Pemanfaatan Smartphone Merek Iphone Sebagai Media Pemasaran Wirausaha Mandiri Pada Masa Pandemi Covid 19 Dalam Peningkatan Penjualan (Studi Pada Toko Rindu Mode)
Serliana/01.18.3078 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang bagaimana Pemanfaatan Smartphone merek Iphone
sebagai media pemasaran wirausaha mandiri muslim pada masa pandemi Covid 19.
(Studi pada Toko Rindu Mode). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan Untuk
menganalisis pemanfaatan smartphone merek Iphone sebagai media pemasarn
wirausaha mandiri muslim pada masa pandemi Covid 19 dalam peningkatan
penjualan pada toko Rindu Mode.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan dengan pendekatan
kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan
dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Teknik analisis data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mencari informasi mengenai
pemanfaatan smartphone merek Iphone sebagai media pemasaran wirausaha mandiri
muslim pada masa pandemi Covid 19 dalam peningkatan penjualan. Informan dalam
penelitian ini adalah pemilik toko Rindu Mode, karyawan toko Rindu Mode
sebanyak 2 orang dan konsumen toko Rindu Mode sebanyak 4 orang.
Hasil penelitian menunjukkan (1) pemanfaatan smartphone merek Iphone sebagai
media pemasaran pada masa pandemi Covid 19 dalam peningkatan penjualan sangat
efektif karena konsumen dapat berbelanja walaupun dirumah dan toko Rindu Mode
tetap mendapatkan peningkatan penjualan yakni penjualan secara online. (2) kendala
pemasaran pada masa pandemi Covid 19 dalam meningkatkan penjualan terdapat
tiga hal yakni jumlah pembeli dan jam operasional, daya saing, dan tingkat penjual
yang telah teratasi dengan baik melalui strategi pemasaran dengan pemanfaatan
smartphone yang dilakukan.
A. Kesimpulan
Berdasarkan rumusan masalah tentang pemanfaatan smartphone merek
Iphone sebagai media pemasaran wirausaha mandiri muslim pada masa pandemi
Covid 19 dalam peningkatan penjualan pada toko Rindu Mode, dapat ditarik
kesimpulan sebagai jawaban dari rumusan masalah sebagai berikut.
1. Pemanfaatan smartphone merek Iphone sebagai media pemasaran pada masa
pandemi Covid 19 dalam peningkatan penjualan berjalan dengan sangat efektif
sebab masyarakat tetap bisa berbelanja walaupun hanya di rumah dan toko Rindu
Mode mengalami peningkatan penjualan yakni penjualan secara online.
2. Kendala pemasaran pada masa pandemi Covid 19 dalam meningkatkan penjualan
yakni jumlah pembeli dan jam operasional, daya saing, dan tingkat penjualan.
Toko Rindu Mode telah mengatasi kendala tersebut dengan baik melalui strategi
pemasaran dengan memanfaatkan smartphone antara lain, kelebihan kamera yang
dimiliki smartphone merek Iphone yaitu kulitas gambar yang real picture,
konsisten memposting barang yang dimiliki di media sosial, penggunaan aplikasi
WhatsApp sebagai pendukung komunikasi kepada pembeli, dan penggunaan
Mobile Banking yang memudahkan pembeli dalam melakukan transaksi
walaupun hanya di rumah.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian mengenai pemanfaatan smartphone merek
Iphone sebagai media pemasaran wirausaha mandiri muslim pada toko Rindu Mode,
maka saran peneliti diantaranya :
1. Bagi Toko Rindu Mode
Toko Rindu Mode sebaiknya lebih peka terhadap pengetahuan teknologi
masyarakat, tidak semua kalangan mampu menguasai smartphone dengan baik
khususnya dalam penggunaan media sosial.
2. Bagi konsumen toko Rindu Mode
Bagi masyarakat agar lebih cerdas dalam memanfaatkan teknologi yang ada
khususnya smartphone dalam penggunaan media sosial, dan juga agar lebih peka
dalam melihat kondisi yang terjadi khususnya pada masa pandemi Covid 19.
C. Implikasi
Dalam penelitian ini memiliki implikasi dan manfaat bagi peneliti maupun
bagi toko Rindu Mode dan konsumen toko Rindu Mode :
1. Menambah wawasan bagi penulis dalam pemanfaatan smartphone merek Iphone
sebagai media pemasaran wirausaha mandiri muslim pada masa pandemi Covid
19 dalam peningkatan penjualan pada toko Rindu Mode.
2. Menambah strategi toko Rindu Mode mengenai pentingnya teknologi kepada
masyarakat, khususnya pada konsumen toko Rindu Mode.
3. Membangun kesadaran konsumen toko Rindu Mode mengenai pentingnya
teknologi pada saat ini agar pemasaran dapat berjalan dengan baik dan tetap
berada dikoridor islami.
sebagai media pemasaran wirausaha mandiri muslim pada masa pandemi Covid 19.
(Studi pada Toko Rindu Mode). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan Untuk
menganalisis pemanfaatan smartphone merek Iphone sebagai media pemasarn
wirausaha mandiri muslim pada masa pandemi Covid 19 dalam peningkatan
penjualan pada toko Rindu Mode.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan dengan pendekatan
kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan
dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Teknik analisis data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mencari informasi mengenai
pemanfaatan smartphone merek Iphone sebagai media pemasaran wirausaha mandiri
muslim pada masa pandemi Covid 19 dalam peningkatan penjualan. Informan dalam
penelitian ini adalah pemilik toko Rindu Mode, karyawan toko Rindu Mode
sebanyak 2 orang dan konsumen toko Rindu Mode sebanyak 4 orang.
Hasil penelitian menunjukkan (1) pemanfaatan smartphone merek Iphone sebagai
media pemasaran pada masa pandemi Covid 19 dalam peningkatan penjualan sangat
efektif karena konsumen dapat berbelanja walaupun dirumah dan toko Rindu Mode
tetap mendapatkan peningkatan penjualan yakni penjualan secara online. (2) kendala
pemasaran pada masa pandemi Covid 19 dalam meningkatkan penjualan terdapat
tiga hal yakni jumlah pembeli dan jam operasional, daya saing, dan tingkat penjual
yang telah teratasi dengan baik melalui strategi pemasaran dengan pemanfaatan
smartphone yang dilakukan.
A. Kesimpulan
Berdasarkan rumusan masalah tentang pemanfaatan smartphone merek
Iphone sebagai media pemasaran wirausaha mandiri muslim pada masa pandemi
Covid 19 dalam peningkatan penjualan pada toko Rindu Mode, dapat ditarik
kesimpulan sebagai jawaban dari rumusan masalah sebagai berikut.
1. Pemanfaatan smartphone merek Iphone sebagai media pemasaran pada masa
pandemi Covid 19 dalam peningkatan penjualan berjalan dengan sangat efektif
sebab masyarakat tetap bisa berbelanja walaupun hanya di rumah dan toko Rindu
Mode mengalami peningkatan penjualan yakni penjualan secara online.
2. Kendala pemasaran pada masa pandemi Covid 19 dalam meningkatkan penjualan
yakni jumlah pembeli dan jam operasional, daya saing, dan tingkat penjualan.
Toko Rindu Mode telah mengatasi kendala tersebut dengan baik melalui strategi
pemasaran dengan memanfaatkan smartphone antara lain, kelebihan kamera yang
dimiliki smartphone merek Iphone yaitu kulitas gambar yang real picture,
konsisten memposting barang yang dimiliki di media sosial, penggunaan aplikasi
WhatsApp sebagai pendukung komunikasi kepada pembeli, dan penggunaan
Mobile Banking yang memudahkan pembeli dalam melakukan transaksi
walaupun hanya di rumah.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian mengenai pemanfaatan smartphone merek
Iphone sebagai media pemasaran wirausaha mandiri muslim pada toko Rindu Mode,
maka saran peneliti diantaranya :
1. Bagi Toko Rindu Mode
Toko Rindu Mode sebaiknya lebih peka terhadap pengetahuan teknologi
masyarakat, tidak semua kalangan mampu menguasai smartphone dengan baik
khususnya dalam penggunaan media sosial.
2. Bagi konsumen toko Rindu Mode
Bagi masyarakat agar lebih cerdas dalam memanfaatkan teknologi yang ada
khususnya smartphone dalam penggunaan media sosial, dan juga agar lebih peka
dalam melihat kondisi yang terjadi khususnya pada masa pandemi Covid 19.
C. Implikasi
Dalam penelitian ini memiliki implikasi dan manfaat bagi peneliti maupun
bagi toko Rindu Mode dan konsumen toko Rindu Mode :
1. Menambah wawasan bagi penulis dalam pemanfaatan smartphone merek Iphone
sebagai media pemasaran wirausaha mandiri muslim pada masa pandemi Covid
19 dalam peningkatan penjualan pada toko Rindu Mode.
2. Menambah strategi toko Rindu Mode mengenai pentingnya teknologi kepada
masyarakat, khususnya pada konsumen toko Rindu Mode.
3. Membangun kesadaran konsumen toko Rindu Mode mengenai pentingnya
teknologi pada saat ini agar pemasaran dapat berjalan dengan baik dan tetap
berada dikoridor islami.
Ketersediaan
| SFEBI20220085 | 85/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
85/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
