Efektivitas penggunaan media Spin dalam meningkatkan kemampuan menghafal bacaan dan gerakan shalat siswa pada pembelajaran Fikih kelas IV MI AL-Qur‟aniyah Nursyarifa Kabupaten Bone
Erna Amalia/862322019114 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas penggunaan media
Spin dalam meningkatkan kemampuan menghafal bacaan dan gerakan shalat siswa
pada pembelajaran Fikih kelas IV MI AL-Qur‟aniyah Nursyarifa Kabupaten Bone.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif Pre Eksperimen
Design dengan design One Group Pretest-Postest. Teknik pengumpulan data
menggunakan instrumen tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh setelah
penelitian di analisis menggunakan aplikasi Statiscal Package Sosial Sciences
(SPSS) Versi 22, agar dapat mengetahui hasil perhitungan nilai statistik deskriptif
pretest-postest, uji normalitas, uji hipotesis, uji efektivitas dan uji t-paired sample
test. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV MI AL-Qur‟aniyah Nursyarifa
Kabupaten Bone dengan peserta didik yang berjumlah 26 orang. Hasil penelitian
setelah dilakukan perlakuan menggunakan media Spin, menunjukkan bahwa nilai
yang diperoleh peserta didik kelas IV pada saat post-test terjadi peningkatan dengan
melihat kategori tafsiran efektivitas dengan rata-rata sebesar 68,72 dan dapat dilihat
dari uji-t pada nilai pre-test dan post-test, dapat diketahui jika nilai (signifikansi) 2-
tailed 0,000 < 0,05 maka H O ditolak, sehingga media Spin efektif dalam
meningkatkan kemampuan menghafal siswa kelas IV MI AL-Qur‟aniyah
Nursyarifa Kabupaten Bone, karena nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,00.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan peneliti terkait efektivitas
penggunaan media pohon misteri dalam meningkatkan kemampuan membaca
siswa kelas IV MI Al-Qur‟aniyah Nuryarifa, maka dapat disimpulkan:
1. Pada proses pembelajaran menggunakan media spin dapat meningkatkan
kemampuan menghafal siswa. Siswa dapat menghafal bacaan maupun
gerakan shalat melalui media ini, karna telah tersedia gambar serta teks
pada media tersebut.
2. Penggunaan media Spin efektif dalam meningkatkan kemampuan
menghafal siswa kelas IV MI Al-Qur‟aniyah Nursyarifa yang berdasarkan
pada uji paired Sample T-Test dengan menggunakan bantuan pengolah
data SPSS Versi 22 diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0.000 yang berarti kecil
dari α yaitu 0.05 (0.000 < 0.05), dan diperoleh t hitung = -22.319 > t tabel =
1.508 yang artinya H 0 ditolak dan H 1 diterima. Dapat terlihat bahwa nilai
rata-rata N-gain score sebesar 68.72, berdasarkan kategori tafsiran
efektivitas N-gain score, media Spin cukup efektif dalam meningkatkan
kemampuan menghafal.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini, maka
disarankan beberapa hal sebagai berikut:
1. Kepada guru kelas MI Al-Qur‟aniyah Nursyarifa yang mengampu mata
pelajaran Fikih agar dalam proses pembelajaran Fikih disarankan untuk
dapat mengajar dengan menerapkan media Spin.
2. Kepada seluruh tenaga pendidik hendaknya memperkenalkan media yang
menarik dan interaktif, agar siswa dapat mengeksplor kemampuannya
dalam proses pembelajaran. Sehingga dalam proses belajar mengajar tidak
bersifat konvensional.
3. Kepada peneliti lain yang berniat menyelidiki variabel-variabel yang
relevan pada materi dengan situasi dan kondisi berbeda yang akan
m enjadikan acuan dalam melaksanakan penelitian selanjutnya yang pada
masanya nanti akan melahirkan satu tulisan baru yang lebih baik dan
lengkap.
Spin dalam meningkatkan kemampuan menghafal bacaan dan gerakan shalat siswa
pada pembelajaran Fikih kelas IV MI AL-Qur‟aniyah Nursyarifa Kabupaten Bone.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif Pre Eksperimen
Design dengan design One Group Pretest-Postest. Teknik pengumpulan data
menggunakan instrumen tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh setelah
penelitian di analisis menggunakan aplikasi Statiscal Package Sosial Sciences
(SPSS) Versi 22, agar dapat mengetahui hasil perhitungan nilai statistik deskriptif
pretest-postest, uji normalitas, uji hipotesis, uji efektivitas dan uji t-paired sample
test. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV MI AL-Qur‟aniyah Nursyarifa
Kabupaten Bone dengan peserta didik yang berjumlah 26 orang. Hasil penelitian
setelah dilakukan perlakuan menggunakan media Spin, menunjukkan bahwa nilai
yang diperoleh peserta didik kelas IV pada saat post-test terjadi peningkatan dengan
melihat kategori tafsiran efektivitas dengan rata-rata sebesar 68,72 dan dapat dilihat
dari uji-t pada nilai pre-test dan post-test, dapat diketahui jika nilai (signifikansi) 2-
tailed 0,000 < 0,05 maka H O ditolak, sehingga media Spin efektif dalam
meningkatkan kemampuan menghafal siswa kelas IV MI AL-Qur‟aniyah
Nursyarifa Kabupaten Bone, karena nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,00.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan peneliti terkait efektivitas
penggunaan media pohon misteri dalam meningkatkan kemampuan membaca
siswa kelas IV MI Al-Qur‟aniyah Nuryarifa, maka dapat disimpulkan:
1. Pada proses pembelajaran menggunakan media spin dapat meningkatkan
kemampuan menghafal siswa. Siswa dapat menghafal bacaan maupun
gerakan shalat melalui media ini, karna telah tersedia gambar serta teks
pada media tersebut.
2. Penggunaan media Spin efektif dalam meningkatkan kemampuan
menghafal siswa kelas IV MI Al-Qur‟aniyah Nursyarifa yang berdasarkan
pada uji paired Sample T-Test dengan menggunakan bantuan pengolah
data SPSS Versi 22 diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0.000 yang berarti kecil
dari α yaitu 0.05 (0.000 < 0.05), dan diperoleh t hitung = -22.319 > t tabel =
1.508 yang artinya H 0 ditolak dan H 1 diterima. Dapat terlihat bahwa nilai
rata-rata N-gain score sebesar 68.72, berdasarkan kategori tafsiran
efektivitas N-gain score, media Spin cukup efektif dalam meningkatkan
kemampuan menghafal.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini, maka
disarankan beberapa hal sebagai berikut:
1. Kepada guru kelas MI Al-Qur‟aniyah Nursyarifa yang mengampu mata
pelajaran Fikih agar dalam proses pembelajaran Fikih disarankan untuk
dapat mengajar dengan menerapkan media Spin.
2. Kepada seluruh tenaga pendidik hendaknya memperkenalkan media yang
menarik dan interaktif, agar siswa dapat mengeksplor kemampuannya
dalam proses pembelajaran. Sehingga dalam proses belajar mengajar tidak
bersifat konvensional.
3. Kepada peneliti lain yang berniat menyelidiki variabel-variabel yang
relevan pada materi dengan situasi dan kondisi berbeda yang akan
m enjadikan acuan dalam melaksanakan penelitian selanjutnya yang pada
masanya nanti akan melahirkan satu tulisan baru yang lebih baik dan
lengkap.
Ketersediaan
| STAR20240014 | 14/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
14/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
