Strategi Branding Hubungan Masyarakat (Humas) Iain Bone Dalam Membangun Citra Kampus
Fahmitadebiratul Izmi/ 03.18.2001 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang strategi branding hubungan masyarakat
(HUMAS) IAIN Bone dalam membangun citra kampus. Adapun tujuan penelitian ini
adalah (a) untuk mengetahui upaya Humas IAIN Bone dalam membangun citra
kampus, (b) untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat pada
pelaksanaan strategi branding Humas IAIN Bone dalam membangun citra kampus, dan
(c) untuk menganalisis dampak dari strategi branding Humas dalam membangun citra
kampus.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan jenis penelitian
deskriptif kualitatif dengan pendekatan ilmu komunikasi dan ilmu teknologi informasi
komunikasi. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah pegawai yang bekerja di
sub bagian kerja sama dan hubungan masyarakat sebanyak 4 orang. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data menurut Miles dan
Huberman, yang terdiri dari tiga tahapan yaitu reduksi data (data reduction), paparan
data (data display) dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/verification).
Hasil penelitian menunjukan bahwa, 1) Upaya branding yang dilakukan oleh
Humas IAIN Bone dalam membangun citra kampus adalah membangun beberapa
brand yaitu brand positioning, brand identity, brand personality dan brand
communication, penyebarluasan informasi melalui media sosial sebagai alat perantara
untuk proses branding, dan menentukan strategi jangka panjang. 2) Faktor pendukung
dan penghambat dalam strategi branding Humas IAIN Bone dalam membangun citra
kampus. Faktor pendukung dalam strategi branding Humas IAIN Bone adalah media
yang digunakan, keberadaan kampus IAIN Bone dan keterbukaan dalam menjalin
hubungan kerja sama, serta sarana dan prasarana yang ada di kampus IAIN Bone.
Sedangkan faktor penghambatnya adalah peralatan yang kurang memadai sehingga
harus menggunakan peralatan pribadi, kurangnya staf di bagian Humas dan sistem
administrasi yang cukup lambat, keberadaan Humas yang masih terbilang cukup baru,
serta keberadaan dan tugas utama Humas yang masih kurang diketahui oleh unit-unit
lain. 3) Dampak yang diperoleh dari strategi branding Humas IAIN Bone dalam
membangun citra kampus adalah dampak positif seperti tidak dianggap ketinggalan
zaman oleh lembaga pendidikan lain karena mengikuti perkembangan zaman di era
yang semakin melekat dengan teknologi, meningkatnya pengikut di media digital
terlebih pada akun instagram milik kampus IAIN Bone, serta terjadinya perubahan
polarisasi penerimaan mahasiswa baru memberikan dampak yang sangat besar
terhadap peningkatan jumlah mahasiswa yang mendaftar juga semakin meningkat
dibanding dengan tahun sebelumnya selain itu memberikan opini yang baik di mata
publik.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian-uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka penulis
dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan sebagai
berikut:
1. Upaya branding yang dilakukan oleh Humas IAIN Bone dalam
membangun citra kampus adalah membangun beberapa brand yaitu brand
positioning, brand identity, brand personality dan brand communication
yang sesuai dengan visi dan misi kampus IAIN Bone yaitu “Unggul dan
Humanis”, penyebarluasan informasi melalui media sosial sebagai alat
perantara untuk proses branding, dan menentukan strategi jangka panjang
yang akan dilakukan oleh Humas IAIN Bone kedepannya dengan cara
memaksimalkan penggunaan media yang ada pada kampus IAIN Bone
yang dikelola oleh pihak Humas, baik itu media konvensional maupun
media digital. Pemaksimalan penggunaan media sebagai strategi branding
yang dilakukan oleh Humas IAIN Bone dapat memberikan penilaian dan
opini yang bagus dari publik, baik publik internal maupun eksternal.
2. Faktor pendukung dan penghambat dalam strategi branding Humas IAIN
Bone dalam membangun citra kampus. Faktor pendukung dalam strategi
branding Humas IAIN Bone adalah media yang digunakan, baik media
online maupun media sosial seperti youtube, instagram, facebook, twitter,
dam tiktok, serta media konvensional lainnya seperti radio, koran, papan
karangan bunga, spanduk, baliho, hingga Radio Republik Indonesia (RRI)
Bone yang bekerja sama dengan pihak kampus IAIN Bone. Selain media
dyang digunakan, keberadaan kampus IAIN Bone dan keterbukaan dalam
menjalin hubungan kerja sama, serta sarana dan prasarana yang ada di
kampus IAIN Bone menjadi faktor pendukung selama proses branding.
Sedangkan faktor penghambatnya adalah peralatan yang kurang memadai
sehingga harus menggunakan peralatan pribadi, kurangnya staf di bagian
Humas dan system administrasi yang cukup lambat, keberadaan Humas
yang masih terbilang cukup baru, serta keberadaan dan tugas utama Humas
yang masih kurang diketahui oleh unit-unit lain menjadi faktor penghambat
pada proses branding yang dilakukan oleh Humas IAIN Bone dalam
membangun citra kampus.
3. Dampak yang diperoleh dari strategi branding Humas IAIN Bone dalam
membangun citra kampus adalah dampak positif seperti tidak dianggap
ketinggalan zaman oleh lembaga pendidikan lain karena mengikuti
perkembangan zaman di era yang semakin melekat dengan teknologi,
meningkatnya pengikut di media digita terlebih pada akun instagram milik
kampus IAIN Bone disebabkan oleh luasnya dan mudahnya menjangkau
informasi yang diberikan oleh pihak Humas IAIN Bone terutama bagi
calon mahasiswa baru yang kekurangan informasi, serta terjadinya
perubahan polarisasi penerimaan mahasiswa baru memberikan dampak
yang sangat besar terhadap peningkatan jumlah mahasiswa yang mendaftar
juga semakin meningkat dibanding dengan tahun sebelumnya selain itu
memberikan opini yang baik di mata publik.
B. Implikasi
Berdasarkan pada hasil penelitian dan pembahasan yang telah dipaparkan pada bab
sebelumnya, maka dapat disimpulkan beberapa saran yang diharapkan dapat
bermanfaat bagi masyarakat dan kepada peneliti lain yang berminat mengangkat judul
yang sama. Saran yang dapat penulis berikan yaitu sebagai berikut:
1. Dengan adanya media yang dimiliki oleh kampus IAIN Bone, dalam hal
ini dikelola oleh Humas diharapkan dapat memaksimalkan
penginformasian kepada publik, baik publik internal maupun eksternal,
terutama bagi calon mahasiswa baru.
2. Untuk Humas sendiri dihrapkan untuk meningkat kualitas dan kinerja
dalam proses branding agar dapat membangun citra yang baik dimata
khalayak.
3. Peneliti mengharapkan agar penelitian ini dapat berguna bagi mahasiswa/i
yang melakukan penelitian lanjutan atas topik yang sama. Peneliti berharap
agar topik ini dan pembahasan yang telah dipaparkan dapat menimbulkan
rasa keingintahuan untuk mengadakan penelitian selanjutnya.
(HUMAS) IAIN Bone dalam membangun citra kampus. Adapun tujuan penelitian ini
adalah (a) untuk mengetahui upaya Humas IAIN Bone dalam membangun citra
kampus, (b) untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat pada
pelaksanaan strategi branding Humas IAIN Bone dalam membangun citra kampus, dan
(c) untuk menganalisis dampak dari strategi branding Humas dalam membangun citra
kampus.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan jenis penelitian
deskriptif kualitatif dengan pendekatan ilmu komunikasi dan ilmu teknologi informasi
komunikasi. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah pegawai yang bekerja di
sub bagian kerja sama dan hubungan masyarakat sebanyak 4 orang. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data menurut Miles dan
Huberman, yang terdiri dari tiga tahapan yaitu reduksi data (data reduction), paparan
data (data display) dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/verification).
Hasil penelitian menunjukan bahwa, 1) Upaya branding yang dilakukan oleh
Humas IAIN Bone dalam membangun citra kampus adalah membangun beberapa
brand yaitu brand positioning, brand identity, brand personality dan brand
communication, penyebarluasan informasi melalui media sosial sebagai alat perantara
untuk proses branding, dan menentukan strategi jangka panjang. 2) Faktor pendukung
dan penghambat dalam strategi branding Humas IAIN Bone dalam membangun citra
kampus. Faktor pendukung dalam strategi branding Humas IAIN Bone adalah media
yang digunakan, keberadaan kampus IAIN Bone dan keterbukaan dalam menjalin
hubungan kerja sama, serta sarana dan prasarana yang ada di kampus IAIN Bone.
Sedangkan faktor penghambatnya adalah peralatan yang kurang memadai sehingga
harus menggunakan peralatan pribadi, kurangnya staf di bagian Humas dan sistem
administrasi yang cukup lambat, keberadaan Humas yang masih terbilang cukup baru,
serta keberadaan dan tugas utama Humas yang masih kurang diketahui oleh unit-unit
lain. 3) Dampak yang diperoleh dari strategi branding Humas IAIN Bone dalam
membangun citra kampus adalah dampak positif seperti tidak dianggap ketinggalan
zaman oleh lembaga pendidikan lain karena mengikuti perkembangan zaman di era
yang semakin melekat dengan teknologi, meningkatnya pengikut di media digital
terlebih pada akun instagram milik kampus IAIN Bone, serta terjadinya perubahan
polarisasi penerimaan mahasiswa baru memberikan dampak yang sangat besar
terhadap peningkatan jumlah mahasiswa yang mendaftar juga semakin meningkat
dibanding dengan tahun sebelumnya selain itu memberikan opini yang baik di mata
publik.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian-uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka penulis
dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan sebagai
berikut:
1. Upaya branding yang dilakukan oleh Humas IAIN Bone dalam
membangun citra kampus adalah membangun beberapa brand yaitu brand
positioning, brand identity, brand personality dan brand communication
yang sesuai dengan visi dan misi kampus IAIN Bone yaitu “Unggul dan
Humanis”, penyebarluasan informasi melalui media sosial sebagai alat
perantara untuk proses branding, dan menentukan strategi jangka panjang
yang akan dilakukan oleh Humas IAIN Bone kedepannya dengan cara
memaksimalkan penggunaan media yang ada pada kampus IAIN Bone
yang dikelola oleh pihak Humas, baik itu media konvensional maupun
media digital. Pemaksimalan penggunaan media sebagai strategi branding
yang dilakukan oleh Humas IAIN Bone dapat memberikan penilaian dan
opini yang bagus dari publik, baik publik internal maupun eksternal.
2. Faktor pendukung dan penghambat dalam strategi branding Humas IAIN
Bone dalam membangun citra kampus. Faktor pendukung dalam strategi
branding Humas IAIN Bone adalah media yang digunakan, baik media
online maupun media sosial seperti youtube, instagram, facebook, twitter,
dam tiktok, serta media konvensional lainnya seperti radio, koran, papan
karangan bunga, spanduk, baliho, hingga Radio Republik Indonesia (RRI)
Bone yang bekerja sama dengan pihak kampus IAIN Bone. Selain media
dyang digunakan, keberadaan kampus IAIN Bone dan keterbukaan dalam
menjalin hubungan kerja sama, serta sarana dan prasarana yang ada di
kampus IAIN Bone menjadi faktor pendukung selama proses branding.
Sedangkan faktor penghambatnya adalah peralatan yang kurang memadai
sehingga harus menggunakan peralatan pribadi, kurangnya staf di bagian
Humas dan system administrasi yang cukup lambat, keberadaan Humas
yang masih terbilang cukup baru, serta keberadaan dan tugas utama Humas
yang masih kurang diketahui oleh unit-unit lain menjadi faktor penghambat
pada proses branding yang dilakukan oleh Humas IAIN Bone dalam
membangun citra kampus.
3. Dampak yang diperoleh dari strategi branding Humas IAIN Bone dalam
membangun citra kampus adalah dampak positif seperti tidak dianggap
ketinggalan zaman oleh lembaga pendidikan lain karena mengikuti
perkembangan zaman di era yang semakin melekat dengan teknologi,
meningkatnya pengikut di media digita terlebih pada akun instagram milik
kampus IAIN Bone disebabkan oleh luasnya dan mudahnya menjangkau
informasi yang diberikan oleh pihak Humas IAIN Bone terutama bagi
calon mahasiswa baru yang kekurangan informasi, serta terjadinya
perubahan polarisasi penerimaan mahasiswa baru memberikan dampak
yang sangat besar terhadap peningkatan jumlah mahasiswa yang mendaftar
juga semakin meningkat dibanding dengan tahun sebelumnya selain itu
memberikan opini yang baik di mata publik.
B. Implikasi
Berdasarkan pada hasil penelitian dan pembahasan yang telah dipaparkan pada bab
sebelumnya, maka dapat disimpulkan beberapa saran yang diharapkan dapat
bermanfaat bagi masyarakat dan kepada peneliti lain yang berminat mengangkat judul
yang sama. Saran yang dapat penulis berikan yaitu sebagai berikut:
1. Dengan adanya media yang dimiliki oleh kampus IAIN Bone, dalam hal
ini dikelola oleh Humas diharapkan dapat memaksimalkan
penginformasian kepada publik, baik publik internal maupun eksternal,
terutama bagi calon mahasiswa baru.
2. Untuk Humas sendiri dihrapkan untuk meningkat kualitas dan kinerja
dalam proses branding agar dapat membangun citra yang baik dimata
khalayak.
3. Peneliti mengharapkan agar penelitian ini dapat berguna bagi mahasiswa/i
yang melakukan penelitian lanjutan atas topik yang sama. Peneliti berharap
agar topik ini dan pembahasan yang telah dipaparkan dapat menimbulkan
rasa keingintahuan untuk mengadakan penelitian selanjutnya.
Ketersediaan
| SFUD20220018 | 18/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
18/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FUD
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
