Penerapan Pembiasaan Bernyanyi Dan Bercerita Terhadap Penguasan Kosakata Bahasa Indonesia Di TK Aisyiyah Babul Jannah
Wahdaniar/02.18.6053 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Penerapan Pembiasan Beryanyi Dan
Bercerita Terhadap Penguasaan Kosa Kata Bahasa Indonesia Di TK Aisyiyah
Babul Jannah. Pokok permasalahan pada penelitian ini ada dua yaitu, 1). Apa
faktor penghambat dan pendukung dalam penerapan pembiasaan beryanyi dan
bercerita untuk penguasaan kosa kata Bahasa Indonesia di TK Aisyah Babul
Jannah? 2) Bagaimana perbandingan penerapan pembiasaan beryanyi dan bercerita
dalam penguasaan kosa kata Bahasa Indonesia di TK Aisyah Babul Jannah
Bagaimana perbandingan penerapan pembiasaan beryanyi dan bercerita dalam
penguasaan kosa kata Bahasa Indonesia di TK Aisyah Babul Jannah? Untuk
mengetahui faktor penghambat dalam penerapan pembiasaan beryanyi dan
bercerita dapat meningkatkan penguasaan kosa kata Bahasa Indonesia di TK
Aisyah Babul Jannah serta mengetahui sebelum dan sesudah penerapan
pembiasaan beryanyi dan bercerita dalam penguasaan kosa kata Bahasa Indonesia
di TK Aisyah Babul Jannah.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kualitatif dengan pendekatan paedagogik dan psikologi. Penelitian ini
menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi
yang kemudian di analisis melalui beberapa proses yaitu reduksi data, display data,
dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan pembiasaan bernyanyi
dan bercerita di TK Aisyah Babul Jannah terbukti efektif dalam meningkatkan
penguasaan kosakata Bahasa Indonesia anak-anak. Sebelum kegiatan ini
diterapkan, banyak anak masih bercampur menggunakan bahasa daerah, kesulitan
memahami konsep sederhana, dan kurang ekspresif dalam berbicara. Setelah
pembiasaan, anak-anak menunjukkan perkembangan signifikan, seperti mampu
memahami, mengucapkan, dan memaknai kata benda serta kata kerja sederhana.
Mereka juga lebih ekspresif dalam bernyanyi, mampu mengikuti irama lagu
dengan gerakan fisik yang sesuai, dan dapat menyusun kembali kalimat yang
didengar dari cerita; 2) Faktor penghambat utama dalam penerapan pembiasaan
bernyanyi dan bercerita untuk meningkatkan penguasaan kosa kata Bahasa
Indonesia di TK Aisyah Babul Jannah adalah lingkungan anak. Lingkungan sehari-
hari yang menggunakan bahasa daerah, khususnya Bahasa Bugis, menyebabkan
Bahasa Indonesia menjadi bahasa kedua bagi anak-anak. Hal ini menjadi tantangan
bagi anak untuk menguasai Bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Meskipun
demikian, penerapan pembiasaan bernyanyi dan bercerita terbukti efektif dalam
membantu anak memahami makna dan kosa kata Bahasa Indonesia, sehingga
kemampuan berbahasa mereka berkembang sesuai harapan.
A. Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti dengan judul
penelitian penerapan pembiasaan beryanyi dan bercerita untuk penguasaan kosa
kata Bahasa Indonesia maka kesimpulan daripada penelitian ini yaitu:
1. Penerapan pembiasaan bernyanyi dan bercerita di TK Aisyiyah Babul
Jannah terbukti efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa
Indonesia anak-anak. Sebelum kegiatan ini diterapkan, banyak anak masih
bercampur menggunakan bahasa daerah, kesulitan memahami konsep
sederhana, dan kurang ekspresif dalam berbicara. Setelah pembiasaan, anak-
anak menunjukkan perkembangan signifikan, seperti mampu memahami,
mengucapkan, dan memaknai kata benda serta kata kerja sederhana. Mereka
juga lebih ekspresif dalam bernyanyi, mampu mengikuti irama lagu dengan
gerakan fisik yang sesuai, dan dapat menyusun kembali kalimat yang
didengar dari cerita.
2. Faktor penghambat utama dalam penerapan pembiasaan bernyanyi dan
bercerita untuk meningkatkan penguasaan kosa kata Bahasa Indonesia di TK
Aisyiyah Babul Jannah adalah lingkungan anak. Lingkungan sehari-hari
yang menggunakan bahasa daerah, khususnya Bahasa Bugis, menyebabkan
Bahasa Indonesia menjadi bahasa kedua bagi anak-anak. Hal ini menjadi
tantangan bagi anak untuk menguasai Bahasa Indonesia dengan baik dan
benar. Meskipun demikian, penerapan pembiasaan bernyanyi dan bercerita
terbukti efektif dalam membantu anak memahami makna dan kosa kata
Bahasa Indonesia, sehingga kemampuan berbahasa mereka berkembang
sesuai harapan.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan, maka di bawah ini akan
diuraikan beberapa implikasi dari penelitian ini diantaranya:
1. Hendaknya guru memberikan dan membiasakan menggunkan bahasa
indonesia dengan baik dan benar.
2. Sebelum dan sesudah penerapan pembiasaan beryanyi dan bercerita untuk
penguasaan kosa kata Bahasa Indonesia di TK Aisyiyah Babul Jannah guru
harusnya selalu menerpakan kegiatan tersebut untuk memaksimalkan
kembali kosa kata bahasa indonesia anak dengan baik.
Bercerita Terhadap Penguasaan Kosa Kata Bahasa Indonesia Di TK Aisyiyah
Babul Jannah. Pokok permasalahan pada penelitian ini ada dua yaitu, 1). Apa
faktor penghambat dan pendukung dalam penerapan pembiasaan beryanyi dan
bercerita untuk penguasaan kosa kata Bahasa Indonesia di TK Aisyah Babul
Jannah? 2) Bagaimana perbandingan penerapan pembiasaan beryanyi dan bercerita
dalam penguasaan kosa kata Bahasa Indonesia di TK Aisyah Babul Jannah
Bagaimana perbandingan penerapan pembiasaan beryanyi dan bercerita dalam
penguasaan kosa kata Bahasa Indonesia di TK Aisyah Babul Jannah? Untuk
mengetahui faktor penghambat dalam penerapan pembiasaan beryanyi dan
bercerita dapat meningkatkan penguasaan kosa kata Bahasa Indonesia di TK
Aisyah Babul Jannah serta mengetahui sebelum dan sesudah penerapan
pembiasaan beryanyi dan bercerita dalam penguasaan kosa kata Bahasa Indonesia
di TK Aisyah Babul Jannah.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kualitatif dengan pendekatan paedagogik dan psikologi. Penelitian ini
menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi
yang kemudian di analisis melalui beberapa proses yaitu reduksi data, display data,
dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan pembiasaan bernyanyi
dan bercerita di TK Aisyah Babul Jannah terbukti efektif dalam meningkatkan
penguasaan kosakata Bahasa Indonesia anak-anak. Sebelum kegiatan ini
diterapkan, banyak anak masih bercampur menggunakan bahasa daerah, kesulitan
memahami konsep sederhana, dan kurang ekspresif dalam berbicara. Setelah
pembiasaan, anak-anak menunjukkan perkembangan signifikan, seperti mampu
memahami, mengucapkan, dan memaknai kata benda serta kata kerja sederhana.
Mereka juga lebih ekspresif dalam bernyanyi, mampu mengikuti irama lagu
dengan gerakan fisik yang sesuai, dan dapat menyusun kembali kalimat yang
didengar dari cerita; 2) Faktor penghambat utama dalam penerapan pembiasaan
bernyanyi dan bercerita untuk meningkatkan penguasaan kosa kata Bahasa
Indonesia di TK Aisyah Babul Jannah adalah lingkungan anak. Lingkungan sehari-
hari yang menggunakan bahasa daerah, khususnya Bahasa Bugis, menyebabkan
Bahasa Indonesia menjadi bahasa kedua bagi anak-anak. Hal ini menjadi tantangan
bagi anak untuk menguasai Bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Meskipun
demikian, penerapan pembiasaan bernyanyi dan bercerita terbukti efektif dalam
membantu anak memahami makna dan kosa kata Bahasa Indonesia, sehingga
kemampuan berbahasa mereka berkembang sesuai harapan.
A. Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti dengan judul
penelitian penerapan pembiasaan beryanyi dan bercerita untuk penguasaan kosa
kata Bahasa Indonesia maka kesimpulan daripada penelitian ini yaitu:
1. Penerapan pembiasaan bernyanyi dan bercerita di TK Aisyiyah Babul
Jannah terbukti efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa
Indonesia anak-anak. Sebelum kegiatan ini diterapkan, banyak anak masih
bercampur menggunakan bahasa daerah, kesulitan memahami konsep
sederhana, dan kurang ekspresif dalam berbicara. Setelah pembiasaan, anak-
anak menunjukkan perkembangan signifikan, seperti mampu memahami,
mengucapkan, dan memaknai kata benda serta kata kerja sederhana. Mereka
juga lebih ekspresif dalam bernyanyi, mampu mengikuti irama lagu dengan
gerakan fisik yang sesuai, dan dapat menyusun kembali kalimat yang
didengar dari cerita.
2. Faktor penghambat utama dalam penerapan pembiasaan bernyanyi dan
bercerita untuk meningkatkan penguasaan kosa kata Bahasa Indonesia di TK
Aisyiyah Babul Jannah adalah lingkungan anak. Lingkungan sehari-hari
yang menggunakan bahasa daerah, khususnya Bahasa Bugis, menyebabkan
Bahasa Indonesia menjadi bahasa kedua bagi anak-anak. Hal ini menjadi
tantangan bagi anak untuk menguasai Bahasa Indonesia dengan baik dan
benar. Meskipun demikian, penerapan pembiasaan bernyanyi dan bercerita
terbukti efektif dalam membantu anak memahami makna dan kosa kata
Bahasa Indonesia, sehingga kemampuan berbahasa mereka berkembang
sesuai harapan.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan, maka di bawah ini akan
diuraikan beberapa implikasi dari penelitian ini diantaranya:
1. Hendaknya guru memberikan dan membiasakan menggunkan bahasa
indonesia dengan baik dan benar.
2. Sebelum dan sesudah penerapan pembiasaan beryanyi dan bercerita untuk
penguasaan kosa kata Bahasa Indonesia di TK Aisyiyah Babul Jannah guru
harusnya selalu menerpakan kegiatan tersebut untuk memaksimalkan
kembali kosa kata bahasa indonesia anak dengan baik.
Ketersediaan
| STAR20250032 | 32/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
32/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
