Analisis Kreativitas Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran IPA di SD Negeri 201 Ajang Pulu Kecamatan Cina Kabupaten Bone
Andi Eka Fajriati.R/862322019105 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang analisis kreativitas guru dalam menggunakan
media pembelajaran IPA SD Negeri 201 Ajang Pulu Kecamatan Cina Kabupaten
Bone. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah peningkatan kreativitas
guru dalam membuat media pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPA.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami bentuk media yang
digunakan pada pembelajaran IPA di SD Negeri 201 Ajang Pulu, kendala serta
solusi yang dihadapi dalam meningkatkan kreativitas guru menggunakan media
pembelajaran IPA di SD Negeri 201 Ajang Pulu. Jenis penelitian adalah deskriptif
kualitatif karena memaparkan terkait informasi-informasi dari hasil analisis
kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran IPA. Adapun
Pendekatan dalam penelitian ini yakni pendekatan kualitatif digunakan untuk
menguraikan, menggambarkan, menggali dan mendeskripsikan yang berkaitan
dengan penelitian tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru di SD
Negeri 201 Ajang Pulu yang mengunakan media visual pembelajaran IPA seperti
sistem organ tubuh manusia, sistem pernafasan manusia, peredarahan darah
manusia, dan organ paru paru. Adapun kendala serta solusi guru seperti kesulitan
mencari ide serta menentukan media yang sesuai dengan materi dan terbatasnya
bahan dan kurangnya fasilitas media di sekolah. Untuk mengatasi kendala tersebut
maka guru harus menciptakan media sendiri dan sesuai dengan karaterstik siswa
dengan memanfaatkan bahan limbah
A. Simpulan
Berdasarkan hasil analisis kreativitas guru dalam menggunakan media
pembelajaran IPA Di SD Negeri 201 Ajang Pulu Kecamatan Cina, Kabupaten
Bone, dapat disimpulkan bawah kreativitas guru dalam menggunakan media
pembelajaran IPA dapat dinilai bahwa aspek kreativitasnya yaitu fleksibilitas
yang memiliki indikator yang digunakan oleh apsek yang dijelaskan diatas:
1. Bentuk-bentuk media pembelajaran IPA oleh guru SD Negeri 201 Ajang
Pulu yang digunakan untuk memberikan pembelajaran dan pemahaman
pada siswa terkait mata pembelajaran IPA menggunakan media visual
contohnya sistem organ tubuh manusia, sistem pernapasan manusia, dan
peredaran darah manusia, serta sistem tata surya, sistem organ gerak
hewan dan organ paru-paru.
2. Kendala dan solusi guru IPA di SD Negeri 201 Ajang Pulu adalah
kesulitannya yang mencari ide serta menentukan media yang sesuai
dengan materi dan terbatasnya bahan media pembelajaran dan kurang
tersedianya media dari sekolah, cara mengatasi kendala atau masalah
dalam menggunakan media pembelajaran tersebut menciptakan media
sendiri sesuai karateristik peserta didik dan memperbanyak literasi dan
disuksi sesama orang lain dan harus mempunyai ide-ide atau manfaatkan
barang-barang bekas untuk menyurangi biaya tersebut dalam membuat
media pembelajaran dan menjadikan sebagai alat bantu untuk
menyampaikan materi kepada peserta didik
B. Saran
Setelah mengadakan penelitian kreativitas guru dalam menggunakan
media, dilokasi di SD Negeri 201 Ajang Pulu, Kecamatan Cina, Kabupaten
Bone, maka penulis perlu menyatakan hal-hal sebagai berikut :
1. Bagi Guru
a. Guru harapan lebih meningkatkan lagi kualitas dalam mengunakan
media dan membuat media yang lebih kreatif sehingga nantinya
siswa akan semakin semangat dalam pembelajaran IPA.
b. Guru lebih banyak mengikuti pelatihan-pelatihan tentang media
pembelajaran IPA, serta menganalisis kreativitas guru dalam
menggunakan media IPA supaya siswa dapat aktif dan tidak bosan
dalam pembelajaran IPA serta aktif dalam pembelajaran.
c. Guru lebih kreativitas dalam menggunakan media pemeblajaran
IPA ditingkatkan maka motivatsi belajar peserta didik akan
meningkat, karena itu motivasi belajar peserta didik di SD Negeri
201 Ajang Pulu, Kecamatan Cina, Kabupaten Bone dapat
meningkatkan melalui kreativitas guru dalam menggunakan media
pembelajaran.
media pembelajaran IPA SD Negeri 201 Ajang Pulu Kecamatan Cina Kabupaten
Bone. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah peningkatan kreativitas
guru dalam membuat media pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPA.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami bentuk media yang
digunakan pada pembelajaran IPA di SD Negeri 201 Ajang Pulu, kendala serta
solusi yang dihadapi dalam meningkatkan kreativitas guru menggunakan media
pembelajaran IPA di SD Negeri 201 Ajang Pulu. Jenis penelitian adalah deskriptif
kualitatif karena memaparkan terkait informasi-informasi dari hasil analisis
kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran IPA. Adapun
Pendekatan dalam penelitian ini yakni pendekatan kualitatif digunakan untuk
menguraikan, menggambarkan, menggali dan mendeskripsikan yang berkaitan
dengan penelitian tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru di SD
Negeri 201 Ajang Pulu yang mengunakan media visual pembelajaran IPA seperti
sistem organ tubuh manusia, sistem pernafasan manusia, peredarahan darah
manusia, dan organ paru paru. Adapun kendala serta solusi guru seperti kesulitan
mencari ide serta menentukan media yang sesuai dengan materi dan terbatasnya
bahan dan kurangnya fasilitas media di sekolah. Untuk mengatasi kendala tersebut
maka guru harus menciptakan media sendiri dan sesuai dengan karaterstik siswa
dengan memanfaatkan bahan limbah
A. Simpulan
Berdasarkan hasil analisis kreativitas guru dalam menggunakan media
pembelajaran IPA Di SD Negeri 201 Ajang Pulu Kecamatan Cina, Kabupaten
Bone, dapat disimpulkan bawah kreativitas guru dalam menggunakan media
pembelajaran IPA dapat dinilai bahwa aspek kreativitasnya yaitu fleksibilitas
yang memiliki indikator yang digunakan oleh apsek yang dijelaskan diatas:
1. Bentuk-bentuk media pembelajaran IPA oleh guru SD Negeri 201 Ajang
Pulu yang digunakan untuk memberikan pembelajaran dan pemahaman
pada siswa terkait mata pembelajaran IPA menggunakan media visual
contohnya sistem organ tubuh manusia, sistem pernapasan manusia, dan
peredaran darah manusia, serta sistem tata surya, sistem organ gerak
hewan dan organ paru-paru.
2. Kendala dan solusi guru IPA di SD Negeri 201 Ajang Pulu adalah
kesulitannya yang mencari ide serta menentukan media yang sesuai
dengan materi dan terbatasnya bahan media pembelajaran dan kurang
tersedianya media dari sekolah, cara mengatasi kendala atau masalah
dalam menggunakan media pembelajaran tersebut menciptakan media
sendiri sesuai karateristik peserta didik dan memperbanyak literasi dan
disuksi sesama orang lain dan harus mempunyai ide-ide atau manfaatkan
barang-barang bekas untuk menyurangi biaya tersebut dalam membuat
media pembelajaran dan menjadikan sebagai alat bantu untuk
menyampaikan materi kepada peserta didik
B. Saran
Setelah mengadakan penelitian kreativitas guru dalam menggunakan
media, dilokasi di SD Negeri 201 Ajang Pulu, Kecamatan Cina, Kabupaten
Bone, maka penulis perlu menyatakan hal-hal sebagai berikut :
1. Bagi Guru
a. Guru harapan lebih meningkatkan lagi kualitas dalam mengunakan
media dan membuat media yang lebih kreatif sehingga nantinya
siswa akan semakin semangat dalam pembelajaran IPA.
b. Guru lebih banyak mengikuti pelatihan-pelatihan tentang media
pembelajaran IPA, serta menganalisis kreativitas guru dalam
menggunakan media IPA supaya siswa dapat aktif dan tidak bosan
dalam pembelajaran IPA serta aktif dalam pembelajaran.
c. Guru lebih kreativitas dalam menggunakan media pemeblajaran
IPA ditingkatkan maka motivatsi belajar peserta didik akan
meningkat, karena itu motivasi belajar peserta didik di SD Negeri
201 Ajang Pulu, Kecamatan Cina, Kabupaten Bone dapat
meningkatkan melalui kreativitas guru dalam menggunakan media
pembelajaran.
Ketersediaan
| STAR20230283 | 283/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
283/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
