Dampak Media Sosial Tiktok Terhadap Karakter Sopan Santun Peserta Didik Di Mtsn 1 Bone
Yuyun Jusriana Sundu/02.18.1017 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Dampak Media Sosial TikTok Terhadap
Karakter Sopan Santun Peserta Didik di MTsN 1 Bone. Hal yang penting dikaji
dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui gambaran penggunaan media sosial TikTok
di MTsN 1 Bone, dan dampak karakter sopan santun peserta didik dalam penggunaan
media sosial TikTok di MTsN 1 Bone. Kegunaan penelitian yang dilakukan adalah
kegunaan teoritis dan praktis.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis mengumpulkan
data dengan menggunakan teknik kuiesioner (angket) yaitu teknik pengumpulan data
yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pernyataan tertulis kepada
responden untuk dijawabnya. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian
kuantitatif , dengan menggunakan pendekatan paedagogik dan psikologis.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang disampaikan maka dapat
disimpulkan gambaran penggunaan media sosial TikTok terdiri dari 6 pernyataan, 2
diantaranya selalu dilaksanakan, 2 diantaranya kadang-kadang dilaksanakan, dan 2
diantaranya tidak pernah dilaksanakan. Gambaran media sosial TikTok sebagian besar
peserta didik menggunakan media sosial TikTok, dari menggunakan media sosial
TikTok itu ada yang hanya sekedar pengguna ada juga yang hanya sekedar penikmat.
Hal ini beberapa penikmat media sosial TikTok membuat video untuk di posting dan
ada juga hanya menggunakan media sosial TikTok sebagai hiburan, sedangkan
pengguna menjadikan media sosial TikTok sebagai pembelajaran mengenai sopan
santun bahkan menerepkan di kehidupan sehari-hari.
Dampak karakter sopan santun peserta didik dalam penggunaan media sosial
TikTok dapat dilihat dari angket yang dibagikan kepada siswa dengan 34 pernyataan.
Dari 17 pernyataan positif 6 diantarnya cukup dampak, 9 berdampak, 1 sangat
berdampak dan 1 tidak berdampak. Dampak positif adalah peserta didik mendapatkan
ilmu atau bahkan membagikan ilmu mengenai sopan santun dan diterapkan di dunia
nyata. . Dan dari 17 pernyataan negatif 9 diantarnya cukup dampak, 7 berdampak dan
1 sangat berdampak. Dampak negatif penggunaan media sosial TikTok terhadap
karakter sopan santun peserta didik yaitu peserta didik cenderung lalai dalam belajar,
membuat peserta didik tidak sadar dalam melihat sebuah video yang berkonten tidak
baik, menghabiskan waktunya hanya untuk memainkan smartphone dan dapat
mengubah karakter atau sikap seseorang bagi pengguna media sosial TikTok sendiri.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab
sebelumnya, penulis dapat memberikan simpulan bahwa gambaran media sosial
TikTok sebagian besar peserta didik menggunakan media sosial TikTok, dari
menggunakan media sosial TikTok itu ada yang hanya sekedar pengguna ada juga
yang hanya sekedar penikmat. Hal ini beberapa penikmat media sosial TikTok
membuat video untuk di posting dan ada juga hanya menggunakan media sosial
TikTok sebagai hiburan.
Dampak karakter sopan santun peserta didik yang didapat dalam
penggunaan media sosial TikTok ada yang positif dan negatif. Dampak positif
adalah peserta didik mendapatkan ilmu atau bahkan membagikan ilmu mengenai
sopan santun dan diterapkan di dunia nyata. Sedangkan dampak negatif
penggunaan media sosial TikTok terhadap karakter sopan santun peserta didik
yaitu peserta didik cenderung lalai dalam belajar, membuat peserta didik tidak
sadar dalam melihat sebuah video yang berkonten tidak baik, menghabiskan
waktunya hanya untuk memainkan smartphone dan dapat mengubah karakter atau
sikap seseorang bagi pengguna media sosial TikTok sendiri.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, maka dibawah ini akan
diuraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran. Adapun saran-saran yang
penulis maksud adalah sebagai berikut:
1. Bagi guru, diharapkan lebih paham mengenai media sosial dan lebih fokus
dalam pembatasan penggunaan media sosial TikTok
kepada peserta didik dan memberikan arahan begitupun pemahaman kepada
peserta didik terhadap baik buruk dampak yang diperoleh dari media sosial
tersebut, karena peserta didik sudah aktif terhadap media sosial terutama
media sosial TikTok untuk mencegah beberapa permasalahan dalam
perkembangan peserta didik terutama dalam pembentukan karakter.
2. Bagi siswa, dituntut untuk lebih dipikir baik-baik dalam penggunaan media
sosial TikTok, supaya dalam penggunaan media sosial TikTok bisa
memberikan dampak yang baik apalagi dalam pembentukan karakter sopan
santun peserta didik.
3. Bagi sekolah, diharapkan meningkatkan upaya penerapan pendidikan
karakter dari segi pemahaman materi maupun dalam upaya penerapan
pendidikan karakter untuk memaksimalkan proses pembentukan karakter
peserta didik.
4. Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk
melakukan penelitian selanjutnya, khususnya penelitian tentang dampak
media sosial TikTok terhadap karakter sopan santun peserta didik.
Karakter Sopan Santun Peserta Didik di MTsN 1 Bone. Hal yang penting dikaji
dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui gambaran penggunaan media sosial TikTok
di MTsN 1 Bone, dan dampak karakter sopan santun peserta didik dalam penggunaan
media sosial TikTok di MTsN 1 Bone. Kegunaan penelitian yang dilakukan adalah
kegunaan teoritis dan praktis.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis mengumpulkan
data dengan menggunakan teknik kuiesioner (angket) yaitu teknik pengumpulan data
yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pernyataan tertulis kepada
responden untuk dijawabnya. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian
kuantitatif , dengan menggunakan pendekatan paedagogik dan psikologis.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang disampaikan maka dapat
disimpulkan gambaran penggunaan media sosial TikTok terdiri dari 6 pernyataan, 2
diantaranya selalu dilaksanakan, 2 diantaranya kadang-kadang dilaksanakan, dan 2
diantaranya tidak pernah dilaksanakan. Gambaran media sosial TikTok sebagian besar
peserta didik menggunakan media sosial TikTok, dari menggunakan media sosial
TikTok itu ada yang hanya sekedar pengguna ada juga yang hanya sekedar penikmat.
Hal ini beberapa penikmat media sosial TikTok membuat video untuk di posting dan
ada juga hanya menggunakan media sosial TikTok sebagai hiburan, sedangkan
pengguna menjadikan media sosial TikTok sebagai pembelajaran mengenai sopan
santun bahkan menerepkan di kehidupan sehari-hari.
Dampak karakter sopan santun peserta didik dalam penggunaan media sosial
TikTok dapat dilihat dari angket yang dibagikan kepada siswa dengan 34 pernyataan.
Dari 17 pernyataan positif 6 diantarnya cukup dampak, 9 berdampak, 1 sangat
berdampak dan 1 tidak berdampak. Dampak positif adalah peserta didik mendapatkan
ilmu atau bahkan membagikan ilmu mengenai sopan santun dan diterapkan di dunia
nyata. . Dan dari 17 pernyataan negatif 9 diantarnya cukup dampak, 7 berdampak dan
1 sangat berdampak. Dampak negatif penggunaan media sosial TikTok terhadap
karakter sopan santun peserta didik yaitu peserta didik cenderung lalai dalam belajar,
membuat peserta didik tidak sadar dalam melihat sebuah video yang berkonten tidak
baik, menghabiskan waktunya hanya untuk memainkan smartphone dan dapat
mengubah karakter atau sikap seseorang bagi pengguna media sosial TikTok sendiri.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab
sebelumnya, penulis dapat memberikan simpulan bahwa gambaran media sosial
TikTok sebagian besar peserta didik menggunakan media sosial TikTok, dari
menggunakan media sosial TikTok itu ada yang hanya sekedar pengguna ada juga
yang hanya sekedar penikmat. Hal ini beberapa penikmat media sosial TikTok
membuat video untuk di posting dan ada juga hanya menggunakan media sosial
TikTok sebagai hiburan.
Dampak karakter sopan santun peserta didik yang didapat dalam
penggunaan media sosial TikTok ada yang positif dan negatif. Dampak positif
adalah peserta didik mendapatkan ilmu atau bahkan membagikan ilmu mengenai
sopan santun dan diterapkan di dunia nyata. Sedangkan dampak negatif
penggunaan media sosial TikTok terhadap karakter sopan santun peserta didik
yaitu peserta didik cenderung lalai dalam belajar, membuat peserta didik tidak
sadar dalam melihat sebuah video yang berkonten tidak baik, menghabiskan
waktunya hanya untuk memainkan smartphone dan dapat mengubah karakter atau
sikap seseorang bagi pengguna media sosial TikTok sendiri.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, maka dibawah ini akan
diuraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran. Adapun saran-saran yang
penulis maksud adalah sebagai berikut:
1. Bagi guru, diharapkan lebih paham mengenai media sosial dan lebih fokus
dalam pembatasan penggunaan media sosial TikTok
kepada peserta didik dan memberikan arahan begitupun pemahaman kepada
peserta didik terhadap baik buruk dampak yang diperoleh dari media sosial
tersebut, karena peserta didik sudah aktif terhadap media sosial terutama
media sosial TikTok untuk mencegah beberapa permasalahan dalam
perkembangan peserta didik terutama dalam pembentukan karakter.
2. Bagi siswa, dituntut untuk lebih dipikir baik-baik dalam penggunaan media
sosial TikTok, supaya dalam penggunaan media sosial TikTok bisa
memberikan dampak yang baik apalagi dalam pembentukan karakter sopan
santun peserta didik.
3. Bagi sekolah, diharapkan meningkatkan upaya penerapan pendidikan
karakter dari segi pemahaman materi maupun dalam upaya penerapan
pendidikan karakter untuk memaksimalkan proses pembentukan karakter
peserta didik.
4. Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk
melakukan penelitian selanjutnya, khususnya penelitian tentang dampak
media sosial TikTok terhadap karakter sopan santun peserta didik.
Ketersediaan
| STAR20220060 | 60/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
60/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
