Efektivitas Penggunaan Media Pohon Misteri dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas II MI- Al Qur‟aniyah Nursyarifa Kab.Bone
Uni Karmila/862322019110 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media Pohon
Misteri dalam meningkatkan kemampuan Membaca Siswa Kelas II MI AL-
Qur‟aniyah Nursyarifa Kabupaten Bone. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah penelitian kuantitatif dengan design One Group Pretest-Posttest.
Penelitian ini yang menjadi sampel adalah seluruh siswa kelas II MI Al-
Qur‟aniyah Nursyarifa yang berjumlah 28 orang. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa 1). Kemampuan membaca siswa kelas II MI AL-Qur‟aniyah Nursyarifa
sebelum menggunakan media pohon misteri memiliki nilai tengah 35 dengan nilai
rata-rata pretest sebesar 39.64. Nilai tertinggi dari pretest berada pada interval 19-
36 dengan persentasi 50% .2). kemampuan membaca siswa kelas II MI Al-
Qur‟aniyah Nursyarifa setelah menggunakan media pohon misteri memiliki nilai
terendah (minimum) sebesar 65 dan nilai tertinggi (maximum) sebesar 90 dengan
nilai rata-rata posttest 78.39. Nilai tertinggi dari posttest berada pada interval 70-
89 dengan persentasi 89%.
Data yang diperoleh setelah penelitian di analisis menggunakan aplikasi Statiscal
Package Sosial Sciences (SPSS) Versi 22, agar dapat mengetahui hasil
perhitungan nilai statistic deskriptif pretest-postest, uji normalitas, uji hipotesis
dan uji t-paired sample test. Penelitian ini dilaksanakan di kelas II MI Al-
Qur‟aniyah Nursyarifa Kabupaten Bone, dengan peserta didik yang berjumlah 28
orang. Hasil penelitian setelah dilakukan perlakuan menggunakan media pohon
misteri, menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh peserta didik kelas II pada saat
post-test terjadi peningkatan dan dapat dilihat dari uji-t pada nilai pre-test dan
post-test, dapat diketahui jika nilai (signifikasi) 2-tailed 0,000 < 0,05 maka H O
ditolak, sehingga media pohon misteri dalam meningkatkan kemampuan
membaca siswa kelas II MI Al-Qur‟aniyah Nuryarifa Kabupaten Bone, karena
nilai signifikasi yang diperoleh adalah 0,00.
a. Kesimpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan peneliti terkait efektivitas
penggunaan media pohon misteri dalam meningkatkan kemampuan membaca
siswa kelas II MI Al-Qur‟aniyah Nuryarifa, maka dapat disimpulkan
1. Kemampuan membaca siswa kelas II MI Al-Qur‟aniyah Nursyarifa sebelum
menggunakan media Pohon Misteri memiliki nilai tengah 35 dengan nilai
rata-rata pretst sebesar 39,64. Jadi nilai tertinggi dari pretst berada pada
interval 19-36 dengan persentasi 50% termasuk kategori rendah.
2. Kemampuan membaca siswa kelas II MI Al-Qur‟aniyah Nursyarifa setelah
menggunakan media Pohon Misteri memiliki nilai terendah (minimum)
sebesar 65 dan nilai tertinggi (maximum) sebesar 90 dengan nilai rata-rata
posttest 78.39. nilai tertinggi dari posttest berada pada interval 70-89 dengan
persentasi 89% termasuk kategori tinggi.
3. Media pohon misteri efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca
siswa kelas II MI Al-Qur‟aniyah Nursyarifa, berdasarkan pada uji paired
Sample T-Test dengan menggunakan bantuan pengolah data SPSS Versi 25
diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0.000 yang berarti kecil dari α yaitu 0.05
(0.000 < 0.05), dan diperoleh t hitung = 11.274 > t tabel = 3.437 yang artinya H 0
ditolak dan H 1 diterima yang berarti bahwa H0 ditolak dan H1 diterima.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini, maka
disarankan beberapa hal sebagai berikut :
1. Bagi siswa
Kemampuan membaca membutuhkan pemahaman siswa dalam
menguasai huruf-huruf abjad terlebih dahulu. Oleh karena itu pentingnya
mengingat dan membedakan huruf-huruf abjad agar tidak sekedar menghafal
2. Bagi guru
a. Guru seharusnya menggunakan alat peraga pembelajaran yang bervariasi
dalam pembelajaran agar siswa tidak merasa bosan dan jenuh.
b. Bagi guru sekolah dasar, penelitian ini dapat digunakan oleh guru sebagai
bahan pertimbangan alternatif, yang paling tepat untuk mengoptimalkan
kemampuan membaca siswa sehingga mutu pendidikan menigkat.
3. Bagi Peneliti Lain
Agar dapat meneliti lebih lanjut tentang media pohon misteri dalam
sudut pandang yang berbeda. Hal ini dapat memrperkaya perpustakaan
Tarbiyah dalam bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI
Misteri dalam meningkatkan kemampuan Membaca Siswa Kelas II MI AL-
Qur‟aniyah Nursyarifa Kabupaten Bone. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah penelitian kuantitatif dengan design One Group Pretest-Posttest.
Penelitian ini yang menjadi sampel adalah seluruh siswa kelas II MI Al-
Qur‟aniyah Nursyarifa yang berjumlah 28 orang. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa 1). Kemampuan membaca siswa kelas II MI AL-Qur‟aniyah Nursyarifa
sebelum menggunakan media pohon misteri memiliki nilai tengah 35 dengan nilai
rata-rata pretest sebesar 39.64. Nilai tertinggi dari pretest berada pada interval 19-
36 dengan persentasi 50% .2). kemampuan membaca siswa kelas II MI Al-
Qur‟aniyah Nursyarifa setelah menggunakan media pohon misteri memiliki nilai
terendah (minimum) sebesar 65 dan nilai tertinggi (maximum) sebesar 90 dengan
nilai rata-rata posttest 78.39. Nilai tertinggi dari posttest berada pada interval 70-
89 dengan persentasi 89%.
Data yang diperoleh setelah penelitian di analisis menggunakan aplikasi Statiscal
Package Sosial Sciences (SPSS) Versi 22, agar dapat mengetahui hasil
perhitungan nilai statistic deskriptif pretest-postest, uji normalitas, uji hipotesis
dan uji t-paired sample test. Penelitian ini dilaksanakan di kelas II MI Al-
Qur‟aniyah Nursyarifa Kabupaten Bone, dengan peserta didik yang berjumlah 28
orang. Hasil penelitian setelah dilakukan perlakuan menggunakan media pohon
misteri, menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh peserta didik kelas II pada saat
post-test terjadi peningkatan dan dapat dilihat dari uji-t pada nilai pre-test dan
post-test, dapat diketahui jika nilai (signifikasi) 2-tailed 0,000 < 0,05 maka H O
ditolak, sehingga media pohon misteri dalam meningkatkan kemampuan
membaca siswa kelas II MI Al-Qur‟aniyah Nuryarifa Kabupaten Bone, karena
nilai signifikasi yang diperoleh adalah 0,00.
a. Kesimpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan peneliti terkait efektivitas
penggunaan media pohon misteri dalam meningkatkan kemampuan membaca
siswa kelas II MI Al-Qur‟aniyah Nuryarifa, maka dapat disimpulkan
1. Kemampuan membaca siswa kelas II MI Al-Qur‟aniyah Nursyarifa sebelum
menggunakan media Pohon Misteri memiliki nilai tengah 35 dengan nilai
rata-rata pretst sebesar 39,64. Jadi nilai tertinggi dari pretst berada pada
interval 19-36 dengan persentasi 50% termasuk kategori rendah.
2. Kemampuan membaca siswa kelas II MI Al-Qur‟aniyah Nursyarifa setelah
menggunakan media Pohon Misteri memiliki nilai terendah (minimum)
sebesar 65 dan nilai tertinggi (maximum) sebesar 90 dengan nilai rata-rata
posttest 78.39. nilai tertinggi dari posttest berada pada interval 70-89 dengan
persentasi 89% termasuk kategori tinggi.
3. Media pohon misteri efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca
siswa kelas II MI Al-Qur‟aniyah Nursyarifa, berdasarkan pada uji paired
Sample T-Test dengan menggunakan bantuan pengolah data SPSS Versi 25
diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0.000 yang berarti kecil dari α yaitu 0.05
(0.000 < 0.05), dan diperoleh t hitung = 11.274 > t tabel = 3.437 yang artinya H 0
ditolak dan H 1 diterima yang berarti bahwa H0 ditolak dan H1 diterima.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini, maka
disarankan beberapa hal sebagai berikut :
1. Bagi siswa
Kemampuan membaca membutuhkan pemahaman siswa dalam
menguasai huruf-huruf abjad terlebih dahulu. Oleh karena itu pentingnya
mengingat dan membedakan huruf-huruf abjad agar tidak sekedar menghafal
2. Bagi guru
a. Guru seharusnya menggunakan alat peraga pembelajaran yang bervariasi
dalam pembelajaran agar siswa tidak merasa bosan dan jenuh.
b. Bagi guru sekolah dasar, penelitian ini dapat digunakan oleh guru sebagai
bahan pertimbangan alternatif, yang paling tepat untuk mengoptimalkan
kemampuan membaca siswa sehingga mutu pendidikan menigkat.
3. Bagi Peneliti Lain
Agar dapat meneliti lebih lanjut tentang media pohon misteri dalam
sudut pandang yang berbeda. Hal ini dapat memrperkaya perpustakaan
Tarbiyah dalam bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI
Ketersediaan
| STAR20240008 | 08/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
08/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
