Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Pada Bank Sulselbar Syariah Kab. Bone Untuk Meningkatkan Jumlah Nasabah

No image available for this title
Strategi Pemasaran adalah strategi yang dirancang untuk mempromosikan
barang atau jasa dengan tujuan untuk menghasilkan keuntungan. Strategi pemasaran
sering juga disebut sebagai marketing strategy. Strategi pemasaran merupakan sebuah
keseluruhan usaha dari suatu bisnis yang bertujuan untuk menjangkau target yang
dianggap prospektif.
Tujuan penelitian ini adalah : mengetahui strategi pemasaran produk
pembiayaan pada Bank Sulselbar Syariah untuk meningkatkan Jumlah Nasabah. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif lapangan yaitu penelitian
secara langsung untuk mengumpulkan informasi berupa data wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ekonomi
manajemen dengan objek pada studi kasus.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa perlunya strategi pemasaran
produk pembiayaan untuk upaya peningkatan jumlah nasabah. Adapun strategi yang
dapat diterapkan Bank Sulselbar Syariah dalam meningkatkan jumlah nasabah yaitu,
Melalui iklan, promosi ataupun social media, melalui segmentasi dan inovasi.
Dengan menerapkan strategi tersebut dapat meningkatkan minat serta jumlah nasa
bah dalam menggunakan produk-produk pembiayaan.
A. Kesimpulan
1. Berdasarakan hasil pembahasan diatas, maka di tarik kesimpulan bahwa ada 5
jenis produk pembiayaan pada Bank Sulselbar Syariah cabang bone yang dapat
ditawarkan kepada nasabah, diantaranya Murabahah Emas, Gadai Emas,
Produk KPR, Pembiayaan Kendaraan, serta renovasi rumah.
2. Strategi berasal dari bahasa Yunani yaitu “strategos” yang diartikan suatu
usaha mencapai suatu kemenangan dalam suatu peperangan awalnya
digunakan dalam lingkungan militer namun istilah strategi digunakan dalam
berbagai bidang yang memiliki esensi yang relatif sama.1. Adapun strategi
yang dapat diterapkan Bank Sulselbar Syariah dalam meningkatkan jumlah
nasabah yaitu, Melalui iklan, promosi ataupun social media. Sebab diera
digitalisasi, hampir seluruh kegiatan melibatkan gadget atau hp, maka dari itu
bentuk iklan serta adanya promosi yang ditawarkan kepada masyarkat dapat
meningkatkan minat nasabah dalam menggunakan produk-produk pembiayaan
yang ada. Dengan strategi yang diterapkan Bank Sulselbar Syariah Cabang
Bone, dapat meningkatkan jumlah nasabah dalam menggunakan produk
pembiayaan yang ada. Dilihat dari grafiknya, jumlah nasabah mengalami
peningkatan yang signifikan.
B. Saran
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dan kesimpulan yang telah diperoleh,
maka penulis mengajukan saran terkait penelitian ini, yaitu sebagai berikut :
1. Perlunya peningkatan kualitas pelayanan produk yang ditawarkan kepada
masyarakat
1 Laksmi Dewi dan Masitoh, Strategi Pembelajaran, (Jakarta: DEPAG RI, 2009), h.3
2. Melakukan promosi atau memperkenalkan produk-produk pembiayaan
disosial media.
3. DPS mengusulkan agar aktivitas yang dilakukan Bank Sulselbar Syariah
bisa berpisah dengan Bank Sulselbar Konvensional .
Ketersediaan
SFEBI2022006767/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

67/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi FEBI

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top