Efektivitas Media Magnet Berhitung Matematika Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah (MI) DDI Seppange Kabupaten Bone

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas media Magnet
Berhitung Matematika dalam meningkatkan pemahaman konsep perkalian siswa
kelas II MI DDI Seppange. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kuantitatif
menggunakan penelitian jenis Pre-Eksperimental Design dengan bentuk desain One
Group Pretest-Posttest Design. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan
observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis
statistik deskriptif untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman konsep perkalian siswa
dan analisis statistik inferensial untuk menguji hipotesis melalui program Software
SPSS Version 25. Hasil penelitian menunjukkan, media Magnet Berhitung
Matematika cukup efektif dengan nilai efektivitas 69,05 dalam meningkatkan
pemahaman konsep perkalian siswa kelas II MI DDI Seppange. Hal ini dibuktikan
melalui hasil uji efektivitas menggunakan tafsiran N-Gain Score serta hasil analisis
uji Paired Sample t-test dengan menggunakan Software SPSS Version 25 diperoleh t
= -42,3 dan df = 83,0 dan hasil sig (2-tailed) sebesar 0,001 yang berarti lebih kecil
dari 0,05 (0,001 < 0,0p5). Maka dapat diketahui H 0 ditolak dan H 1 diterima.
A. Simpulan
Berdasarkan rumusan masalah, analisis data dan pembahasan yang
telah dilakukan peneliti terhadap hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan
bahwa:
1. Kemampuan siswa dalam memahami konsep perkalian perkalian pada
pembelajaran matematika kelas II MI DDI Seppange sebelum menerapkan
media Magnet Berhitung Matematika memiliki persentase sebesar 9.1% pada
kategori sangat rendah, 54.5% berada pada kategori rendah, dan 36.4% berada
pada kategori sedang dan nilai rata-rata yang diperoleh pada soal pretest
sebesar 42. Sedangkan kemampuan siswa dalam memahami konsep perkalian
perkalian pada pembelajaran matematika kelas II MI DDI Seppange sesudah
menerapkan media Magnet Berhitung Matematika memiliki persentase
sebesar 18,2% pada kategori sedang, 68,2% berada pada kategori tinggi, dan
13,6% berada pada kategori sangat tinggi dan nilai rata-rata yang diperoleh
pada soal pre-test sebesar 83, pada hasil analisis inferensial uji Paired Sample
T-Test dengan menggunakan bantuan pengolah data Software SPSS Version
25 diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,001 yang berarti kecil dari
Ketersediaan
STAR20230272272/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

272/2023

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Subyek

Media Mabeta

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top