Urgensi Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MI Ar-Rahmah Galung Lampe Kec. Patimpeng Kab. Bone
Saad Arif/02.15.3102 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang urgensi manajemen kelas dalam meningkatkan
motivasi belajar siswa di MI Ar-Rahmah Galung Lampe. Hal penting yang dikaji
dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan manajemen kelas
di MI Ar-Rahmah Galung Lampe, bagaimana upaya peningkatan motivasi belajar
siswa di MI Ar-Rahmah Galung Lampe dan Bagaimana kontribusi pengelolaan kelas
dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MI Ar-Rahmah Galung Lampe.
Untuk pemecahan masalah digunakan penelitian lapangan (Field Research)
dengan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang
diperoleh diolah dengan teknik kualitatif, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan
analisis deskriptif kualitatif dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan data deduktif yaitu
mengambil beberapa fakta yang bersifat umum yang selanjutnya dianalisis untuk
diterapkan ke hal yang bersifat umum.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama; pelaksanaan manajemen kelas
di MI Ar-Rahmah Galung Lampe tergolong optimal dan cukup efektif. Hal itu
ditandai dengan menciptakan iklam belajar yang tepat, mengatur ruangan belajar
dengan baik dan mengelola interaksi kegiatan belajar mengajar sesuai dengan
keterampilan-keterampilan yang dimiliki oleh guru. Kedua; upaya meningkatkan
motivasi belajar siswa di MI Ar-Rahmah Galung Lampe, guru menumbuhkan
motivasi belajar siswa yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik dengan cara
memodifikasi perilaku siswa dengan mengajarkan perilaku baru dengan contoh
pembiasaan siswa dalam menghadapi kesulitan dalam belajar. Selain itu, guru
meningkatkan perilaku baik melalui penguatan, pemberian hadiah, pemecahan
masalah kelompok dengan peningkatan kerja sama dan keterlibatan siswa, kemudian
menemukan dan mengatasi perilaku siswa yang menimbulkan masalah. Ketiga;
pengelolaan kelas berkonstribusi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MI
Ar-Rahmah Galung Lampe. Dengan pengelolaan kelas yang efektif dan efesien, telah
mewujudkan proses pembelajaran yang efektif serta melatih dan menanamkan sikap
demokratis pada siswa yang menekankan pada bagaimana agar siswa mampu belajar.
Disamping itu, pembelajaran di kelas menjadi sebuah aktivitas yang menyenangkan.
Dengan demikian, adanya manajemen kelas yang baik membantu pencapaian tujuan
pembelajaran secara optimal, meningkatkan motivasi belajar, selain dari itu dengan
adanya manajemen kelas dapat mengkoordinir segala sesuatu yang ada dikelas dan
tujuan pembelajaran.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian bab pembahasan maka penulis dapat mengemukakan
simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1. Pelaksanaan manajemen kelas di MI Ar-Rahmah Galung Lampe Kec.
Patimpeng Kab. Bone tergolong optimal dan cukup efektif. Hal itu ditandai
dengan menciptakan iklam belajar yang tepat, mengatur ruangan belajar dengan
baik dan mengelola interaksi kegiatan belajar mengajar sesuai dengan
keterampilan yang dimiliki oleh guru.
2. Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa di MI Ar-Rahmah Galung Lampe
Kec. Patimpeng Kab. Bone, guru menumbuhkan motivasi belajar siswa yaitu
motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik dengan cara memodifikasi perilaku
siswa dengan mengajarkan perilaku baru dengan contoh pembiasaan siswa
dalam menghadapi kesulitan dalam belajar. Selain itu, guru meningkatkan
perilaku baik melalui penguatan, pemberian hadiah, pemecahan masalah
kelompok dengan peningkatan kerja sama dan keterlibatan siswa, kemudian
menemukan dan mengatasi perilaku siswa yang menimbulkan masalah.
3. Pengelolaan kelas berkonstribusi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di
MI Ar-Rahmah Galung Lampe Kec. Patimpeng Kab. Bone. Dengan
pengelolaan kelas yang efektif dan efesien akan mewujudkan proses
pembelajaran yang efektif serta melatih dan menanamkan sikap demokratis
pada siswa yang menekankan pada bagaimana agar siswa mampu belajar. Di
samping itu, pembelajaran di kelas menjadi sebuah aktivitas yang
menyenangkan. Oleh karena itu, adanya manajemen kelas yang baik membantu
pencapaian tujuan pembelajaran secara optimal, meningkatkan motivasi belajar,
dapat mengkoordinir segala sesuatu yang ada di kelas dan tujuan pembelajaran.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skripsi ini
adalah sebagai berikut:
1. Kepala sekolah dan personil sekolah maupun masyarakat hendaknya selalu
meningkatkan komunikasi maupun kerja sama yang baik sehingga dapat mudah
sekolah untuk mencapai visi dan misi sekolah secara efektif dan efesien.
2. Sekolah hendaknya selalu mempertahankan nilai-nilai kerjasama yang baik
antara pemimpin dengan para bawahan serta kepada masyarakat setempat,
karena itu akan membuat hubungan seluruh personil sekolah dengan
masyarakat akan selalu terjaga baik dan harmonis.
3. Sekolah hendaknya selalu melakukan pengawasan mengenai manajemen kelas
yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
motivasi belajar siswa di MI Ar-Rahmah Galung Lampe. Hal penting yang dikaji
dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan manajemen kelas
di MI Ar-Rahmah Galung Lampe, bagaimana upaya peningkatan motivasi belajar
siswa di MI Ar-Rahmah Galung Lampe dan Bagaimana kontribusi pengelolaan kelas
dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MI Ar-Rahmah Galung Lampe.
Untuk pemecahan masalah digunakan penelitian lapangan (Field Research)
dengan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang
diperoleh diolah dengan teknik kualitatif, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan
analisis deskriptif kualitatif dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan data deduktif yaitu
mengambil beberapa fakta yang bersifat umum yang selanjutnya dianalisis untuk
diterapkan ke hal yang bersifat umum.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama; pelaksanaan manajemen kelas
di MI Ar-Rahmah Galung Lampe tergolong optimal dan cukup efektif. Hal itu
ditandai dengan menciptakan iklam belajar yang tepat, mengatur ruangan belajar
dengan baik dan mengelola interaksi kegiatan belajar mengajar sesuai dengan
keterampilan-keterampilan yang dimiliki oleh guru. Kedua; upaya meningkatkan
motivasi belajar siswa di MI Ar-Rahmah Galung Lampe, guru menumbuhkan
motivasi belajar siswa yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik dengan cara
memodifikasi perilaku siswa dengan mengajarkan perilaku baru dengan contoh
pembiasaan siswa dalam menghadapi kesulitan dalam belajar. Selain itu, guru
meningkatkan perilaku baik melalui penguatan, pemberian hadiah, pemecahan
masalah kelompok dengan peningkatan kerja sama dan keterlibatan siswa, kemudian
menemukan dan mengatasi perilaku siswa yang menimbulkan masalah. Ketiga;
pengelolaan kelas berkonstribusi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MI
Ar-Rahmah Galung Lampe. Dengan pengelolaan kelas yang efektif dan efesien, telah
mewujudkan proses pembelajaran yang efektif serta melatih dan menanamkan sikap
demokratis pada siswa yang menekankan pada bagaimana agar siswa mampu belajar.
Disamping itu, pembelajaran di kelas menjadi sebuah aktivitas yang menyenangkan.
Dengan demikian, adanya manajemen kelas yang baik membantu pencapaian tujuan
pembelajaran secara optimal, meningkatkan motivasi belajar, selain dari itu dengan
adanya manajemen kelas dapat mengkoordinir segala sesuatu yang ada dikelas dan
tujuan pembelajaran.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian bab pembahasan maka penulis dapat mengemukakan
simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1. Pelaksanaan manajemen kelas di MI Ar-Rahmah Galung Lampe Kec.
Patimpeng Kab. Bone tergolong optimal dan cukup efektif. Hal itu ditandai
dengan menciptakan iklam belajar yang tepat, mengatur ruangan belajar dengan
baik dan mengelola interaksi kegiatan belajar mengajar sesuai dengan
keterampilan yang dimiliki oleh guru.
2. Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa di MI Ar-Rahmah Galung Lampe
Kec. Patimpeng Kab. Bone, guru menumbuhkan motivasi belajar siswa yaitu
motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik dengan cara memodifikasi perilaku
siswa dengan mengajarkan perilaku baru dengan contoh pembiasaan siswa
dalam menghadapi kesulitan dalam belajar. Selain itu, guru meningkatkan
perilaku baik melalui penguatan, pemberian hadiah, pemecahan masalah
kelompok dengan peningkatan kerja sama dan keterlibatan siswa, kemudian
menemukan dan mengatasi perilaku siswa yang menimbulkan masalah.
3. Pengelolaan kelas berkonstribusi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di
MI Ar-Rahmah Galung Lampe Kec. Patimpeng Kab. Bone. Dengan
pengelolaan kelas yang efektif dan efesien akan mewujudkan proses
pembelajaran yang efektif serta melatih dan menanamkan sikap demokratis
pada siswa yang menekankan pada bagaimana agar siswa mampu belajar. Di
samping itu, pembelajaran di kelas menjadi sebuah aktivitas yang
menyenangkan. Oleh karena itu, adanya manajemen kelas yang baik membantu
pencapaian tujuan pembelajaran secara optimal, meningkatkan motivasi belajar,
dapat mengkoordinir segala sesuatu yang ada di kelas dan tujuan pembelajaran.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skripsi ini
adalah sebagai berikut:
1. Kepala sekolah dan personil sekolah maupun masyarakat hendaknya selalu
meningkatkan komunikasi maupun kerja sama yang baik sehingga dapat mudah
sekolah untuk mencapai visi dan misi sekolah secara efektif dan efesien.
2. Sekolah hendaknya selalu mempertahankan nilai-nilai kerjasama yang baik
antara pemimpin dengan para bawahan serta kepada masyarakat setempat,
karena itu akan membuat hubungan seluruh personil sekolah dengan
masyarakat akan selalu terjaga baik dan harmonis.
3. Sekolah hendaknya selalu melakukan pengawasan mengenai manajemen kelas
yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Ketersediaan
| STAR20200321 | 321/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
321/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
