Analisis Strategi Dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing Pada Produk busana muslim(Studi Kasus pada Toko Busana Muslim Raisa Collectioni)
Jusnita/01.17.3031 - Personal Name
Keunggulan bersaing merupakan target dari setiap pengusaha yang dalam
mencapainya di butuhkan strategi-strategi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui strategi apa saja yang mampu menjadikan sebuah usaha memiliki
keunggulan bersaing ditengah banyaknya kompetitor.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan
pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di lakukan di toko Raisa Collection pada
tanggal 29 Januari 2021. Adapun terknik pengumpulan data yang digunakan untuk
mendeskripsikan data-data yang peneliti kumpulkan yaitu data hasil wawancara,
observasi maupun dokumentasi selama melakukan penelitian di “Raisa Collection”.
Adapun salah satu strategi bisnis yang di lakukan oleh toko Raisa Collection
yaitu strategi bisnis berbasis pelanggan yang mengambil tiga segmentasi yaitu, pakaian
anak, busana muslimah dewasa dan juga batik. Dengan kualitas dan harga yang
bersahabat dari toko lain maka target dari Raisa Collection yaitu semua kalangan baik
menengah ke atas maupun menengah ke bawah.
A. Kesimpulan
Setelah peneliti mengemukakan uraian secara terperinci tentang
masalah-masalah yang sesuai yang sesuai dengan topik-topik pembahasan,
maka tibalah pada uraian terakhir penulisan akan menarikkesimpulan yaitu
salah satu strategi bisnis yang di lakukan oleh toko Raisa Collection adalah
strategi bisnis berbasis pelanggan yang mengambil tiga segmentasi yaitu,
pakaian anak, busana muslimah dewasa dan juga batik. Dengan kualitas dan
harga yang bersahabat dari toko lain maka target dari Raisa Collection yaitu
semua kalangan baik menengah ke atas maupun menengah ke bawah.
Berdasarkan kekuatan, kelemahan peluang dan ancaman dari toko Raisa
Collection maka di pandang perlu adanya tambahan inovasi terlebih dalam
cara promosi di sosial media meskipun toko ini termasuk unggul di kabupaten
bone.
B. Saran
Berdasarkan analisa dan kesimpulan yang telah penulis uraikan diatas,
maka ada beberapa saran yang perlu penulis sampaikan:
1. Mengikutkan karyawan dalam pelatihan-pelatihan yang mampu mengasah
skill mereka dalam hal binsis agar dengan kemampuan yang lebih luas
membuat mereka mampu menawarkan ide-ide kreatif untuk inovasi.
2. Meningkatkan inovasi terlebih dalam promosi di sosial media seperti
menyuguhkan konten yang lebih variatif (konten bermanfaat selain konten
jualan), menambahkan value atau menggunakan konsep story telling produk
dan sebagainya.
C. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dan setelah
memperhatikan hasil yang diperoleh dari lapangan, maka penulis memberikan
implikasi beberapa hal diantaranya:
1. Secara ilmiah, dari hasil penelitian dapat berguna bagi suatu karya ilmiah
yang dapat menunjang perkembangan ilmu pengetahuan dan bisa menjadi
masukan yang mendukung penelitian maupun pihak lainnya.
2. Secara praktis,hasil penelitian ini diharapkan sebagai masukan dari sebuah
pertimbangan bagi pelaku usaha Toko Raisa Collection diberbagai
kalangan baik itu pemilik usaha, admin, kasir, karyawan maupun
masyarakat awam dalam pengembangan usaha, yakni dengan beberapa
strategi yang mampu meningkatkan keunggulan bersaing terkhusus dalam
usaha busana muslim.
mencapainya di butuhkan strategi-strategi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui strategi apa saja yang mampu menjadikan sebuah usaha memiliki
keunggulan bersaing ditengah banyaknya kompetitor.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan
pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di lakukan di toko Raisa Collection pada
tanggal 29 Januari 2021. Adapun terknik pengumpulan data yang digunakan untuk
mendeskripsikan data-data yang peneliti kumpulkan yaitu data hasil wawancara,
observasi maupun dokumentasi selama melakukan penelitian di “Raisa Collection”.
Adapun salah satu strategi bisnis yang di lakukan oleh toko Raisa Collection
yaitu strategi bisnis berbasis pelanggan yang mengambil tiga segmentasi yaitu, pakaian
anak, busana muslimah dewasa dan juga batik. Dengan kualitas dan harga yang
bersahabat dari toko lain maka target dari Raisa Collection yaitu semua kalangan baik
menengah ke atas maupun menengah ke bawah.
A. Kesimpulan
Setelah peneliti mengemukakan uraian secara terperinci tentang
masalah-masalah yang sesuai yang sesuai dengan topik-topik pembahasan,
maka tibalah pada uraian terakhir penulisan akan menarikkesimpulan yaitu
salah satu strategi bisnis yang di lakukan oleh toko Raisa Collection adalah
strategi bisnis berbasis pelanggan yang mengambil tiga segmentasi yaitu,
pakaian anak, busana muslimah dewasa dan juga batik. Dengan kualitas dan
harga yang bersahabat dari toko lain maka target dari Raisa Collection yaitu
semua kalangan baik menengah ke atas maupun menengah ke bawah.
Berdasarkan kekuatan, kelemahan peluang dan ancaman dari toko Raisa
Collection maka di pandang perlu adanya tambahan inovasi terlebih dalam
cara promosi di sosial media meskipun toko ini termasuk unggul di kabupaten
bone.
B. Saran
Berdasarkan analisa dan kesimpulan yang telah penulis uraikan diatas,
maka ada beberapa saran yang perlu penulis sampaikan:
1. Mengikutkan karyawan dalam pelatihan-pelatihan yang mampu mengasah
skill mereka dalam hal binsis agar dengan kemampuan yang lebih luas
membuat mereka mampu menawarkan ide-ide kreatif untuk inovasi.
2. Meningkatkan inovasi terlebih dalam promosi di sosial media seperti
menyuguhkan konten yang lebih variatif (konten bermanfaat selain konten
jualan), menambahkan value atau menggunakan konsep story telling produk
dan sebagainya.
C. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dan setelah
memperhatikan hasil yang diperoleh dari lapangan, maka penulis memberikan
implikasi beberapa hal diantaranya:
1. Secara ilmiah, dari hasil penelitian dapat berguna bagi suatu karya ilmiah
yang dapat menunjang perkembangan ilmu pengetahuan dan bisa menjadi
masukan yang mendukung penelitian maupun pihak lainnya.
2. Secara praktis,hasil penelitian ini diharapkan sebagai masukan dari sebuah
pertimbangan bagi pelaku usaha Toko Raisa Collection diberbagai
kalangan baik itu pemilik usaha, admin, kasir, karyawan maupun
masyarakat awam dalam pengembangan usaha, yakni dengan beberapa
strategi yang mampu meningkatkan keunggulan bersaing terkhusus dalam
usaha busana muslim.
Ketersediaan
| SFEBI20220010 | 10/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
10/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
