan Tonra Kabupaten Bone.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif
menggunakan jenis Pre-Eksperimental Design dengan bentuk desain One Group
Pretest-Posttest Design. Adapun Teknik pengumpulan datanya menggunakan
observasi, tes dan dokumentasi. Dalam penelitian ini yang menjadi sample adalah
seluruh siswa kelas V SDN 249 Muara Kecamatan Tonra Kabupaten Bone
berjumlah 12 orang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes
keterampilan berbicara berbentuk unjuk kerja. Kemudian dilakukan analisis data
menggunakan analisis statistic deskriptif melalui program Statistical Package
Social Science (SPSS) Versi 22.
Analisis uji Paired Sample T-Test pada tabel perhitungan menunjukkan
nilai t sebesar 19.744 dan uji Signifikan menunjukkan hasil (p) 0,000 < 0,05
dengan tingkat signifikasi adalah 5%. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan
rata-rata keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 249 Muara Kecamatan Tonra
Kabupaten Bone sebelum dan sesudah diberikan media pembelajaran berupa
permainan media kobela. Nilai rata-rata posttest (89.5833) lebih tinggi
dibandingkan dengan nilai rata-rata pretest (42.2500). Jadi penggunaan media
kobela efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN
249 Muara Kecamatan Tonra Kabupaten Bone.
A. Simpulan
1. Keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 249 Muara sebelum
menerapkan media kobela memiliki persentase sebesar 22,00 pada
kategori rendah, dan 56,00 berada pada kategori tinggi dan nilai rata-
rata yang diperoleh pada soal pretest sebesar 42.2500.
2. Keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 249 Muara setelah
menerapkan media kobela memiliki persentase sebesar 14,00 berada
pada kategori sedang dan 84,00 berada pada kategori tinggi dan nilai
rata-rata yang diperoleh pada soal posttest sebesar 89,5833.
3. Media kobela efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara
siswa kelas V SDN 249 Muara yang berdasarkan pada hasil analisis
inferensial uji paired sample T-test dengan menggunakan bantuan
pengelolah data SPSS 22 diperoleh sig (2-tailed) sebesar .000 yang
berarti kecil dari α yaitu 000 (0,00 < 0,05), dan diperoleh t = 19.744 dan
df = 11 yang berarti bahwa H 0 ditolak dan H 1 diterima pada tingkat
signifikasi 5% memiliki tingkat kepercayaan 95%.
B. Saran
Dari rumusan masalah dalam penelitian ini, maka dapat peneliti nyatakan
beberapa saran, yaitu sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada kepala SDN 249 Muara agar menganjurkan guru kelas
untuk menggunakan Media Kobela sebagai salah satu media pembelajaran
yang digunakan dalam proses pembelajaran.
2. Diharapkan kepada guru, agar menjadikan Media Kobela sebagai media
yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis.
3. Diharapkan kepada peserta didik agar lebih serius dalam menjalankan media
kobela yang diterapkan oleh guru sehingga keterampilan berbicara lebih
meningkat.
4. Kepada peneliti selanjutnya, agar dapat meneliti lebih lanjut tentang media
kobela dalam sudut pandang yang berbeda. Hal ini dapat memperkaya
perpustakaan Tarbiyah dalam bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
(PGMI)
meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik kelas V SDN 249 Muara
Kecamatan Tonra Kabupaten Bone.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif
menggunakan jenis Pre-Eksperimental Design dengan bentuk desain One Group
Pretest-Posttest Design. Adapun Teknik pengumpulan datanya menggunakan
observasi, tes dan dokumentasi. Dalam penelitian ini yang menjadi sample adalah
seluruh siswa kelas V SDN 249 Muara Kecamatan Tonra Kabupaten Bone
berjumlah 12 orang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes
keterampilan berbicara berbentuk unjuk kerja. Kemudian dilakukan analisis data
menggunakan analisis statistic deskriptif melalui program Statistical Package
Social Science (SPSS) Versi 22.
Analisis uji Paired Sample T-Test pada tabel perhitungan menunjukkan
nilai t sebesar 19.744 dan uji Signifikan menunjukkan hasil (p) 0,000 < 0,05
dengan tingkat signifikasi adalah 5%. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan
rata-rata keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 249 Muara Kecamatan Tonra
Kabupaten Bone sebelum dan sesudah diberikan media pembelajaran berupa
permainan media kobela. Nilai rata-rata posttest (89.5833) lebih tinggi
dibandingkan dengan nilai rata-rata pretest (42.2500). Jadi penggunaan media
kobela efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN
249 Muara Kecamatan Tonra Kabupaten Bone.
A. Simpulan
1. Keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 249 Muara sebelum
menerapkan media kobela memiliki persentase sebesar 22,00 pada
kategori rendah, dan 56,00 berada pada kategori tinggi dan nilai rata-
rata yang diperoleh pada soal pretest sebesar 42.2500.
2. Keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 249 Muara setelah
menerapkan media kobela memiliki persentase sebesar 14,00 berada
pada kategori sedang dan 84,00 berada pada kategori tinggi dan nilai
rata-rata yang diperoleh pada soal posttest sebesar 89,5833.
3. Media kobela efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara
siswa kelas V SDN 249 Muara yang berdasarkan pada hasil analisis
inferensial uji paired sample T-test dengan menggunakan bantuan
pengelolah data SPSS 22 diperoleh sig (2-tailed) sebesar .000 yang
berarti kecil dari α yaitu 000 (0,00 < 0,05), dan diperoleh t = 19.744 dan
df = 11 yang berarti bahwa H 0 ditolak dan H 1 diterima pada tingkat
signifikasi 5% memiliki tingkat kepercayaan 95%.
B. Saran
Dari rumusan masalah dalam penelitian ini, maka dapat peneliti nyatakan
beberapa saran, yaitu sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada kepala SDN 249 Muara agar menganjurkan guru kelas
untuk menggunakan Media Kobela sebagai salah satu media pembelajaran
yang digunakan dalam proses pembelajaran.
2. Diharapkan kepada guru, agar menjadikan Media Kobela sebagai media
yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis.
3. Diharapkan kepada peserta didik agar lebih serius dalam menjalankan media
kobela yang diterapkan oleh guru sehingga keterampilan berbicara lebih
meningkat.
4. Kepada peneliti selanjutnya, agar dapat meneliti lebih lanjut tentang media
kobela dalam sudut pandang yang berbeda. Hal ini dapat memperkaya
perpustakaan Tarbiyah dalam bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
(PGMI)
Ketersediaan
| STAR20230295 | 295/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
295/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
