Efektivitas Media Magnet Berhitung Matematika Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah (MI) DDI Seppange Kabupaten Bone
Husnah D/862322019103 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas media Magnet
Berhitung Matematika dalam meningkatkan pemahaman konsep perkalian siswa
kelas II MI DDI Seppange. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kuantitatif
menggunakan penelitian jenis Pre-Eksperimental Design dengan bentuk desain One
Group Pretest-Posttest Design. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan
observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis
statistik deskriptif untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman konsep perkalian siswa
dan analisis statistik inferensial untuk menguji hipotesis melalui program Software
SPSS Version 25. Hasil penelitian menunjukkan, media Magnet Berhitung
Matematika cukup efektif dengan nilai efektivitas 69,05 dalam meningkatkan
pemahaman konsep perkalian siswa kelas II MI DDI Seppange. Hal ini dibuktikan
melalui hasil uji efektivitas menggunakan tafsiran N-Gain Score serta hasil analisis
uji Paired Sample t-test dengan menggunakan Software SPSS Version 25 diperoleh t
= -42,3 dan df = 83,0 dan hasil sig (2-tailed) sebesar 0,001 yang berarti lebih kecil
dari 0,05 (0,001 < 0,0p5). Maka dapat diketahui H 0 ditolak dan H 1 diterima.
A. Simpulan
Berdasarkan rumusan masalah, analisis data dan pembahasan yang
telah dilakukan peneliti terhadap hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan
bahwa:
1. Kemampuan siswa dalam memahami konsep perkalian perkalian pada
pembelajaran matematika kelas II MI DDI Seppange sebelum menerapkan
media Magnet Berhitung Matematika memiliki persentase sebesar 9.1% pada
kategori sangat rendah, 54.5% berada pada kategori rendah, dan 36.4% berada
pada kategori sedang dan nilai rata-rata yang diperoleh pada soal pretest
sebesar 42. Sedangkan kemampuan siswa dalam memahami konsep perkalian
perkalian pada pembelajaran matematika kelas II MI DDI Seppange sesudah
menerapkan media Magnet Berhitung Matematika memiliki persentase
sebesar 18,2% pada kategori sedang, 68,2% berada pada kategori tinggi, dan
13,6% berada pada kategori sangat tinggi dan nilai rata-rata yang diperoleh
pada soal pre-test sebesar 83, pada hasil analisis inferensial uji Paired Sample
T-Test dengan menggunakan bantuan pengolah data Software SPSS Version
25 diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,001 yang berarti kecil dari
Berhitung Matematika dalam meningkatkan pemahaman konsep perkalian siswa
kelas II MI DDI Seppange. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kuantitatif
menggunakan penelitian jenis Pre-Eksperimental Design dengan bentuk desain One
Group Pretest-Posttest Design. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan
observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis
statistik deskriptif untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman konsep perkalian siswa
dan analisis statistik inferensial untuk menguji hipotesis melalui program Software
SPSS Version 25. Hasil penelitian menunjukkan, media Magnet Berhitung
Matematika cukup efektif dengan nilai efektivitas 69,05 dalam meningkatkan
pemahaman konsep perkalian siswa kelas II MI DDI Seppange. Hal ini dibuktikan
melalui hasil uji efektivitas menggunakan tafsiran N-Gain Score serta hasil analisis
uji Paired Sample t-test dengan menggunakan Software SPSS Version 25 diperoleh t
= -42,3 dan df = 83,0 dan hasil sig (2-tailed) sebesar 0,001 yang berarti lebih kecil
dari 0,05 (0,001 < 0,0p5). Maka dapat diketahui H 0 ditolak dan H 1 diterima.
A. Simpulan
Berdasarkan rumusan masalah, analisis data dan pembahasan yang
telah dilakukan peneliti terhadap hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan
bahwa:
1. Kemampuan siswa dalam memahami konsep perkalian perkalian pada
pembelajaran matematika kelas II MI DDI Seppange sebelum menerapkan
media Magnet Berhitung Matematika memiliki persentase sebesar 9.1% pada
kategori sangat rendah, 54.5% berada pada kategori rendah, dan 36.4% berada
pada kategori sedang dan nilai rata-rata yang diperoleh pada soal pretest
sebesar 42. Sedangkan kemampuan siswa dalam memahami konsep perkalian
perkalian pada pembelajaran matematika kelas II MI DDI Seppange sesudah
menerapkan media Magnet Berhitung Matematika memiliki persentase
sebesar 18,2% pada kategori sedang, 68,2% berada pada kategori tinggi, dan
13,6% berada pada kategori sangat tinggi dan nilai rata-rata yang diperoleh
pada soal pre-test sebesar 83, pada hasil analisis inferensial uji Paired Sample
T-Test dengan menggunakan bantuan pengolah data Software SPSS Version
25 diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,001 yang berarti kecil dari
Ketersediaan
| STAR20230272 | 272/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
272/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
