Pengaruh Kompetensi Pedagogik Terhadap Peningkatan Profesionalisme Guru di MTs An-Nahda Kanco Kec. Cina Kab. Bone

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besarnya pengaruh kompetensi pedagogik terhadap peningkatan profesinalisme guru di MTs An-Nahda Kanco. kompetensi pedagogik yang dimaksudkan adalah kemampuan mengelolah pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk meguaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Sedangkan profesionalisme guru adalah kondisi arah, nilai, tujuan, dan kualitas suatu keahlian dan kewenangan yang berkaitan dengan profesi guru.rnUntuk memperoleh data dari masalah di atas, penulis menggunakan metode Field research dengan melakukan observasi, dokumentasi,dan menyebarkan angket kepada 15 responden (guru). Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode kuantitatif (statistik). Selanjutnya, dalam menganalisis data, penulis melakukan pengujian independensi antara dua faktor menggunakan statistik uji regresi linier sederhana.rnHasil penelitian menunjukkan kompetensi pedagogik guru di MTs An-Nahda Kanco memperoleh nilai 51,40. Berdasarkan rentang interval dari 51 (poin terendah) sampai 57 (poin tertinggi), Angka 51,40 berada pada kelas interval baik yakni antara (51-57). Hal ini menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru di Mts An-Nahda Kanco dapat dikatakan baik dan Profesionalisme guru di MTs An-Nahda Kanco memperoleh nilai 54,40. Berdasarkan rentang interval dari 53 (poin terendah) sampai 57 (poin tertinggi). Angka 54,40 berada pada kelas interval baik yakni antara (53-57). Hal ini menunjukkan bahwa profesionalisme guru di Mts An-Nahda Kanco dapat dikatakan baik.rnBerdasarkan hasil uji dapat diketahui bahwa thitung = 7.945>Ttabel sebesar 2,94671 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti bahwa ada pengaruh yang signifikansi (nyata) variabel kompetensi pedagogik (X) terhadap variabel peningkatan profesionalisme guru (Y). Berdasarkan dari hasil analisis di atas, maka penulis dapat memberikan gambaran bahwa kompetensi pedagogik berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan profesionalisme guru Mts An-Nahda Kanco. rnSimpulanrnBerdasarkan rumusan masalah dalam skripsi ini dan merujuk pada hasil kajian yang dilakukan, maka simpulan dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:rnKompetensi pedagogik guru di MTs An-Nahda Kanco memperoleh nilai 51,40. Berdasarkan rentang interval dari 51 (poin terendah) sampai 57 (poin tertinggi), Angka 51,40 berada pada kelas interval baik yakni antara (51-57). Hal ini menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru di Mts An-Nahda Kanco dapat dikatakan baik dan Profesionalisme guru di MTs An-Nahda Kanco memperoleh nilai 54,40. Berdasarkan rentang interval dari 53 (poin terendah) sampai 57 (poin tertinggi). Angka 54,40 berada pada kelas interval baik yakni antara (53-57). Hal ini menunjukkan bahwa profesionalisme guru di Mts An-Nahda Kanco dapat dikatakan baik.rnBerdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana diperoleh nilai constant (a) adalah 24,257, sedang nilai perilaku kompetensi pedagogik adalah 0,586, yang mengandung pengertian bahwa jika tidak ada nilai perilaku kompetensi pedagogik, maka nilai profesionalisme guru sebesar 24,257, dan setiap penambahan 1 (satu) nilai kompetensi pedagogik, maka nilai profesionalisme guru bertambah sebesar 0,586. Dari output di atas, dapat diketahui bahwa thitung = 7.945>Ttabel sebesar 2,94671 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti bahwa ada pengaruh yang signifikansi (nyata) variabel kompetensi pedagogik (X) terhadap variabel peningkatan profesionalisme guru (Y). Berdasarkan dari hasil analisis di atas, maka penulis dapat memberikan gambaran bahwa kompetensi pedagogik berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan profesionalisme guru Mts An-Nahda Kanco. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap profesionalisme guru sebesar 82,9 % sedangkan 17,1 % sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.rnSaranrnTanpa mengurangi rasa hormat kepada semua pihak yang berkompeten dalam institusi pendidikan, dengan rendah hati penulis memberikan saran demi terciptanya kompetensi pedagogik yang lebih baik untuk peningkatan profesionalisme guru yang lebih baik pula. Saran-saran yang dimaksud antara lain:rnBagi guru hendaknya senantiasa berusaha meningkatkan kompetensi pedagogik yang dimiliki agar teriptanya profesionalisme guru dalam proses pembelajaran dimadrasah.rnBagi kepala madrasah hendaknya mendukung dan menfalititasi guru dalam upaya peningkatan kompetensi pedagogik melalui pelatihan ataupun penataran.rn
Ketersediaan
ST20170063Tersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

63/2017

Penerbit

STAIN Watampone : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top