Efektivitas Penggunaan Media Bianglala Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Pecahan Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V MI Ibadurrahman Muttahidah Kabupaten Bone

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas
penggunaan media bianglala dalam meningkatkan pemahaman konsep pecahan
pada pembelajaran matematika siswa kelas V MI Ibadurrahman Muttahidah.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan
desain yang digunakan desain one-group pretest-posttest design. Dalam penelitian
ini yang menjadi sampel adalah seluruh siswa kelas V MI Ibadurrahman
Muttahidah berjumlah 10 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
berupa tes pemahaman konsep pecahan berbentuk pilihan ganda. Kemudian
dilakukan analisis data menggunakan analisis statistik inferensial melalui
program Statiscal Package Sosial Science (SPSS) Versi 23. Analisis uji Paired
Sample T – Test pada tabel perhitungan menunjukkan nilai t sebesar 7.571 dan
uji signifikan menunjukkan hasil (p) 0,001 < 0,05 dengan tingkat signifikan
adalah 5%. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata pemahaman
konsep pecahan siswa kelas V MI Ibadurrahman Muttahidah sebelum dan setelah
diberikan media pembelajaran berupa permainan media bianglala. Nilai rata-rata
posttest (83.00) lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata pretest (61.00).
A. simpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian terkait efektivitas
penggunaan media bianglala dalam meningkatkan pemahaman konsep pecahan
siswa kelas V MI Ibadurrahman Muttahidah, maka dapat disimpulkan:
1. Pemahaman konsep matematika sebelum menggunakan media bianglala
pada siswa kelas V MI Ibadurrahman Muttahidah memiliki rata-rata (pre-
test) 61, nilai tertinggi sebesar 80, dan nilai terendah hanya 40, dapat
disimpulkan bahwa nilai yang diperoleh siswa kelas V pada saat pre-test
masih rendah dikarenakan belum mencapai kriteria pemahaman konsep
pecahan.
2. Pemahaman konsep matematika setelah menggunakan media bianglala
pada siswa kelas V MI Ibadurrahman Muttahidah memiliki rata-rata (post-
test) 83, nilai tertinggi sebesar 100, dan nilai terendah sebesar 70, dapat
disimpulkan bahwa nilai yang diperoleh siswa kelas V pada saat post-test
terjadi peningkatan dengan melihat kriteria pemahaman konsep pecahan.
3. Efektivitas media bianglala dalam meningkatkan pemahaman konsep
pecahan pada pembelajaran matematika siswa kelas V MI Ibadurrahman
Muttahidah. Hal ini dapat dilihat dari uji-t menggunakan SPSS versi 23
pada skor pre-test dan post-test, dapat diketahui nilai (signifikan) 2- tailed
adalah 0,000 < 0,05. Berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan,dalam
meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas V MI Ibadurrahman
Muttahidah dapat dikatakan meningkat.
B. Saran
1. Bagi penulis
Dapat menambah wawasan dan pengalaman langsung bagi peneliti
tentang cara meningkatkan pemahaman konsep pecahan melalui media
bianglala.
2. Bagi anak didik
Diharapkan dapat memberikan pengalaman langsung kepada siswa
mengenai pembeljaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan melalui
media bianglala. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman
konsep pecahan.
3. Bagi guru
Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan tentang suatu
alternative pembelajaran dalam mningkatkan pemahaman konsep
pecahan.
4. Bagi sekolah
Sebagai kajian ilmiah disekolah dasar khususnya di madrasah ibtidaiyah
sebagai tambahan media pembelajaran siswa yang dapat digunakan
dalam menigkatkan pemahaman konsep pecahan dengan menggunakan
media bianglala.
Ketersediaan
STAR20230285285/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

285/2023

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top