Pengaruh Supervisi Akademik Terhadap Peningkatan Kinerja Guru Di Smpn 4 Watampone
Riskayanti/02.15.3066 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang pengaruh supervise akademik terhadap
kinerja guru di SMP Negeri 4 Watampone. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui supervisi akademik, kinerja guru, dan pengaruh supervise akademik
terhadap kinerja guru di SMP Negeri 4 Watampone.
Untuk memperoleh data dari masalah tersebut, penulis menggunakan
metode field research (penelitian lapangan) dengan melakukan observasi,
dokumentasi, dan penyebaran angket. Data yang diperoleh diolah dengan
menggunakan metode kuantitatif untuk mendeskripsikan penelitian tentang
pengaruh supervise akademik terhadap kinerja guru di SMP Negeri 4 Watampone.
Dalam menganalisis data, penulis menggunakan analisis regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervise akademik di SMP Negeri
4 Watampone dapat dikatakan baik dengan perolehan nilai 48. Berdasarkan
rentang interval dari 33 sampai 62, angka 48 berada pada kelas interval baik (43-
52). Sedangkan kinerja guru di SMP Negeri 4 Watampone juga dapat dikatakan
cukup dengan perolehan nilai 80.81. Berdasarkan rentang interval dari 71 sampai
110, angka 80.81 berada pada kelas interval cukup (71-80).
Berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana diperoleh nilai constant
(a) sebesar 59,903 dan nilai supervise akademik sebesar 0,436 yang mengandung
pengertian bahwa jika tidak ada nilai supervise akademik, maka nilai kinerja guru
sebesar 59,903, dan setiap penambahan 1 (satu) nilai supervise akademik, maka
nilai kinerja guru bertambah sebesar 0,436. Selanjutnya, untuk menjelaskan
apakah ada pengaruh yang nyata (signifikansi) variabel supervise akademik (X)
terhadap variabel kinerja guru (Y). berdasarkan dari hasil uji Thitung, didapatkan
nilai Thitung sebesar 2,741 > Ttabel sebesar 2,66651 dengan nilai signifikansi
0,008 Ttabel sebesar 2,66651 dengan nilai signifikansi 0,008
kinerja guru di SMP Negeri 4 Watampone. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui supervisi akademik, kinerja guru, dan pengaruh supervise akademik
terhadap kinerja guru di SMP Negeri 4 Watampone.
Untuk memperoleh data dari masalah tersebut, penulis menggunakan
metode field research (penelitian lapangan) dengan melakukan observasi,
dokumentasi, dan penyebaran angket. Data yang diperoleh diolah dengan
menggunakan metode kuantitatif untuk mendeskripsikan penelitian tentang
pengaruh supervise akademik terhadap kinerja guru di SMP Negeri 4 Watampone.
Dalam menganalisis data, penulis menggunakan analisis regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervise akademik di SMP Negeri
4 Watampone dapat dikatakan baik dengan perolehan nilai 48. Berdasarkan
rentang interval dari 33 sampai 62, angka 48 berada pada kelas interval baik (43-
52). Sedangkan kinerja guru di SMP Negeri 4 Watampone juga dapat dikatakan
cukup dengan perolehan nilai 80.81. Berdasarkan rentang interval dari 71 sampai
110, angka 80.81 berada pada kelas interval cukup (71-80).
Berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana diperoleh nilai constant
(a) sebesar 59,903 dan nilai supervise akademik sebesar 0,436 yang mengandung
pengertian bahwa jika tidak ada nilai supervise akademik, maka nilai kinerja guru
sebesar 59,903, dan setiap penambahan 1 (satu) nilai supervise akademik, maka
nilai kinerja guru bertambah sebesar 0,436. Selanjutnya, untuk menjelaskan
apakah ada pengaruh yang nyata (signifikansi) variabel supervise akademik (X)
terhadap variabel kinerja guru (Y). berdasarkan dari hasil uji Thitung, didapatkan
nilai Thitung sebesar 2,741 > Ttabel sebesar 2,66651 dengan nilai signifikansi
0,008 Ttabel sebesar 2,66651 dengan nilai signifikansi 0,008
Ketersediaan
| STAR20190355 | 355/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
355/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
