Peranan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Infrastruktur Di Sd Negeri 14 Biru Kab.Bone

No image available for this title
Skripsi
ini
membahas
mengenai
“Peranan
Kepala
Sekolah
dalm
Meningkatkan Kualitas Infrastruktur di SD Negeri 14 Biru Kab. Bone”. Hal yang
penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui peran Kepala Sekolah dalam
meningkatkan infrastruktur di SD Negeri 14 Biru Kab.Bone dan keadaan
Infrastruktur di SD Negeri 14 Biru Kab.Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, Jenis penelitian adalah
penelitian kualitatif (qualitative research) dan pendekatan penelitan ialah pendekatan
manajemen, sosiologis, Psikologis dan teologis deskriptif data dianalisis dengan metode
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, Selanjutnya dianalisis data deduktif
yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum yang selanjutnya dianalisis untuk
diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, peran Kepala Sekolah dalam
meningkatkan infrastruktur di SD Negeri 14 Biru Kab.Bone yaitu di mulai dari
Edukator (Pendidik) yaitu kepala sekolah yang menunjukkan komitmen tinggi, fokus
terhadap pengembang kurikulum dan kegiatan belajar mengajar. Kepala sekolah sebagai
Leader perannya yaitu memberikan petunjuk dan pengawasan dalam meningkatkan
kemauan tenaga kependidikan, komunikasi dua arah dan mendelegasikan tugas. Kepala
sekolah sebagai Manajer perannya yaitu salah satunya melaksanakan tugas pemeliharaan dan
pengembangan profesi guru. Selanjutnya Kepala sekolah sebagai Supervisor perannya yaitu
dilihat dari sudut pandang dan faktor kebutuhan guru serta waktu yang tersedia.
Keadaan Infrastruktur di SD Negeri 14 Biru Kab.Bone sangat memuaskan dan
status lahannya yang sudah permanen. Adanya pembaharuan bangunan dan perabotan yang
berkualitas. Dengan adanya hal itu tentu dapat meningkatkan proses belajar peserta didik dan
memudahkan tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan dalam hal menggunakan
fasilitas yang ada di sekolah sesuai dengan keinginan dari pada tenaga pendidik.
Dari hasil penelitian dapat dikatakan bahwa peran Kepala Sekolah dalam
meningkatkan infrastruktur di SD Negeri 14 Biru Kab.Bone telah berjalan dengan baik
karena telah melaksanakan tufoksinya dengan baik, hal itu dapat dilihat dari kepala sekolah
yang senantiasa bersinergi dengan guru-guru yang ada di SD 14 Biru Kab.Bone.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian dan analisis yang telah diuraikan pada bab sebelumnya
yang dilakukan oleh peneliti di SD Negeri 14 Biru Kab.Bone, maka peneliti
menyimpulkan sebagai berikut:
1. Peranan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas di SD Negeri 14 Biru
Kab.Bone yaitu sebagai kepala sekolah yang bertanggung jawab atas seluruh
kebijakan sekolah. Kepala sekolah mampu menjadi motivator bagi tenaga
pendidik maupun tenaga kependidikan. Kepala sekolah dituntut untuk
senantiasa berusaha membina dan mengembangkan hubungan kerjasama yang
baik antara sekolah, warga sekolah, orang tua, dan masyarakat sekitar. Karena
dengan adanya kerjasama dengan berbagai pihak yang ada di masyarakat
mereka juga dapat bertanggung jawab dalam mensukseskan suatu pendidikan.
Kepala sekolah tidak hanya bertanggung jawab atas kelancaran pembelajaran
yang ada disekolah, akan tetapi segala kegiatan, keadaan lingkungan sekolah
dengan kondisi dan situasinya merupakan tanggung jawabnya. Selain itu
kepala sekolah juga dituntut untuk senantiasa berusaha membina dan
mengembangkan hubungan kerja sama yang baik guna mewujudkan sekolah
efisien dan efektif.
2. Kualitas Sekolah di SD Negeri 14 Biru Kab.Bone sudah cukup baik, dapat
dilihat dari peningkatan infrastruktur yang saat ini sedang mengadakan
pembaharuan dan perbaikan baik itu sarana maupun prasarana yang ada
disekolah tersebut. Dengan adanya pembangunan tersebut kepala sekolah
dapat mempersiapkan sekolah yang layak untuk penyelenggaraan pendidikan.
Selain adanya perbaikan kepala sekolah juga berinovasi dalam pembaharuan
wadah dalam proses belajar mengajar siswa, seperti adanya pembuatan taman
baca dan lain sebagainya yang dapat mempercepat kemajuan belajar peserta
didik.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan diatas, maka di bawah ini akan
diuraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran. Adapun saran-saran yang
penulis maksud yaitu sebagai berikut:
1. Baik kepala sekolah maupun guru-guru yang terlibat tetap meningkatkan
hubungan kerjasama di SD Negeri 14 Biru Kab.Bone agar mewujudkan
sekolah yang efektif dan efesien. Dengan hubungan yang harmonis akan
membentuk saling pengertian dan saling membantu karena dengan
mengetahui manfaat dan pentingnya peranan masing-masing, mereka akan
bertanggung jawab atas suksesnya suatu pendidikan.
2. Kepada semua warga sekolah utama nya kepada kepala sekolah, tenaga
pendidik maupun tenaga kependidikan serta peserta didik yang berperan aktif
dilingkungan sekolah, agar kiranya bertanggung jawab atas bangunan serta
sarana dan prasarana yang menjadi alat pokok dalam proses belajar mengajar.
Menjaga dan selalu membenahi segala kekurangan yang terjadi dilingkungan
sekolah.
Ketersediaan
STAR20190352352/2019Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

352/2019

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Subyek

Infrastruktur

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top