Pelaksanaan Manajemen Kearsipan Dalam Mewujudkan Fungsi Administrasi Perkantoran (Studi Di Mts Al-Amir Fil Jannah Kec.T.Riattang Timur Kab.Bone)
Muhammad Ilham Syahban/ 02.15.3218 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai“Pelaksanaan Manajemen Kearsipan dalam
Mewujudkan Fungsi Administrasi Perkantoran „(studi MTs. Amir Al Jannah
Kec.Tanete Riattang Timur Kab.Bone”, Hal yang dikaji dalam skripsi ini yakni
Pelaksanaan Manajemen Kearsipan di Mts Amir Al Jannah Kec.Tanete Riattang
Timur Kab.Bone, Mewujudkan Fungsi Administrasi perkantoran di MTs Amir Al
Jannah Kec.Tanete Riattang Timur Kab.Bone.
Jenis penelitian adalah penelitian kualiatif yang menggunakan metode Field
Research. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif,
yaitu mendeskripsikan dan memaknai data dari masing-masing variabel yang diukur
kualitatif. Data dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi dianalisis secara
kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Pelaksanaan Manajemen
Kearsipan di MTs Amir Al Jannah Kec.Tanete Riattang Timur Kab.Bone sudah
berjalan dengan baik dengan berbagai tahap-tahap secara efektif dengan melakukan
the training dalam arti memberikan gambaran tentang Job Description tentang apa
yang harus dilakukan dan apa fungsinya sebagai petugas tata usaha untuk dalam hal
pengarsipan atau administrasi dan disertai dengan setiap lima tahun kita adakan
update data , setiap tahun update data ketika mencapai lima tahun maka dibuatkan
berita acara sebagai tanda bukti bahwa pernah ada arsip seperti dulu dan sebagai
pemusnahan serta digudangkan untuk mengurangi penumpukan arsip dalam ruangan.
Manajemen kearsipan adalah pekerjaan pengurusan arsip yang meliputi pecatatan,
pengedalian, dan pendidtribusian, penyimpanan, pemeliharaan, pengawasan,
pemindahan dan pemusnahan. Jadi pekerjaan tersebut meliputi siklus kehidupan
dokumen sejak lahir sampai mati. Kedua, Mewujudkan Fungsi Administrasi
perkantoran di MTs. Amir Al Jannah Kec.Tanete Riattang Timur Kab.Bone yaitu
Fungsi administrasi perantoran di madrasah ini sudah diterapkan sesuai dengan
perencanaan yang baik dan sistem fungsi administrasi sehingga arsip di madrasah ini
dipakai sepanjang masa paling tidak madrasah memiliki dokumen penting yang
masih tersimpan dan cadangan (copy) dan perencanaan arsip dilakukan sesuai
dengan tahap-tahap yang telah direncanakan, setelah arsip disusun dan tersimpan
dengan rapi barulah dibuatkan berita acara dan setelah itu barulah dilakukan
pengurangan arsip atau digudangkan dan semua dilakukan secara sistematis.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang dikemukakan pada bab pembahasan, maka dapat
dikemukakan beberapa simpulan sebagai berikut:
Pelaksanaan manajemen kearsipan di MTs Amir al Jannah Kec.Tanete
Riattang Timur Kab.Bone sudah berjalan dengan baik dengan berbagai tahap-tahap
yakni penciptaan arsip, dengan cara membentuk konsep, daftar dan formulir,
distribusi arsip dengan melakukan penyampaian, pengarahan, pencatatan,
pengendalian, pemliharaan penyimpanan, serta penyusutan sehingga kearsipan yang
dilaksanakan sesuai prosedur yang telah ditetapkan dalam administrasi Madrasah,
sehingga catatan sejumlah nama-nama arsip yang disusun sesuai dengan abjad,
tanggal, angka, nama dan sebagainya, formulir ialah bukti pendaftaran contonya pada
saat pendftaran penerimaan siswa baru akan tercatat dalam administrasi Madrasah
dan sebagainya. Tahap ini juga disebut tahap dari korespondensi management, jadi
sebenarnya tidak terdapat record management , tetapi karena kaitannya dengan
masalah kearsipan erat sekali maka perlu juga diketahui dan dipelajari oleh petugas
kearsipan.
1. Secara efektif dengan melakukan the training dalam arti memberikan
gambaran tentang job description tentang apa yang harus dilakukan dan apa
fungsinya sebagai petugas tata usaha dalam hal pengarsipan atau administrasi
dan disertai dengan setiap lima tahun kita adakan update data , setiap tahun
update data ketika mencapai lima tahun maka dibuatkan berita acara sebagai
tanda bukti bahwa pernah ada arsip seperti dulu dan sebagai pemusnahan serta
digudangkan untuk mengurangi penumpukan arsip dalam ruangan.
Manajemen kearsipan adalah pekerjaan pengurusan arsip yang meliputi
pecatatan, pengedalian, dan pendistribusian, penyimpanan, pemeliharaan,
pengawasan, pemindahan dan pemusnahan. Jadi pekerjaan tersebut meliputi
siklus kehidupan dokumen sejak lahir sampai mati
2. Fungsi administrasi perantoran di madrasah ini sudah diterapkan sesuai
dengan perencanaan yang baik dan sistem fungsi administrasi sehingga arsip
di madrasah ini dipakai sepanjang masa paling tidak madrasah memiliki
dokumen penting yang masih tersimpan dan cadangan (sub copy) dan
perencanaan arsip dilakukan sesuai dengan tahap-tahap yang telah
direncanakan, setelah arsip disusun dan tersimpan dengan rapi barulah
dibuatkan berita acara dan setelah itu barulah dilakukan pengurangan arsip
atau digudangkan dan semua dilakukan secara sistematis.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skripsi ini
adalah sebagai berikut:
1. Diharapkan pelaksanaan manajemen kearsipan yang diterapkan di MTsn amir
al jannah Kec.Tanete Riattang Timur dapat dimaksimalkan, agar tujuan dari
pelatihan yang dilakukan dengan baik dan dapat tercapai sebagaimana
mestinya.
2. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu mewujudkan kepada semua
pihak di Madrasah agar pelaksanaan manajemen kearsipan yang diterapkan
dalam berjalan lebih baik serta pengelolaan fungsi administrasi perkantoran
dapat lebih ditingkatkan lagi.
Mewujudkan Fungsi Administrasi Perkantoran „(studi MTs. Amir Al Jannah
Kec.Tanete Riattang Timur Kab.Bone”, Hal yang dikaji dalam skripsi ini yakni
Pelaksanaan Manajemen Kearsipan di Mts Amir Al Jannah Kec.Tanete Riattang
Timur Kab.Bone, Mewujudkan Fungsi Administrasi perkantoran di MTs Amir Al
Jannah Kec.Tanete Riattang Timur Kab.Bone.
Jenis penelitian adalah penelitian kualiatif yang menggunakan metode Field
Research. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif,
yaitu mendeskripsikan dan memaknai data dari masing-masing variabel yang diukur
kualitatif. Data dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi dianalisis secara
kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Pelaksanaan Manajemen
Kearsipan di MTs Amir Al Jannah Kec.Tanete Riattang Timur Kab.Bone sudah
berjalan dengan baik dengan berbagai tahap-tahap secara efektif dengan melakukan
the training dalam arti memberikan gambaran tentang Job Description tentang apa
yang harus dilakukan dan apa fungsinya sebagai petugas tata usaha untuk dalam hal
pengarsipan atau administrasi dan disertai dengan setiap lima tahun kita adakan
update data , setiap tahun update data ketika mencapai lima tahun maka dibuatkan
berita acara sebagai tanda bukti bahwa pernah ada arsip seperti dulu dan sebagai
pemusnahan serta digudangkan untuk mengurangi penumpukan arsip dalam ruangan.
Manajemen kearsipan adalah pekerjaan pengurusan arsip yang meliputi pecatatan,
pengedalian, dan pendidtribusian, penyimpanan, pemeliharaan, pengawasan,
pemindahan dan pemusnahan. Jadi pekerjaan tersebut meliputi siklus kehidupan
dokumen sejak lahir sampai mati. Kedua, Mewujudkan Fungsi Administrasi
perkantoran di MTs. Amir Al Jannah Kec.Tanete Riattang Timur Kab.Bone yaitu
Fungsi administrasi perantoran di madrasah ini sudah diterapkan sesuai dengan
perencanaan yang baik dan sistem fungsi administrasi sehingga arsip di madrasah ini
dipakai sepanjang masa paling tidak madrasah memiliki dokumen penting yang
masih tersimpan dan cadangan (copy) dan perencanaan arsip dilakukan sesuai
dengan tahap-tahap yang telah direncanakan, setelah arsip disusun dan tersimpan
dengan rapi barulah dibuatkan berita acara dan setelah itu barulah dilakukan
pengurangan arsip atau digudangkan dan semua dilakukan secara sistematis.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang dikemukakan pada bab pembahasan, maka dapat
dikemukakan beberapa simpulan sebagai berikut:
Pelaksanaan manajemen kearsipan di MTs Amir al Jannah Kec.Tanete
Riattang Timur Kab.Bone sudah berjalan dengan baik dengan berbagai tahap-tahap
yakni penciptaan arsip, dengan cara membentuk konsep, daftar dan formulir,
distribusi arsip dengan melakukan penyampaian, pengarahan, pencatatan,
pengendalian, pemliharaan penyimpanan, serta penyusutan sehingga kearsipan yang
dilaksanakan sesuai prosedur yang telah ditetapkan dalam administrasi Madrasah,
sehingga catatan sejumlah nama-nama arsip yang disusun sesuai dengan abjad,
tanggal, angka, nama dan sebagainya, formulir ialah bukti pendaftaran contonya pada
saat pendftaran penerimaan siswa baru akan tercatat dalam administrasi Madrasah
dan sebagainya. Tahap ini juga disebut tahap dari korespondensi management, jadi
sebenarnya tidak terdapat record management , tetapi karena kaitannya dengan
masalah kearsipan erat sekali maka perlu juga diketahui dan dipelajari oleh petugas
kearsipan.
1. Secara efektif dengan melakukan the training dalam arti memberikan
gambaran tentang job description tentang apa yang harus dilakukan dan apa
fungsinya sebagai petugas tata usaha dalam hal pengarsipan atau administrasi
dan disertai dengan setiap lima tahun kita adakan update data , setiap tahun
update data ketika mencapai lima tahun maka dibuatkan berita acara sebagai
tanda bukti bahwa pernah ada arsip seperti dulu dan sebagai pemusnahan serta
digudangkan untuk mengurangi penumpukan arsip dalam ruangan.
Manajemen kearsipan adalah pekerjaan pengurusan arsip yang meliputi
pecatatan, pengedalian, dan pendistribusian, penyimpanan, pemeliharaan,
pengawasan, pemindahan dan pemusnahan. Jadi pekerjaan tersebut meliputi
siklus kehidupan dokumen sejak lahir sampai mati
2. Fungsi administrasi perantoran di madrasah ini sudah diterapkan sesuai
dengan perencanaan yang baik dan sistem fungsi administrasi sehingga arsip
di madrasah ini dipakai sepanjang masa paling tidak madrasah memiliki
dokumen penting yang masih tersimpan dan cadangan (sub copy) dan
perencanaan arsip dilakukan sesuai dengan tahap-tahap yang telah
direncanakan, setelah arsip disusun dan tersimpan dengan rapi barulah
dibuatkan berita acara dan setelah itu barulah dilakukan pengurangan arsip
atau digudangkan dan semua dilakukan secara sistematis.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skripsi ini
adalah sebagai berikut:
1. Diharapkan pelaksanaan manajemen kearsipan yang diterapkan di MTsn amir
al jannah Kec.Tanete Riattang Timur dapat dimaksimalkan, agar tujuan dari
pelatihan yang dilakukan dengan baik dan dapat tercapai sebagaimana
mestinya.
2. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu mewujudkan kepada semua
pihak di Madrasah agar pelaksanaan manajemen kearsipan yang diterapkan
dalam berjalan lebih baik serta pengelolaan fungsi administrasi perkantoran
dapat lebih ditingkatkan lagi.
Ketersediaan
| STAR20190353 | 353/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
353/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
