Pengaruh Penggunaan Media Roda Putar Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas V MI Assalam Ancu Kabupaten Bone
Haerul Nisa/862322019097 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Roda
Putar Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas
V MI Assalam Ancu Kab. Bone. Pokok permasalahan penelitian ini terkait
motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas V MI Assalam Ancu. Metode
penelitian ini menggunakan jenis Pre-Eksperimental Design dengan bentuk desain
One Group Pretest-Posttest Design. Adapun teknik pengumpulan datanya
menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Data yang
diperoleh setelah penelitian di analisis menggunakan aplikasi Statiscal Package
Sosial Sciences (SPSS) Versi 22, agar dapat mengetahui hasil perhitungan nilai
statistik deskriptif pretest-posttest, uji normalitas, uji hipotesis dan uji t-paired
sample test. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V MI Assalam Ancu dengan
peserta didik yang berjumlah 15 orang. Hasil penelitian setelah dilakukan
perlakuan menggunakan media roda putar, menunjukkan bahwa nilai yang
diperoleh siswa kelas V pada saat posttest terjadi peningkatan dengan melihat
kriteria motivasi belajar siswa dengan rata-rata sebesar 87.73 dan dapat dilihat
dari uji-t pada nilai pretest dan posttest, dapat diketahui jika nilai (signifikansi) 2-
tailed 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak, sehingga media roda putar dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V MI Assalam Ancu dinyatakan
meningkat karena nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,00.
A. Simpulan
Berdasarkan rumusan masalah, analisis data dan pembahasan yang telah
dilakukan peneliti terhadap hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan
bahwa:
1. Melalui penelitian menunjukkan bahwa proses belajar mengajar dengan
menerapkan media roda putar ini menarik perhatian siswa karena suasana
belajarnya yang menjadi menyenangkan dan bervariatif. Siswa sangat
menikmati proses belajar mengajar dengan sistem bermain yang dikemas
dalam suatu media pembelajaran yakni media roda putar. Hal ini
menunjukkan hasil yang baik bagi perkembangan motivasi belajar siswa
dengan dibuktikan pada peningkatan nilai rata-rata setelah diterapkannya
media roda putar di kelas.
2. Pengaruh penggunaan media roda putar dalam meningkatkan motivasi
belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas V MI Assalam Ancu Kab. Bone.
Berdasarkan pada uji Paired Sample T-Test pretest dan posttest motivasi
belajar siswa pada tabel 4.8, cara pengambilan keputusannya adalah jika
t hitung > t tabel maka H 0 ditolak, jika t hitung < t tabel maka H 1 diterima. Data
diatas menunjukkan bahwa dalam kelompok eksperimen t hitung 8,633 > t tabel
3,003 yang artinya H 0 ditolak dan H 1 diterima. Selain itu, keputusan juga
dapat dilihat pada tabel diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 000 < 0,05.
Hal ini menunjukkan bahwa H 1 diterima dan H 0 ditolak.
3. Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa pada
pembelajaran IPS di kelas V MI Assalam Ancu ada dua yaitu faktor
internal dan eksternal. Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari
dalam diri siswa itu sendiri karena dengan adanya bakat maka sikap yang
ditunjukan siswa terhadap belajar akan muncul dengan sendirinya.
(Nurhalipah, 2018) sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi
motivasi belajar siswa yaitu dari guru, media, metode, dan waktu.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini, maka
disarankan beberapa hal sebagai berikut:
1. Kepada guru kelas V MI Assalam Ancu Kabupaten Bone terutama guru
IPS hendaknya kembali memperhatikan aspek-aspek yang dapat membantu
meningkatkan motivasi belajar siswa seperti menerapkan media roda putar
pada proses pembelajaran atau media-media lain yang sesuai dengan materi
yang akan diajarakan.
2. Kepada peneliti selanjutnya, diharapkan dapat mengkaji lebih dalam
tentang media roda putar atau media-media lain yang dapat bermanfaat
untuk meningkatkan kualitas belajar siswa di kelas sehingga proses
pembelajaran tersebut dapat mencapai motivasi belajar yang optimal.
Putar Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas
V MI Assalam Ancu Kab. Bone. Pokok permasalahan penelitian ini terkait
motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas V MI Assalam Ancu. Metode
penelitian ini menggunakan jenis Pre-Eksperimental Design dengan bentuk desain
One Group Pretest-Posttest Design. Adapun teknik pengumpulan datanya
menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Data yang
diperoleh setelah penelitian di analisis menggunakan aplikasi Statiscal Package
Sosial Sciences (SPSS) Versi 22, agar dapat mengetahui hasil perhitungan nilai
statistik deskriptif pretest-posttest, uji normalitas, uji hipotesis dan uji t-paired
sample test. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V MI Assalam Ancu dengan
peserta didik yang berjumlah 15 orang. Hasil penelitian setelah dilakukan
perlakuan menggunakan media roda putar, menunjukkan bahwa nilai yang
diperoleh siswa kelas V pada saat posttest terjadi peningkatan dengan melihat
kriteria motivasi belajar siswa dengan rata-rata sebesar 87.73 dan dapat dilihat
dari uji-t pada nilai pretest dan posttest, dapat diketahui jika nilai (signifikansi) 2-
tailed 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak, sehingga media roda putar dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V MI Assalam Ancu dinyatakan
meningkat karena nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,00.
A. Simpulan
Berdasarkan rumusan masalah, analisis data dan pembahasan yang telah
dilakukan peneliti terhadap hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan
bahwa:
1. Melalui penelitian menunjukkan bahwa proses belajar mengajar dengan
menerapkan media roda putar ini menarik perhatian siswa karena suasana
belajarnya yang menjadi menyenangkan dan bervariatif. Siswa sangat
menikmati proses belajar mengajar dengan sistem bermain yang dikemas
dalam suatu media pembelajaran yakni media roda putar. Hal ini
menunjukkan hasil yang baik bagi perkembangan motivasi belajar siswa
dengan dibuktikan pada peningkatan nilai rata-rata setelah diterapkannya
media roda putar di kelas.
2. Pengaruh penggunaan media roda putar dalam meningkatkan motivasi
belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas V MI Assalam Ancu Kab. Bone.
Berdasarkan pada uji Paired Sample T-Test pretest dan posttest motivasi
belajar siswa pada tabel 4.8, cara pengambilan keputusannya adalah jika
t hitung > t tabel maka H 0 ditolak, jika t hitung < t tabel maka H 1 diterima. Data
diatas menunjukkan bahwa dalam kelompok eksperimen t hitung 8,633 > t tabel
3,003 yang artinya H 0 ditolak dan H 1 diterima. Selain itu, keputusan juga
dapat dilihat pada tabel diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 000 < 0,05.
Hal ini menunjukkan bahwa H 1 diterima dan H 0 ditolak.
3. Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa pada
pembelajaran IPS di kelas V MI Assalam Ancu ada dua yaitu faktor
internal dan eksternal. Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari
dalam diri siswa itu sendiri karena dengan adanya bakat maka sikap yang
ditunjukan siswa terhadap belajar akan muncul dengan sendirinya.
(Nurhalipah, 2018) sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi
motivasi belajar siswa yaitu dari guru, media, metode, dan waktu.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini, maka
disarankan beberapa hal sebagai berikut:
1. Kepada guru kelas V MI Assalam Ancu Kabupaten Bone terutama guru
IPS hendaknya kembali memperhatikan aspek-aspek yang dapat membantu
meningkatkan motivasi belajar siswa seperti menerapkan media roda putar
pada proses pembelajaran atau media-media lain yang sesuai dengan materi
yang akan diajarakan.
2. Kepada peneliti selanjutnya, diharapkan dapat mengkaji lebih dalam
tentang media roda putar atau media-media lain yang dapat bermanfaat
untuk meningkatkan kualitas belajar siswa di kelas sehingga proses
pembelajaran tersebut dapat mencapai motivasi belajar yang optimal.
Ketersediaan
| STAR20240007 | 07/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
07/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
